Advertisement

Tips Aman Memiliki dan Bertransaksi Finansial Menggunakan Kartu Kredit

Tips aman ketika melakukan transaksi pembayaran dengan kartu kredit

Sebagai pemilik kartu kredit sebaiknya mengetahui bagaimana cara melakukan transaksi finansial yang aman dan terhindar dari tindakan yang berakibat merugikan khususnya ketika memproses pembayaran atau tagihan dengan kartu kredit.

Dewasa ini kartu kredit sudah bukan merupakan barang baru lagi. Sudah banyak masyarakat yang memiliki kartu kredit bukan hanya orang kota saja bahkan orang orang di desa sudah memilikinya.

Fitur yang terdapat di kartu kredit banyak memberikan kemudahan transakis belanja ataupun travel bagi nasabahnya. Jika anda bijak dalam menggunakannya maka barang ini akan memberikan banyak keuntungan. Oleh sebab itu berhati hatilah dalam menggunakannya.

Walaupun sudah banyak fitur pengaman kartu kredit, akan tetapi transaksi menggunakan kartu kredit tetap saja membutuhkan ketelitian supaya anda terhindar dari yang namanya kejahatan. Bahkan sudah ada beberapa kartu kredit yang bebas iuran tahunan.

5 Tips aman ketika melakukan transaksi pembayaran dengan kartu kredit

Kejahatan yang menyasar kartu kredit sangatlah banyak jenisnya mulai dari pemalsuan, penipuan, pencurian sampai penyalahgunaan.

Untuk bisa terhindar dari hal hal semacam ini, anda bisa menggunakan beberapa tips aman berikut ini. Monggo disimak.

#1 Simpan kartu kredit jangan sampai pindah tangan

Usahakan untuk selalu menyimpan kartu kredit anda di tempat yang aman namun mudah anda jangkau. Karena jika tidak resiko kehilangan sangatlah besar dan jika hilang maka akan sangat merugikan anda. jika sampai ditemukan oleh orang yang tidak bertanggung jwab maka kartu kredit anda akan dimanfaatkan untk hal hal yang negative yang bisa merugikan anda.

Sebaiknya simpanlah kartu kredit and di domet anda dan kemudian simpanlah dompet anda di tempat yang jauh dari jangkauan anak  anak.

Dengan menyimpannya di tempat yang aman maka anda akan terhindar dari resiko kehilangan, rusak, ataupun disalahgunakan. Ketika sehabis menggunakannya telitilah kembali bahwa anda sudah memasukkan kembali kartu kredit anda di dompet.

#2 Jangan memberikan data kartu kepada pihak manapun

Umumnya pihak bank tidak pernah meminta anda untuk mengubah nomor pin kartu kredit anda.

Pihak bank hanya bank hanya meminta anda untuk untuk mengaktivasi pin melalui aplikasi mobile sehingga anda cukup untuk mengikuti instruksi secara online dari aplikasi mobile yang telah disediakan.

Jika ada pihak yang mengaku ngaku berasal dari bank dan meminta anda untuk menggganti pin anda, maka sebaiknya anda perlu curiga dan segeralah untuk mengkonfirmasi bank yang bersangkutan.

Simak juga ulasan terkait mengenai cara mengajukan kartu kredit tanpa slip gaji serta artikel menarik lainnya tentang cara melakukan permohonan kartu kredit secara online.

#3 Biasakan menyimpan semua slip transaksi setiap bulannya

Usahakan untuk setiap transakasi yang anda lakukan, simpanlah slip transaksi. Hal ini nantinya akan berguna bagi anda untuk memastikan tagihan bank penerbit kartu kredit tersebut.

Ketika tagihan bulanan datang, dan nilainya ternyata tidak tidak sesuai dengan nilai barang yang anda beli maka anda bisa langsung untuk melakukan konfirmasi dengan bank sebelum waktu yang diberikan habis.

#4 Catat nomor kartu, tanggal jatuh tempo dan nomor telepon penerbit kartu kredit

Umumnya para pengguna kartu kredit sering kali lengah dengan hal yang satu ini. Mereka tidak menyimpan tanggal jatuh tempo tagihan kartu kredit anda.

Alangkah baiknya dengan segera anda mencatat tanggal jatuh temponya di buku tersendiri sebagai pengingat bagi anda.

Dengan begini resiko lupa bisa diminamilisir. Selain itu hal tersebut juga bisa menghindari klaim dari bank bahwa tagihan anda telah melewati tanggal jatuh tempo dan juga untuk menghindari agar anda tidak terkena bunga kartu kredit.

#5 Pahami dengan seksama semua aplikasi perbankan yang terhubun dengan kartu kredit

Dengan memanfaatkan aplikasi mobile perbankan akan sangat membantu keamanan kartu kredit anda.

Biasanya aplikasi mobile memiliki fitur yang cukup mudah seperti halnya memblokir kartu jika hilang, mengganti pin transaksi, dan lain sebagainya. Dengan begitu anda cukup untuk memperhatikan smartphone anda supaya tidak hilang dan tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!