Strategi Cerdas Menganalisa dan Mendapatkan Peluang Usaha Disekitar Kita

Cara melihat peluang usaha yang ada di sekitar kita

Setiap ketika anda melihat sebuah peluang bisnis atau usaha yang sukses, yang mana menghasilkan omzet miliaran, mungkin dibenak anda terpikirkan sebuah bisnis yang memiliki ide-ide brillian dan menakjubkan. Padahal kenyataannya, sebagian besar dari bisnis sukses ini hanya tahu dan mengerti caranya memanfaatkan peluang yang ada meskipun hal kecil.

Kita ambil contoh Walt Disney. Inspirasinya untuk menciptakan Disneyland didapatkan ketika ia sedang liburan ke Trivoli Gardens.

Setelah merasa takjub dengan taman bermain kuno di Eropa tersebut kemudian ia termotivasi untuk menciptakan taman bermain yang serupa di negara Amerika, bahkan ia menginginkan tamannya menjadi lebih hebat daripada taman itu. Motto yang dipegang teguhnya yaitu, “Apabila kau bisa memimpikan itu, maka kau pun bisa mewujudkannya”.

Maka dari itu, anda sebaiknya tidak melewatkan ide-ide bisnis yang bagus disekitar anda. Berikut ini kami rangkumkan cara untuk melihat serta menemukan peluang usaha di kehidupan sehari-hari anda!

Contoh beberapa hal yang dapat menginspirasi untuk mendapatkan peluang bisnis

Yang perlu anda ketahui adalah, kehidupan anda dapat menjadi sumber untuk anda mendapatkan inspirasi bisnis dengan catatan anda tahu cara menemukan peluang dan potensi itu. Apa sajakah contohnya?

Mendapatkan ide dari masalah yang sering anda alami

Apakah anda selama ini sering mengalami sebuah masalah dalam menyelesaikan atau menghadapi sesuatu? Ketika kemudian anda mendapatkan solusinya, disaat yang sama anda dapat menjadikannya sebuah ide untuk berbisnis.

Contohnya, apabila anda  memiliki masalah dalam mengatur pengeluaran uang anda, kemudian anda dapat membuat aplikasi untuk mengatur keuangan anda khususnya mahasiswa atau pekerja.

Ide bisnis dari bakat atau keahlian anda

Faktanya banyak sekali orang yang kemudian merubah keahlian mereka menjadi suatu peluang untuk berbisnis. Mari kita ambil contoh, misalkan anda adalah orang yang ahli dalam bidang desain dengan menggunakan photoshop ataupun perangkat lunak lainnya, kemudian anda menjadikan keahlian tersebut untuk menciptakan desain baju.

Atau apabila anda memiliki keahlian dalam bidang memasak serta expert dalam hal nutrisi, anda dapat membuka katering diet sehat atau semacamnya.

Ide bisnis dari kesenangan atau hobi anda

Satu ide lagi untuk bisnis yang perlu anda gali adalah menggunakan hobi sebagai sumber inspirasi anda untuk berbisnis, dan kabar baiknya ini sangat berpotensi untuk mengembangkan bisnis anda.

Sebagai contoh, apabila anda adalah seorang penyuka coklat. Anda dapat membuat makanan yang berbahan dasar coklat yang lain daripada produk lainnya, atau mungkin membuat tempat wisata atau cafe berbasis makanan coklat.

Atau misalkan anda adalah pecinta hewan, anda dapat mempertimbangkan membuka layanan berbasis mobilisasi untuk meng-grooming hewan peliharaan dan masih banyak lagi potensi yang dapat anda gali dengan mempertimbangkan dari hobi anda.

Selain itu, pengalaman pribadi anda juga dapat  menjadi sumber inspirasi anda seperti yang dilakukan oleh Walt Disney ketika sedang liburan di Eropa.

Maka dari itu, anda dituntut untuk lebih peka terhadap sekitar yang mana bisa anda dapatkan secara mendadak. Sebaiknya anda tidak menganggap suatu hal remeh meskipun itu adalah ide terkecil.

Simak juga ulasan terkait mengenai usaha potensial dan sukses yang berawal dari hobi serta artikel menarik lainnya tentang cara menciptakan usaha kreatif yang menjanjikan.

Bagaimana cara melihat peluang usaha dari lingkungan sekitar anda?

Apakah anda merasa tidak memiliki ide yang menarik berdasarkan pengalaman pribadi? mungkin yang perlu anda lakukan adalah mengaktifkan “radar” anda, kemudian perhatikan sekeliling anda juga orang-orang yang terdapat disekitar anda. Mereka bisa menjadi sumber inspirasi yang bagus untuk ide anda berbisnis.

Bahkan dengan mengaktifkan “radar” ini anda bisa mendapatkan ekstra benefit, yaitu anda dapat menyaksikan sendiri tentang apa yang dibutuhkan oleh orang-orang, sehingga demikian anda bisa menjaring pelanggan pertama anda secara langsung.

Lalu bagaimanakah cara menemukan ide dari lingkungan sekitar anda? caranya adalah sebagai berikut:

#1 Bertemu dengan banyak orang

Mungkin ini terdengar amat sederhana, tetapi cara ini efektif adanya. Anda mungkin perlu bertemu dengan banyak orang yang memiliki latar belakang serta komunitas yang berbeda yang mana dapat memberikan anda inspirasi yang unik.

Sebagai contoh, jajanan yang terdapat di pasar tradisional dapat memberikan anda sebuah ide untuk menciptakan cafe jajanan tradisional yang bersentuhan dengan nuansa modern. Hal ini mungkin bisa menjadi makin bagus apabila banyak makanan lokal yang ternyata kurang terkenal.

#2 Memperhatikan bagaimana para pengusaha lain menemukan ide bisnisnya

Yang perlu anda tahu adalah, mengembangkan dan mengolah kembali ide bisnis yang ada bukanlah suatu hal yang aneh.

Apabila anda tidak yakin dengan ide yang anda miliki, anda mungkin perlu melihat kisah para pengusaha atau pebisnis yang sukses dalam mewujudkan impiannya dengan cara serta produk yang khusus.

Anda dapat mengumpulkan info terkait pengusaha lokal yang memiliki ide serupa dengan apa yang anda inginkan, hal ini perlu dilakukan untuk memudahkan anda mendapat gambaran bisnis.

#3 Mengamati permasalahan yang ada disekitar anda

Masalah yang ada baik di lingkungan sekitar anda maupun komunitas anda dapat menjadi sumber inspirasi bisnis anda.

Sebagai contoh, apabila masyarakat sekitar anda kesusahan untuk menemukan toko yang menyediakan berbagai dengan jarak yang dekat, maka anda dapat menjadikannya ide untuk usaha dagang membangun toko kelontong anda. Atau mungkin apabila anda berada dilingkungan kos atau kontrakan para pekerja, anda bisa membuat ide mendirikan warung makan ataupun laundry pakaian.

Yang perlu anda ketahui adalah, ide bisnis anda dapat datang dari manapun, tetapi inspirasi juga terkadang muncul dari hal hal yang remeh dan kecil.

Apabila anda tidak segera mencatatnya, bisa bisa ide yang anda temukan menghilang. Maka dari itu, alangkah baiknya anda menyisihkan beberapa waktu anda untuk mencatat kemudian mengolah ide tersebut.

Sejatinya ketika kita melihat sebuah peluang bisnis, itu sama halnya dengan kita melihat kesempatan yang mungkin tidak akan datang dua kali.

Melihat fakta tersebut, anda harus segera mengambil kesempatan tersebut agar segera memberikan anda keuntungan-keuntungan. Ide apapun yang muncul difikiran anda sebaiknya segera dicatat kemudian harus anda segera wujudkan menjadi nyata.

Untuk mewujudkan ide anda tersebut, spontanitas saja tidaklah cukup. Kita memerlukan modal awal pula untuk mengembangkan ide bisnis yang kita miliki.

Apabila anda membutuhkan bantuan pihak lain untuk mencukupi modal, mungkin anda perlu mencoba Pegadaian dengan menggadaikan barang anda untuk mendapatkan pinjaman.

Anda dapat memperoleh pinjaman dana dengan bunga ringan mulai dari sejumlah 100 juta hingga 1 milliar rupiah. Jangan khawatir karena proses peminjaman di Pegadaian terkenal mudah, aman, serta cepat.

Itulah tips untuk anda menemukan peluang usaha yang ada disekitar anda. Sesungguhnya, banyak sekali bisnis besar yang mendapatkan inspirasi dari hal-hal sederhana dan kecil.

Banyak sekali contoh dari hal tersebut seperti Walt Disney, atau Colonel sanders sang penemu KFC. Anda pun bisa melakukan hal tersebut dengan kekreatifitasan, pengamatan, kemauan berkembang, dan lain sebagainya akan menghantarkan anda menuju kesuksesan.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!