Advertisement

7 Tips Menambah Relasi Bisnis dan Membangun Hubungan Baik Dengan Orang Lain

Strategi Membangun Relasi Bisnis dan Usaha

Membangun relasi bisnis mencari partner maupun pentingnya menambah mitra kerja dengan menjalin hubungan yang baik kepada banyak orang tentunya merupakan salah satu strategi usaha yang sangat di rekomendasikan.

Relasi sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis dalam bentuk apapun, karena terkadang kita membutuhkan keahlian lain yang bisa mendukung usaha yang kita miliki.

Tanpa adanya relasi, anda akan mengalami kesusahan dalam mengembangkan usaha ataupun ketika anda sedang mencari sebuah pekerjaan.

Ambilah langkah nyata melalui tindakan dan jangan malu untuk mulai membuka suara agar orang bisa lebih mengenal anda lebih dekat daripada hanya duduk diam menghabiskan waktu untuk memikirkan bagaimana cara memperluas jaringan bisnis.

Strategi jitu untuk membangun relasi bisnis bertujuan untuk membangun usaha semakin besar

Nah, berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk menambah relasi bisnis, yaitu :

#1 Ketahui secara pasti apa kebutuhan bisnis anda

Tindakan pertama yang harus anda lakukan untuk bisa menambah relasi bisnis adalah apa saja yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha.

Setelah itu carilah orang lain dan gali apakah yang bisa anda dapatkan dari dalam dirinya apabila kita rekrut untuk menjadi relasi.

Apabila telah mengenal dan memahami satu dengan yang lain, bangunlah komunikasi yang baik agar terjalin suatu chemistry yang kompak, saling melengkapi dan membawa dampak positif terhadap bisnis yang dijalankan bersama. Selalu gunakan kata yang tidak menyinggung dan selalu menghargai partner.

#2 Perlakukan relasi anda selayaknya orang penting

Anda sebagai orang yang memerlukan relasi dan supaya bisa menjaga hubungan dan komunikasi menjadi lebih baik dan harmonis, maka perlakukan relasi anda dengan baik sebagai orang yang penting dalam menunjang usaha anda.

Lakukan dengan tulus dan sudah menjadi bagian dari karakter anda. Dengan kita memberikan rasa hormat dan menghargai terlebih dalulu, maka setiap dari relasi akan merasa nyaman dan akan mengahragi anda juga.

Hal yang terlihat sederhana ini memiliki dampak yang lumayan besar. Karena ketika anda suatu saat membutuhkan bantuan mereka secara tidak langsung akan tanggap untuk membantu anda demi kemajuan bisnis.

#3 Informasikan identitas anda dengan jelas

Sebagai seorang yang menjalakan usaha, anda perlu menyiapkan identitas diri berupa kartu nama yang didalamnya tercantum nama anda jelas, nomor telepon yang bisa dihubungi sewaktu-waktu, alamat dan usaha apa yang sedang anda geluti.

Ketika bertemu dengan orang baru selalu berikan kartu nama atau saling bertukar kartu nama agar bisa memudahkan dalam berkomunikasi.

Simak juga ulasan terkait tentang strategi melobi atau negosiasi untuk melancarkan bisnis serta artikel menarik lainnya mengenai cara melatih diri berpikir inovatif dan kreatif menuju sukses.

#4 Jalin interaksi dan komunikasi intens

Membangun interaksi tidak hanya satu golongan atau sesuai dengan bisnis yang anda geluti saja, namun dengan berbagai jenis kenalan dengan bisnis yang berbeda akan memperluas anda memiliki relasi bisnis yang berbeda-beda.

Bersikaplah selalu terbuka terhadap bisnis yang digeluti oleh orang lain serta aktif dalam komunitas yang mereka bentuk.

Dengan cara seperti ini, anda tidak saja memiliki banyak relasi baru namun juga memperoleh kesempatan yang terbuka lebar untuk membangun rencana bisnis.

#5 Jangan egois, perhatikan juga apa kebutuhan relasi

Tiap-tiap individu memuliki kebutuhan yang berbeda untuk membangun setiap bisnsi yang dijalankan.

Kita harus memahami juga apa yang mereka sedang butuhkan dan buatlah diri anda berguna misal apabila anda belum memiliki hal yang dibutuhkan oleh orang tersebut, anda bisa menjadi pengantara kepada kenalan yang lainnya.

Semakin anda aktif dalam mencari setiap kebutuhan relasi maka peluang untuk anda bertemu dengan orang orang baru akan semakin besar.

#6 Tampil low profile lebih disarankan

Tanamkan selalu dalam diri anda sifat low profile, hal ini sangat berguna agar kita tidak memiliki karakter yang selalu meremehkan orang lain mungkin karena penampilan atau karena karakter dari orang yang ditemui.

Setiap individu memiliki keunikannya sendiri dan memiliki kelebihan masing-masing serta mungkin juga orang dipandang sebelah mata memiliki kerabat atau relasi yang bisa membantu mengembangkan usaha anda.

Pada saat bertemu dengan kenalan yang baru mungkin belum menemukan titik temu yang berhubungan dengan usaha anda. Namun tetap lakukan pendekatan kepada orang-orang kenalan Anda dengan cara menjalin komunikasi yang baik.

Kemampuan menjaga komunikasi harus anda latih setiap hari dengan metode yang tidak membosankan tapi bisa membuat nyaman relasi kita, selain itu tetap berikan rasa menghormati dan menghargai.

Hubungan yang anda bina dengan sikap yang baik akan membuat awet antar relasi dan memberikan keuntungan untuk anda nantinya.

Bisa dilakukan dengan cara meluangkan waktu sejenak mengobrol di telp, mengundang untuk makan siang untuk sekedar berbicara ringan atau bisa juga mengunjungi rumahnya untuk bersilahturahmi.

#7 Anda juga harus aktif menyapa

Jangan pernah bersikap malu-malu dalam membangun hubungan dengan orang baru karena dengan sikap yang seperti itu, calon relasi anda akan merasa tidak nyaman dan tidak bisa menangkap pesan apa yang akan anda sampaikan.

Mulailah untuk membuang rasa malu dalam diri anda, karena dalam membangun hubungan terutama dalam bidang bisnis dibutuhkan sikap yang apa adanya, terbuka dan tegas seperti yang di ulas pada artikel rahasia sukses orang tionghoa membangun usaha.

Jika anda merupakan tipe pemalu cobalah memulai dengan percakapan sederhana dahulu pada saat bertemu dan sikap yang harus anda tampilkan harus bisa menarik orang disekitar yang akan anda gunakan sebagai relasi bisnis.

Menjadi orang yang aktif, mudah bergaul, tidak malu terhadap suasana baru, fleksibel dalam menghadapi berbagai karakter orang serta selalu membangun mental untuk meningkatkan rasa percaya diri memang dibutuhkan dalam menambah relasi bisnis.

Ketika kita menjadi orang yang pasif hanya menunggu orang menghampiri anda, bisa diperhitungkan hanya segelintir orang yang mau mendekat.

Tetapi apabila anda menjadi orang yang aktif, akan mempercepat anda mendapatkan relasi dalam waktu sekejap  seperti arti kalimat “Hasil yang dicapai tidak akan pernah mengkhianati usaha keras yang sudah dilakukan”

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!