Advertisement

Alasan Kenapa Seorang Perempuan Harus Bisa Menabung Lebih Banyak

Seorang perempuan harus cerdas menabung dan investasi

Menabung banyak atau sedikit sebenarnya harus bisa dilakukan oleh siapa saja bukan hanya bagi seorang perempuan, namun kenyataannya sosok wanita memang sangat dianjurkan untuk lebih memperhatikan perkara yang satu ini.

Semakin hari biaya hidup semakin meningkat, hal ini pun turut berimbas pada gaya hidup manusia menjadi lebih konsumtif dan hedonis. Dan pada akhirnya menyulitkan mereka menyisikan uangnya untuk ditabung.

Ketika mulai mengecek rekening tabungan setiap bulannya selalu tak menunjukkan peningkatan, bahkan semakin lama malah semakin menipis, hal ini terjadi bukanlah karena penghasilan anda yang berkurang namun karena sikap konsumtif anda yang kian hari kian parah.

Selain itu bisa saja masalah tersebut terjadi karena kesalahan dalam mengelola keuangan anda. Akhirnya ketika sudah terjadi seperti ini mereka menjadi semakin enggan untuk menabung kemudian terbiasa menggunakan semua penghasilan mereka untuk kebutuhan mereka sehari hari tanpa memikirkan kebutuhan anda di masa depan.

Baca ulasan terkait mengenai cara agar bisa menabung dengan mudah serta artikel menarik lainnya tentang cara cerdas belajar menabung sejak usia dini.

Dibalik kesuksesan seorang suami, ada sosok istri dibelakangnya

Begitulah falsafahnya mengapa seorang wanita diharuskan lebih pintar mengelola keuangan karena merupakan bendahara rumah tangga.

Yang semestinya dilakukan oleh kaum perempuan adalah menyisikan penghasilannya untuk ditabung. Hal ini sangat perlu dilakukan karena menabung bukan hanya sekedar untuk membiaya hidup anda melainkan bisa juga sebagai tindakan anda dalam menyelamatkan penghasilan anda supaya tidak habis begitu saja tanpa jejak.

Selain itu dengan menabung anda juga bisa menggunakannya untuk masa pensiun, sehingga ketika anda sudah cukup tua maka anda tidak perlu lagi untuk bekerja.

Oleh sebab itu menabung sangatlah penting dan ada beberapa alasan lain yang perlu anda ketahui mengenai keharusan untuk memiliki tabungan. Berikut ulasannya.

Wanita akan hidup lebih lama

Kebanyakan kaum perempuan itu lebih lama hidupnya di dunia dari pada laki laki. Sehingga ketika nantinya pasangan anda sudah tiada maka masih bisa menjalani masa pensiun anda.

Artinya dengan tabungan yang sudah miliki sebelumnya tentu anda masih bisa membiayai keluarga anda sendiri misalnya tanpa suami.

Oleh sebab itu ketika pasangan anda masih bisa menafkahi, maka sebaiknya sisihkanlah pendapatan anda sendiri setidak tidaknya 10 – 15% untuk ditabung sebagai investasi masa depan.

Jangan pernah berfikir untuk membelanjakan semua penghasilan anda sekaligus karena tindakan itu akan menyengsarakan di masa depan.

Biaya hidup lebih besar

Pernahkah anda berrfikir untuk membandingkan jumlah pengeluaran anda dengan suami ataupun teman anda? Siapakah yang lebih boros diantara kalian?

Pada umumnya pengeluaran seoang wanita itu lebih banyak dari pada pria karena biasanya wanita ketika mendapatkan gaji bulanan mereka akan bingung menghabiskannya dan akhirnya mereka membeli barang barang yang sebenarnya tidak terlalu penting.

Ketika sudah memasuki pasar, pasti wanita akan lebih nafsu untuk membeli barang ini dan itu, sehingga mereka akan terus melakukan tawar menawar dengan penjual demi mendapatkan barang yang diinginkannya.

Ketika ada big sale pun mereka rela belanja berjam jam demi memborong semua pakaian yang mereka sukai tanpa memikirkan manfaatnya.

Padahal pakaian yang ada di rumah pun sebenarnya sudah satu lemari tapi ketika ada diskon maka anggapannya mereka tidak memiliki baju.

Gaji perempuan lebih rendah daripada laki-laki

Untuk yang satu ini kenyataannya masih umum terjadi di perusahaan perusahaan. Namun dengan adanya hal ini anda tidak perlu pesimis untuk bisa menabung.

Sebenarnya berapapun penghasilan anda kalau memang sudah memiliki kemauan maka semuanya akan bisa dilakukan.

Salah satunya menabung sebaiknya anda harus bisa melakukannya walaupun gaji yang didapatkan memang rata rata lebih rendah dari gaji seorang pria.

Selain itu untuk bisa mendapatkan pendapatan tambahan anda perlu untuk mencari kerja sampingan atau membuat bisnis kecil kecilan agar bisa menabung lebih banyak.

Berorientasi pada keluarga

Ketika seorang perempuan sudah berkeluarga maka mereka tidak akan lagi mementingkan dirinya sendiri sehingga perhatiannya akan terpecah untuk membiayai anak anaknya.

Perempuanlah yang lebih peduli dengan masalah masalah rumah tangga seperti menyediakan makanan, membelikan buku buku pelajaran, membelikan mainan karena semuanya akan menjadi prioritasnya.

Inilah mengapa ketika sudah memiliki keluarga seorang perempuan akan lebih banyak pengeluarannya.

Maka dengan ini mereka akan tersadar untuk menabung dan menyisihkan pendapatannya untuk masa depan dan tidak heran jika seorang wanita itu harus pandai  pandai dalam mengelola uangnya.

Sebagai role model bagi anak-anak

Di beberapa penilitian telah membuktikan bahwa seorang ibu itu adalah sosok yang dijadikan sebagai panutan oleh anak anaknya.

Karena biasanya seorang anak itu lebih dekat dengan ibunya karena kebanyakan mereka juga lebih lama dalam menghabiskan waktunya dengan ibu.

Ibu merupakan seorang yang memiliki peran penting dalam keluarga bukan hanya dalam mereawat anak anaknya melainkan dalam mengelola keuangan keluarga.

Disisi lain kenyataanya seorang anak lebih banyak mempelajari segala sesuatunya dari ibunya ketimbang dari orang lain.

Oleh karena itu ketika anda wahai seoang wanita yang sudah menjadi ibu maka berusahalah untuk menjadi ibu yang baik dan berikanlah contoh yang baik karena seorang anak itu akan mudah mengingat apa  yang dikatakan oleh ibunya.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!