Advertisement

5 Masalah Yang Menyebabkan Seseorang Sulit Lepas Dari Persoalan Hutang

Penyebab masalah dan persoalan terbelenggu hutang

Banyak orang terlilit dengan hutang dan menurut survei dapat terjadi karena kesalahan dalam mengelola finansial.

Apalagi sekarang ini banyak kemudahan mendapatkan pinjaman uang yang diberikan oleh pihak bank seperti kemudahan dalam mengajukan kartu kredit maupun pinjaman tanpa jaminan.

Semua sudah tentu mengetahui dampak dari pengelolaan finansial yang buruk hingga berujung kepada hutang.

Sekali anda berhutang dan tidak bisa melunasi maka apabila tidak anda rubah kebiasaan buruk ini akan membuat selalu bergantung kepada pinjam dana untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan.

Kesalahan pengelolaan keuangan yang dapat mengakibatkan kondisi finansial semakin buruk

Hidup yang merasa serba kekurangan dan selalu harus mencari pinjaman terlebih dahulu, mungkin sejenak anda harus menginstropeksi diri untuk urusan finansial anda.

Apabila anda masih belum menemukan penyebab dari gulungan hutang yang semakin membelenggu hidup anda, ini lah jawabannya :

#1 Tidak pernah menyiapkan dana cadangan

Jadilah orang yang bijak dalam mengelola keuangan, hal seperti ini perlu dilakukan karena hidup manusia tidak akan pernah tahu apa yang terjadi.

Sehingga diharapakan selalu sediakan dana cadangan sebagai persiapan dana darurat yang sewaktu-waktu dibutuhkan.

Kondisi yang tidak pernah bisa kita kontrol sewaktu-waktu seperti terjadi kecelakaan, sakit kritis, ada undangan pernikahan atau pesta lainnya, membeli keperluan sekolah anak dsb, hal hal seperti ini apabila tidak disiapkan terlebih dahulu dananya, maka akan menyebabkan mencari hutang untuk menutupi biaya darurat tersebut.

Mulailah untuk bisa menyisihkan penghasilan anda untuk kejadian tidak terduga seperti ini dengan strategi mengelola keuangan pribadi dan keluarga dengan bijak.

#2 Memilih pembayaran kredit dengan cicilan ringan dan tenor panjang

Pembayaran cicilan kredit dengan pilihan minimum mungkin sekilas terlihat ringan dibandingkan dengan jumlah uang yang telah digunakan.

Pada kenyataannya hal inilah yang akan membuat tidak akan selesai dalam melunasi hutang yang ada. Selain dari bunga yang terus bertambah, anda akan semakin lama melunasinya.

Jika anda memiliki uang lebih sebaiknya anda melunasi jumlah dana yang digunakan dengan begitu anda tidak akan tergulung dengan bunga yang semakin membengkak.

#3 Sering menunda membayar cicilan kartu kredit

Setiap kartu kredit yang terpakai diwajibkan membayar sejumlah dana yang digunakan. Ketika sudah saatnya tanggal jatuh tempo untuk membayar tapi selalu ditunda, maka bunga kartu kredit tersebut akan berjalan per harinya dan besarnya ditentukan oleh masing-masing bank penerbit kartu tersebut.

Agar anda bisa terhindar dari bunga kartu kredit, sebaiknya sebelum tanggal jatuh tempo pembayaran anda sudah membayar sejumlah dana yang sudah anda gunakan, tetapi apabila hanya membayar sebagian saja walaupun belum tanggal jatuh tempo, tetap saja anda akan dibebankan bunga tersebut.

Simak juga ulasan terkait tentang 4 macam kartu kredit dengan cicilan mudah dan bunga ringan serta artikel menarik lainnya mengenai tips aman transaksi keuangan menggunakan kartu kredit.

#4 Menjalani gaya hidup melebihi kemampuan

Siapa yang tidak ingin dipandang sebagai orang berkelas, kebanyakan orang menginginkannya, dengan gaya hidup mewah dan barang yang dikenakan selalu keluaran terbaru.

Banyak orang yang memiliki penghasilan pas pasan tetapi memaksakan diri untuk bisa menikmati segala kemewahan yang saat ini begitu banyak ditawarkan.

Alhasil selain penggunaan kartu kredit yang bisa melewati batas, sudah jelas dengan mencari hutang untuk bisa memenuhi gaya hidup seperti yang diinginkan adalah cara yang ditempuh.

Cara hidup seperti ini terbilang tidak sehat, karena akan semakin menambah beban hutang yang harus diselesaikan. Lebih baik hidup sederhana yang disesuaikan dengan besarnya penghasilan dan sebagian besar ditabung untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik.

#5 Kurang berani mengatakan tidak

Sebagai manusia yang selalu bersosialita, tidak enak rasanya apabila suatu ketika diajak teman atau pasangan untuk bersenang-senang, tetapi pada saat itu anda sedang membutuhkan banyak uang untuk keperluan yang lain.

Bahkan anda akan sangat sulit untuk menolak ajakan seperti itu.

Ketika anda tidak mulai belajar menolak dengan mengatakan “tidak” dan anda kebetulan mempunyai kartu kredit, maka mau tidak mau anda harus menggesek kartu kredit.

Hutang pun akan semakin menggunung apabila anda tidak mampu melunasi. Kondisi seperti ini berpotensi menyusahkan anda di kemudian hari.

Baca juga ulasan tentang nasehat keuangan yang perlu diterapkan agar sukses finansial serta artikel terkait megenai strategi mengelola hutang agar cepat lunas.

Tidak ada hukum yang melarang untuk berhutang, karena terkadang dalam keadaan mendesak memang memerlukan bantuan finansial dan tidak selamanya berhutang itu selalu buruk.

Apabila dalam situasi tertentu mengharuskan untuk berhutang, maka selalu ingat apakah besar uang yang dipinjam tersebut bisa anda bayar lunas kedepannya. Apabila anda yakin mampu melunasinya nanti berarti ini tidak masalah.

Mulailah untuk hidup terbebas dari jerat hutang, tetap atur sebaik mungkin finansial anda agar antara pemasukkan dan pengeluaran berjalan seimbang. (centrausaha.com)

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!