Advertisement

8+ Tips dan Ide Peluang Bisnis Fashion Yang Saat Ini Sangat Menguntungkan

Strategi dan ide peluang usaha dan bisnis fashion

Strategi usaha serta ide peluang bisnis di bidang fashion memang cukup menjanjikan dan menguntungkan sebab produk ini akan selalu dibutuhkan dan sangat mudah di serap oleh masyarakat secara luas sehingga tidak terlalu sulit untuk mencari pasar.

Pakaian beserta aksesoris tidak menjadi sebuah kebutuhan yang penting untuk dipenuhi oleh sebagian besar orang. Selain menambah rasa percaya diri juga terlihat lebih rapi dan menarik untuk dipandang.

Tidak memandang usia, fashion selalu sangat menarik untuk diikuti dan digunakan sebagai ajang eksplorasi dalam memadupadankan apa yang akan digunakan, bentuk, corak maupun warna.

Sehingga atas dasar inilah yang membuat industri di bidang fashion berkembang dan tidak pernah berhenti sampai kapanpun. Ini menjadi sebuah peluang besar bagi calon pengusaha yang akan memulai untuk memilih usaha yang mudah untuk dijalankan.

Beragam ide usaha menjanjikan yang bergerak pada bidang fashion

Ada banyak peluang bisnis dalam industri fashion yang bisa menjadi usaha ibu rumah tangga dan menjadi jalan bagi Anda untuk mendapatkan penghasilan.

Industri fashion sangatlah kompetitif, pastikan Anda menjadi pemasar yg baik dan kebal terhadap kegagalan. Artikel ini akan membantu Anda memberikan beberapa ide dan peluang di bisnis fashion.

#1 Perancang busana (fashion designer)

Pekerjaan sebagai fashion designer merupakan salah satu bisnis yang cocok bagi anda yang memiliki keahlian dan sangat mencintai dunia fashion.

Karya Fashion Anda bisa dijadikan bisnis yang akan bertahan lama. Tidak perlu harus sekolah sampai tingi, terkadang hanya mempelajari lewat media apapun dan anda aplikasikan dalam sebuah karya anda menjadi keunikan dan daya tarik sendiri, ini sudah bisa dijadikan sebuah bisnis yang menghasilkan income.

#2 Fashion blogger

Anda memiliki skill menganalisa trend dan mengobservasi detail terkecil tapi Anda tidak punya modal besar untuk membuka bisnis fashion dalam skala besar, Anda bisa memulainya dengan membuat blog fashion yang dapat menghasilkan uang dari internet.

#3 Bisnis majalah fashion (news mode)

Memiliki modal yang cukup serta terampil dalam menulis, bisnis penerbitan majalah yang hanya fokus pada style dan trend terkini fashion bisa dicoba.

Tugas utama Anda adalah menjaga penggemar mode untuk terus mengikuti berita dan update terbaru dalam industri fashion.

#4 Menciptakan produk dengan brand sendiri

Memiliki brand pakaian sendiri merupakan idaman bagi calon pengusaha bisnis fashion. Sebagian orang berpikir sulit karena kita tidak memiliki latar belakang fashion atau sebagainya.

Jangan menggangap membuat brand pakaian sendiri itu sulit dikarenakan ada banyak jasa yang dapat Anda gunakan. Anda dapat menyewa desainer, konveksi dan sebagainya. Anda juga harus memperhatikan masalah laporan keuangan bisnis Anda.

Simak juga ulasan terkait mengenai pentingnya mendaftarkan merek dagang serta artikel menarik lainnya tentang pengertian identitas produk dan brand atau merek.

#5 Dunia modeling dan peragaan busana

Peluang bisnis ini adalah sebagai penyalur atau perantara bagi orang-orang yang memiliki talent atau bakat khusus seperti foto model, penari, iklan dsb, kepada pihak production house (PH).

Pendapatan yang diterima berdasarkan komisi yang telah disepakati bersama antara model dengan kepala agen. Sehingga apabila anda memiliki kemampuan memilih orang yang memiliki talenta khusus serta mempunyai kemampuan melobi yang baik, anda bisa mencoba untuk menjalankan bisnis ini.

#6 Niaga skala international (export dan import produk fashion)

Jika Anda mempunyai modal dan pengetahuan mengenai bisnis ekspor impor, Anda bisa memulai mengimport produk fashion dari berbagai negara.

Tentunya dengan harga yang cukup terjangkau serta pengiriman menggunakan media yang tidak terlalu tinggi biaya pajaknya. Atau bisa juga anda mencari barang dari lokal yang berpeluang banyak dicari dan diminati oleh orang di mancanegara.

Contoh produk dalam negeri yang bisa kita ekspor adalah batik, asksesoris bergaya klasik yang dibuat secara handmade dan produk fashion lainnya.

#6 Jasa konsultan fashion

Anda juga bisa menjadi konsultan fashion untuk perushaan yang bergerak di bidang fashion serta berbagai penggemar fashion.

#8 Fotografi fashion

Fotographer menjadi pilihan profesi bagi sebagian besar masyarakat. Dengan banyakanya kemudahan mengambil gambar baik melalui handphone dari yang sederhana sampai paling tinggi untuk resolusi maupun beragam bentuk kamera dengan kelebihannya, banyak yang dapat mengambil gambar terlihat bagus.

Sehingga apabila memang anda hobby atau memang pada saat belajar mengambil jurusan sebagai fotografer dan fashion, bisa bergabung di majalah terkemuka, iklan fashion, art photography, potret selebriti sampai paparazi.

Hasilnya tentu membanggakan jika anda memiliki hobi yang di bayar atau hanya sekedar usaha sampingan namun potensinya sungguh luar biasa.

Bisnis fashion sangatlah menguntungkan tapi juga sangat kompetitif. Tapi tidak berarti pendatang baru tidak bisa menembus industri ini. Dengan kreativitas dan kerja keras, Anda bisa sukses di bisnis fashion walaupun banyaknya kompetitor yang ada.

Langkah simple untuk meraih sukses dalam bisnis fashion

Dibawah ini beberapa langkah sederhana yang anda bisa lakukan untuk meraih kesuksesan dalam bidang fashion :

Melakukan riset pasar

Sebelum memulai untuk membangun usaha, lakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui kebutuhan atau permintaan pasar.

Ada juga berbagai jenis orang, seperti mereka yang ingin pakaian yang baik dan harga terjangkau dan dibeli dengan mudah dan ada juga yang ingin model yang sesuai trend masa kini.

Dua target market ini akan menentukan jenis barang yang akan Anda jual dengan tehnik marketing, dll. Melakukan Analisa mengenai jenis dan target pasar akan memudahkan mencapai dengan adanya riset di awal, Anda dapat menentukan bisnis fashion apa yang Anda ingin bangun.

Binis plan dari hasil riset

Business plan menjadi salah satu yang bagian yang harus dibuat terlebih dahulu seperti anggaran, proses transaksi, pengiriman, sistem retur dan sebagainya.

Peluang usaha bisa sebagai reseller dan dropship dari sebuah produk maupun menjadi pihak yang memproduksi barang sendiri. Apabila anda memutuskan sebagai seorang produsenm maka dalam business plan yang dirancang harus ditambahkan biaya produksi, desain produk dan brand yang mudah diingat oleh konsumen, dan tidak lupa anggaran untuk promosi produk.

Memilih vendor yang tepat

Supplier atau Vendor sangat dibutuhkan karena mereka yang akan memproduksi barang Anda atau yang menjadi tempat Anda mengambil barang jika Anda diibaratkan sebagai reseller.

Strategi pemasaran

Toko online mungkin akan menjadi pilihan Anda jika Anda tidak ingin mengambil resiko yang besar. Namun Jika Anda lebih yakin dan berani mengambil resiko, Toko offline merupakan pilihan kedua karena perlunya menyediakan modal yang lumayan besar.

Selain merupakan salah satu usaha dagang yang menjanjikan, menjalankan usaha fashion dengan memiliki toko offline akan memiliki keunggulan yaitu bisa membuat konsumen menjadi lebih percaya dengan Anda.

Evaluasi tim dan manajemen

Sistem pembukuan menjadi salah satu yang perlu Anda perhatikan. Karena dengan adanya sistem pembukuan yang Anda buat, Anda dapat mengontrol pemasukan dan pengeluaran usaha Anda.

Pembukuan bisa Anda lakukan manual maupun menggunakkan software akuntansi. Selain Sistem pembukuan, komposisi tim kerja yang efektif atau tim marketing adalah juga faktor penentu suksesnya bisnis yang sedang anda kelola.

Kendala yang paling sering dihadapi dalam usaha fashion

“Tidak ada gading yang tak retak” pepatah ini sebagai gambaran bahwa setiap usaha yang dijalankan walaupun awalnya tidak terlihat adanya masalah, dengan sejalannya waktu pasti akan muncul masalah baik yang ditimbulkan dari luar berupa tantangan dan dari dalam berupa permasalah antar personal.

Ada beberapa masalah dalam bisnis fashion yang perlu Anda ketahui:

Menentukan peran tim  – Awal membuka Bisnis pasti memiliki masalah dalam internal karena masih belum jelas dalam peran dan fungsi masing-masing secara detail sehingga untuk mengatasi hal ini diperlukan adanya perencanaan tahap per tahap.

Bisa di mulai dari hal paling sederhana agar setiap permasalahan yang akan muncul bisa diberikan solusi dan diharapkan tidak berlarut-larut serta mengganggu usaha yang dijalankan kedepannya. Simak tentang 6 faktor penyebab kegagalan dalam membangun bisnis.

Supplier – Anda perlu mencari pemasok yang sesuai dengan harga dan dapat Anda percaya dikarenakan Supplier memiliki peranan penting dari awal mula Usaha Anda sampai seterusnya.

Segmentasi pasar – Anda harus mengetahui pasar yang sesuai dengan Bisnis Anda. Misalkan usaha pakaian Anda memiliki kualitas bahan yang baik.

Kualitas bagus dan baik identik dengan harga yang cukup mahal. Berarti Anda harus memasarkan produk Anda ke pasar yang menengah ke atas agar produk Anda dapat laku terjual

Memperkuat branding – Usaha bisnis pakaian sudah banyak digeluti. Namun peluang untuk membuka usaha bisnis pakaian masih sangat berpotensi. Usaha ini memiliki banyak kompetitor namun jangan khawatir.

Buatlah suatu ciri khas agar usaha fashion Anda memiliki perbedaan dengan pakaian yang dijual kompetitor. Ini akan menjadi salah satu cara untuk meningkatkan daya jual usaha Anda.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!