9 Gagasan Ide Kreatif Inovatif Untuk Memulai Bisnis dan Usaha Yang Layak Dipelajari

Mencari ide kreatif untuk memulai bisnis usaha

Terdapat sembilan kiat dan ide instan untuk anda yang ingin memulai suatu usaha. Untuk kesempatan kali ini mari kita membahas bagaimana anda harus memulai action untuk melakukan wirausaha tidak perduli apapun itu jenis usahanya baik jasa maupun barang.

Anda harus yakin dengan diri sendiri bahwa anda memiliki banyak kelebihan serta potensi yang sangat menakjubkan yang tersimpan pada alam bawah sadar.

Yang perlu anda lakukan adalah mengenali dan menggali potensi amda tersebut, lalu anda perlu mengimplementasikan hal tersebut dengan cara membuka usaha apapun itu yang sesuai dengan passion dan juga bakat anda.

Anda sebaiknya jangan membelenggu potensi minat serta bakat yang anda miliki, anda harus memulai untuk membuka usaha dari hal yang terlihat sepele sekalipun.

Yakin dan percaya bahwa dengan keseriusan anda dan juga tekad yang kuat akan menjadikan anda pengusaha yang besar serta sukses dan pengusaha yang dapat mengangkat harkat serta martabat Indonesia dari berbagai keterpurukan, terutama pada bidang ekonomi.

Contoh ide kreatif dan inovatif yang patut untuk anda tiru dalam memulai bisnis

#1 Menjual keunikan: unik serta kreatif

Apabila anda adalah manusia yang memiliki kreatifitas dan inovatif, tentu anda memiliki banyak ide ataupun hal yang baru yang dapat anda jadikan peluang untuk usaha anda.

Cukup banyak usaha baru yang dimuali dari menemukan jenis produk, sistem, teknologi dan program baru.

Apabila anda sukses untuk menciptakan sebuah keunikan, anda harus cepat-cepat mengambil hak paten dan kemudian anda dapat menjualnya.

Penemuan baru umumnya memiliki peluang besar untuk menembus pasar, terlebih apabila penemuan tersebut memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri dan yang terpenting adalah produk tersebut dibutuhkan oleh banyak orang.

Sebagai contoh nyata adalah sebuah kaos yang unik dengan kata yang mengandung motivasi. Memang apabila dilihat secara sepintas, kaos tersebut mungkin terlihat biasa saja, tetapi karena terdapat keunikan yaitu kata-kata yang penuh dengan inovasi, hal tersebut kemudian menambah nilai jual.

Tentunya, profit yang didapat akan jauh lebih besar dengan adanya keunikan produk tersebut. Contoh sukses produk tersebut antara lain: Joger Bali dan juga Dagadu Jogja.

Baca juga info tentang usaha sampingan yang cocok untuk anak muda jaman sekarang serta ulasan terkait mengenai tips mengelola usaha fashion agar lebih menguntungkan.

#2 Melakukan duplikasi usaha lain: Amati, Tiru, dan kemudian Modifikasi (ATM)

Untuk anda yang merasa kurang kreatif dan kurang inovatif, sebaiknya anda tidak segera putus asa. Percaya bahwa sejatinya sumber ide usaha ada dimana mana, bahkan terletak didepan mata anda.

Anda harus selalu pandai membaca peluang, potensi, serta memiliki keberanian dalam mengambil resiko. Sebagai permisalan, apabila disekitar anda terdapat rumah makan bakmi yang ramai pengunjung., tidak ada salahnya untuk anda bersaing secara sehat pada tempat dan jenis produk yang sama.

Cukup melakukan duplikasi atas usaha tersebut, dan tentu saja anda harus menambahkan nilai yang lain kepada konsumen.

Nilai tambah tersebut bisa berupa pelayanan, harga, keramahan, serta kecepatan. Contoh pelayanan yang lebih memuaskan adalah dengan memberikan air teh secara gratis kepada konsumen atau mungkin memberi porsi daging yang lebih besar dibandingkan dengan kompetitor anda.

#3 Usaha fasilitas tambahan: dengan memberi nilai tambah

Selain melakukan duplikasi, anda juga dapat membuka usaha dengan memberikan fasilitas tambahan lainnya., tetapi tentu saja dengan sentuhan kekreativitasan.

Sebagai contoh apabila ada yang membuka warnet disekitar tempat tinggal anda, anda dapat bersaing dengan cara menambahkan fasilitas ataupun memperluas penawaran yang tersedia. Anda boleh membangun warnet tersebut pada lokasi yang sama.

Hampir pada setiap waktu ada saja usaha yang sedang booming, seperti saat ini yaitu zamannya sewa komputer untuk bermain game atau disebut gamezone.

Dengan anda memberi sedikit fasilitas tambahan, maka anda juga dapat memiliki usaha dan siap untuk menuai kesuksesan.

Sebagai permisalan, anda dapat menyewa tenpat disekitar tempat penyewaan tersebut dengan menyediakan stan minuman yang sedang booming, contohnya bubble tea dan juga game zone dengan target pasar yakni anak sekolahan.

#4 Menjual bakat keterampilan

Berpikir kreatif, inovatif dan analitis dalam wirausaha

Tidak perlu orang lain, diri anda sendiri pun dapat menjual keterampilan yang anda punyai. Apabila anda piawai dalam menggunting rambut, maka dapat membuka salon anda sendiri.

Dengan sedikit sentuhan kekreatifitasan yang berbeda dengan salon yang ada pada umumnya, sudah tentu salon anda akan ramai untuk dikunjungi para pelanggan.

Untuk yang memiliki kepiawaian dalam mengetik menggunakan sepuluh jari, tidak ada salahnya apabila anda kemudian membuka jasa untuk pengetikan untuk skripsi, makalah, naskah, dan lain-lain kemudian anda juga dapat mengembangkannya menjadi jasa penerjemah.

Terdapat banyak jenis usaha yang dapat anda buka berdasarkan dengan keterampilan yang anda miliki. Anda perlu yakin dengan potensi yang anda miliki dan memiliki harapan yang besar bahwa anda akan sukses dalam menjadi seorang entrepreneur walaupun pemula.

Anda harus memulai belajar dalam menghasilkan income dari keterampilan yang anda miliki seperti menjadi guru les bahasa inggris, matematika, komputer, musik, dan lain-lain.

Simak juga strategi cerdas menganalisa peluang yang ada di sekitar kita serta artikel menarik lainnya tentang 5 ide bisnis menjanjikan yang cocok untuk wanita muslimah.

#5 Menjadi agen produk serta jasa milik orang lain

Cara kerja sistem bisnis dropship

Ini termasuk kategori yang paling gampang, dalam hal modal pun umumnya juga tidak terlalu besar. Anda dapat membuka kantor keagenan, baik agen produk ataupun jasa.

Terdapat banyak sekali produk barang maupun jasa yang membutuhkan agen. Tidak hanya menjadi agen sebuah produk barang, tetapi anda dapat juga menyediakan agen dalam bidang jasa.

Agen dalam bidang jasa contohnya adalah agen isi ulang air, agen isi pulsa, agen penyalur PRT, agen foto model, dan lain sebagainya.

Pada situs kampungwisata.com terdapat beragam penawaran untuk menjadi agen seperti: Usaha Agen Jual Sabun Herbal Hawa, Agen Lampu Sehat, Agen Alat kesehatan, Agen Alat Kesehatan Koyo Re-usable Magic Pack, dan lain sebagainya.

Sebenarnya pada bidang online, usaha jenis ini telah populer dengan bentuk sistem kerja bisnis dropship yang mana anda bisa membuka toko online tanpa perlu modal stok barang.

#6 Menjual barang bekas/second

Tidak banyak orang yang peka terhadap jenis usaha satu ini. Barang bekas dalam hal ini terutama yang memiliki nilai historis tinggi sebenarnya memiliki potensi harga yang amat tinggi juga.

Tetapi, dalam menjual barang second ini memerlukan rencana serta perlu dilakukan secara teratur. Anda dapat membeli suatu barang di tempat tertentu kemudian anda menjual ditempat yang lain dengan harga yang tentunya berbeda dengan harga aslinya.

Anda juga dapat menjual barang bekas khususnya komputer bekas dengan cara membeli komputer yang rusak dengan harga rendah. Setelah itu, anda dapat meminta orang yang ahli dibidangnya untuk memperbaiki komputer, kemudian anda dapat menjual komputer yang telah diperbaiki tersebut dengan harga yang lebih tinggi tentunya.

Hal tersebut juga berlaku pada barang second seperti kamera, motor, dan lain sebagainya.

#7 Segera membuka kantor

Untuk anda yang mempunyai keahlian atau keterampilan maka sebaiknya segera membuka kantor anda sendiri. Anda tidak perlu takut dengan kekurangan modal serta sumber daya manusia.

Mengajak kerabat atau teman satu profesi untuk iuran modal dan kemudian membuka kantor anda bersama. Anda dapat menjual skill dan juga pengalaman yang anda miliki.

Apabila reputasi yang anda miliki bagus dan relasi anda banyak, maka anda tidak perlu khawatir akan kekurangan klien.

Anda dapat memulai mendirikan sebuah kantor bahkan di rumah anda sendiri yang istilahnya disebut home office dengan hanya menyediakan satu buah komputer, telefon, faxs. meja, dan juga kursi ruang tamu.

Baca juga tips tentang tips cara menambah relasi bisnis membangun kerjasama serta ulasan terkait mengenai langkah membangun kerjasama dengan orang lain agar lebih efektif.

#8 Membeli waralaba (franchise)

Cara bergabung dengan waralaba indomaret

Untuk anda yang mempunyai modal yang cukup besar, tetapi anda tidak mau bersusah payah untuk memikirkan sesuatu usaha yang baru, maka waralaba bisa menjadi pilihan yang tepat bagi anda.

Waralaba merupakan sebuah jenis usaha yang relatif terstandarisasi dengan bagus. Tentu saja dibutuhkan tingkat kejelian yang tinggi guna menentukan apakah waralaba tersebut cocok dan baik bagi anda.

Sebagai saran, anda sebaiknya mencari informasi terkait waralaba tersebut appakah telah memiliki track record yang baik serta telah teruji dilapangan.

Kini semakin menjamurnya bisnis waralaba, menyebabkan beragamnya modal yang dibutuhkan dari yang membutuhkan modal besar hingga hanya membutuhkan modal kecil.

Contoh dari bisnis waralaba oleh warga kampung wirausaha seperti: Bakso Cak Masrur, Dobby Burger, Serabi Keraton dan lain sebagainya.

Simak ulasan tentang cara menjalin kerjasama dengan waralaba indomaret serta info terkait mengenai tips memulai usaha waralaba makanan agar menang bersaing.

#9 Membuka bisnsi dan usaha bersama

Yang terakhir adalah tentang usaha bersama, terkadang usaha akan jauh lebih bagus apabila dikelola dan dibangun bersama-sama.

Sebagai contoh apabila anda pandai dalam hal pemprograman komputer, tetapi relasi anda kurang, sedangkan kawan anda memiliki relasi yang luas dan mereka membutuhkan jasa pemprograman, maka anda dapat membuka jasa pemprograman atau software house.

Dalam hal ini anda yang bagian mengerjakan pesannya, sedangkan kawan anda tersebut mencari orderan. Dengan cara ini anda dan kawan anda akan melengkapi satu sama lain.

Itulah sembilan sumber ide bisnis yang inovatif dan juga kreatif tentunya. Semoga bisa memberikan inspirasi dan manfaat, ya!

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!