Advertisement

Mengatasi Masalah Kartu ATM Tidak Terbaca Selalu Di Tolak Mesin

Kartu ATM gagal proses di tolak mesin

Pernah mengalami masalah dengan kartu ATM anda tidak terbaca oleh mesin dan selalu ditolak sebelum memasukkan PIN sehingga transaksi tidak akan pernah bisa dilakukan pada saat seperti ini.

Selain kartu tidak terbaca, beberapa masalah yang paling sering terjadi pada transaksai anjungan tunai mandiri di antaranya ialah lupa PIN ATM, bahkan uang tidak keluar saat melakukan transaksi penarikan meskipun saldo sudah terpotong dan masalah teknis lainnya.

Kartu debet yang ditolak oleh mesin ATM adalah transaksi gagal dengan keterangan bahwa kartu anda tidak dapat diproses.

Dalam hal ini pada umumnya yang menjadi penyebab kartu ATM tidak terbaca itu ada beberapa faktor yakni:

  • Strip magnetic warna hitam di ATM sudah rusak atau tergores (lecet)
  • Masa berlaku kartu ATM sudah habis
  • ATM terblokir yang disebabkan oleh 3 kali kesalahan PIN

Nah, jika anda mengalami masalah seperti ini maka cara mengatasinya adalah dengan datang langsung ke Customer Service bank pada hari kerja dengan membawa serta kartu identitas KTP bisa juga SIM atau Paspor, buku tabungan dan kartu ATM anda yang rusak.

Ada satu tips apabila kartu ATM anda ditolak pada salah satu mesin, sebaiknya anda coba terlebih dahulu pada mesin lainnya.

Kadang kala mesin ATM tertentu terlalu sensitive dan peka terhadap material (kotoran) yang menempel pada kartu debit sehingga mesin tidak bisa mendeteksi dengan baik.

Adapula yang terlalu peka terhadap goresan magnetic kartu anda sehingga sedikit saja tergores akan mempengaruhi kinerja sensor kartunya.

Simak juga ulasan terkait mengenai info terbaru besarnya biaya transfer ATM semua bank serta artikel manarik lainnya tentang cara melakukan transfer uang tanpa rekening bank.

Tips menyimpan kartu ATM agar awet tidak cepat rusak

Sebaiknya sebelum mendapatkan masalah seperti di atas upayakan untuk selalu menjaga kebersihan kartu ATM dengan tidak asal taruh di dompet atau tas.

Berikut ini ada beberapa tips agar kartu ATM anda tidak cepat rusak:

  1. Ketika pertama kali anda menerima kartu tersebut biasanya kartu tersebut dalam keadaan yang sangat baik dan dilapisi dengan plastik. Nah, usahakan anda tidak membuang plastik tersebut karena tujuannya supaya kartu anda selalu bersih dan baik serta tidak mudah lecet.
  2. Namun jika plastik yang melapisi Kartu ATM tersebut telah rusak anda bisa menggantinya dengan lembaran kertas lebar dua sisi ATM. Kertas ini bertujuan untuk melindungi barcode magnet yang ada di kartu tersebut supaya terhindar dari debu dan lembabnya dompet. Ataupun jika tidak dari kertas anda bisa menggunkan plastik lagi sebagai pelindungnya.
  3. Usahakan jangan menumpuk bareng dengan bagian barcode saling berhadapan antara ATM satu dengan kartu kartu yang lain. Karena jika hal ini anda lakukan maka magnet yang ada di barcode tersebut akan cepat rusak.
  4. Untuk menghindari kartu ATM cacat atau patah, maka upayakan untuk tidak menaruh dompet di saku celana belakang yang ketat. Letakkan saja dompet di saku baju bagian depan atau bisa juga anda letakkan di tas tentu akan lebih aman.
  5. Tips yang terakhir yakni bawalah kartu ATM anda ketika anda merasa butuh saja untuk menghindari terjadinya kehilangan maupun kerusakan dan taruh dalam dompet yang memiliki bahan dasar tidak keras.

Itu tadi beberapa tips untuk menghindari kerusakan kartu ATM agar tetap terjaga dengan baik sehingga anda tidak mengalami transaksi gagal di proses atau kartu ATM anda di tolak oleh mesin saat terdesak membutuhkan dana tunai.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!