Advertisement

Mengelola Keuangan: Cara Cerdas Mempersiapkan Dana Tidak Terduga

Mempersiapkan dana tidak terduga manajemen keuangan

Walaupun anda belum berkeluarga, usahakan untuk selalu membuat anggaran keuangan karena dengan melakukan hal ini anda akan lebih dimudahkan dalam mengelola pemasukan dan pengeluaran setiap bulannya.

Pada umumnya manusia itu selalu menginginkan kelancaran dalam setiap rencananya, termasuk di dalamnya adalah pengelolaan keuangan. Namun perlu anda ketahui bahwa bukan hanya dengan membuat anggaran saja keuangan bisa terkelola dengan baik.

Tidak jarang juga mereka yang setiap bulannya membuat anggaran namun tetap saja masih mengalami kegagalan dalam mengelola keuangan.

Menurut para ahli keuangan, bahwa kegagalan semacam ini biasanya disebabkan oleh pengeluaran pengeluaran yang tidak terduga atau pengeluaran yang  besaran anggarannya diluar yang telah ditetapkan.

Inilah yang sering kali membuat masalah besar bagi mereka. Anda perlu untuk mengantisipasi hal hal semacam ini supaya nantinya tidak menjadi kebiasaan sehingga pengeluaran anda pun bisa lebih dikontrol.

Persiapan dan strategi menghadapi timbulnya anggaran yang tidak terduga

Umumnya jenis pengeluaran yang tidak terduga dan seringkali dialami oleh kebanyakan orang seperti untuk pengobatan karena sakit tidak bisa direncanakan, pengeluaran untuk memperbaiki atau service kendaraan dan lain sebagainya.

Sebenarnya hal hal seperti itu sudah seringkali terjadi di dalam kehidupan manusia, namun yang menjadi persoalan adalah jumlah pengeluaran yang nilainya sangat jauh dari anggaran yang telah ditetapkan.

Untuk mengatasi kejadian tersebut ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengantisipasinya. Berikut ulasan lengkapnya.

#1 Menentukan prioritas

Perlu anda ketahui bahwa pada umumnya pengeluaran yang tidak terduga itu bisa digolongkan ke dalam dua golongan yakni:

  • Pengeluaran tidak terduga yang bisa dihindari
  • Pengeluaran tidak terduga yang tidak bisa dihindari

Maka dari itu sebelumnya anda perlu untuk membuat daftar kebutuhan yang menjadi prioritas supaya bisa anda dahulukan sehingga tidak mengganggu kelangsungan hidup anda.

Misalnya saja dengan mengurangi membeli barang barang yang tidak terlalu penting demi menekan pengeluaran anda.

Ketika hal ini sudah dilakukan, maka anda lebih bisa membedakan mana kebutuhan yang harus didahulukan dan mana kebutuhan yang bisa anda tangguhkan.

Dengan menggunakan cara ini sudah pasti akan lebih efektif untuk membantu anda dalam mengalokasikan pendapatan kepada hal hal yang lebih penting.

#2 Menggunakan dana simpanan

Ketika anggaran rutin sudah anda buat namun pengeluaran yang tidak terduga masih tidak bisa dihindari, maka anda perlu menggunakan dana simpanan tunai untuk menutupi hal tersebut.

Jangan sekali kali untuk menggunakan dana rutin yang sudah anda anggarkan karena akan mengganggu kinerja bisnis anda. Lebih baik gunakan dana lain yang sekiranya pemakaiannya masih bisa di alihkan untuk menutup pengeluaran yang tidak terduga anda.

Inilah pentingnya mengapa anda perlu untuk menyisihkan pendapatan selain bisa menghemat uang, maka anda juga bisa melakukan persiapan bila sewaktu waktu ada kebutuhan mendadak yang mesti dipenuhi.

#3 Memiliki tabungan untuk pos yang tidak terduga

Selain anda memiliki dana tunai untuk memuhi keperluan yang tidak terduga, maka hal lain yang harus di lakukan adalah dengan membuat tabungan khusus untuk keperluan tidak terduga tersebut.

Usahakan tabungan ini tidak digunakan untuk keperluan lain melainkan hanya khusus untuk kebutuhan yang nantinya bersifat mendadak. Dengan menyediakan tabungan ini, maka setidaknya anda sudah siap jika sewaktu waktu ada pengeluaran yang tidak terduga.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!