Cara Menjalin Kerjasama Dengan Waralaba Indomaret dan Keuntungan Yang Diperoleh

Cara bergabung dengan waralaba indomaret

Anda pasti mengetahui sebuah minimarket yang tersebar hampir diseluruh Indonesia yang bernama Indomaret. Kemanapun anda pergi, rasanya tidak akan sulit untuk menemukan minimarket yang memiliki dominan warna biru ini.

Indomaret merupakan minimarket yang menyediakan kebutuhan masyarakat, baik kebutuhan primer dan sekunder. Kelebihan Indomaret sebagai toko retail yakni lokasinya yang mudah untuk dijangkau juga standart pelayanannya yang sangat baik sehingga banyak dipilih masyarakat sebagai tempat belanja paling nyaman.

Bukan hanya itu, dalam bertransaksi segala kebutuhan finansialpun Indomaret memberikan kemudahan dan juga kenyamanan bagi pelanggannya seperti untuk pembayaran tagihan indihome, pembayaran iuran BPJS, dll.

Indomaret sendiri merupakan jenis usaha franchise atau waralaba, yang mana banyak sekali diminati oleh para pebisnis karena menjadi ladang bisnis yang sangat berpotensi menghasilkan saat ini.

Usaha franchise atau waralaba banyak dipilih karena ia mengandung sedikit resiko kegagalan dikarenakan sistem usahanya yang sudah kokoh dari sebelumnya. Oleh karena itu, dalam pelaksanaan usaha ini anda akan cukup fokus dalam strategi pemasaran tanpa harus sibuk memikirkan bagaimana sistem dan manajemennya.

Hal hal yang harus dipersiapkan untuk bergabung dan kerjasama dengan usaha waralaba Indomaret

Indomaret juga telah terbukti mampu bersaing dengan toko sejenis yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat yakni Alfamart.

Apabila anda berminat untuk ikut bergabung dalam bisnis waralaba Indomaret, anda perlu menyimak 7 langkah yang harus dilakukan seperti di bawah ini.

#1 Dokumen

Anda perlu mempersiapkan dokumen, ia merupakan persyaratan yang sangat penting apabila ingin mengikuti bisnis waralaba ini.

Beberapa dokumen tersebut terkait syarat-syarat yang harus dipenuhi yakni masalah data kependudukan yang mana anda harus warga negara Indonesia asli dengan melampirkan:

  • Salinan dan asli Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Salinan dan asli Kartu Keluarga (KK) dan atau,
  • Salinan dan asli identitas lain

Untuk mendapatkan dokumen keterangan identitas diri rasanya bukanlah hal yang sulit, dikarenakan identitas diri tersebut sudah pasti dapat anda miliki ketika berusia mencapai 17 tahun.

Simak juga ulasan terkait tentang cara mengurus e-KTP hilang dan cara mengubah data serta artikel lainnya mengenai cara mengurus NPWP dengan cepat.

#2 Lokasi usaha yang strategis

Ketika dokumen yang diperlukan sudah tersedia, langkah berikutnya yakni menentukan lokasi yang akan anda jadikan tempat berdirinya Indomaret. Anda harus memperhatikan lokasinya dengan mempertimbangkan beberapa faktor diantaranya:

  • Aksesibilitas kendaran
  • Dekat dengan jalan raya
  • Aksesibilitas konsumen seperti terletak pada daerah ramai, sarana umum, dan lain sebagainya.

Lokasi menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan karena ia akan menentukan ramai tidaknya bisnis waralaba anda.

Aksebilitas juga sangat berperan besar dikarenakan semua calon pelanggan tentu akan memilih mampir ke toko yang mudah untuk dijangkau.

Apabila toko waralaba anda terletak di dalam gang, tentu saja pada akhirnya pelanggan akan memilih toko yang lebih mudah dijangkau daripada harus masuk kedalam gang.

Untuk spesifikasi lokasi Indomaret, anda perlu menyiapkan lahan minimal sebesar 120-200 meter persegi dan baca tips tentang cara menentukan lokasi usaha yang strategis.

#3 Surat kelengkapan usaha

Selanjutnya anda perlu mengurus surat kelengkapan usaha yakni:

  • Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
  • Surat Izin Untuk Perusahaan (SIUP)
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Untuk mengurus IMB dan SIUP anda perlu mendatangi Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu, untuk NPWP anda perlu mendatangi kantor pajak. yang perlu anda ingat yaitu NPWP tersebut bukan jenis NPWP perseorangan tetapi NPWP dari usaha waralaba yang anda buka.

#4 Modal Investasi

Jangan lupa untuk menyiapkan modal yang akan dinvestasikan dimana modal tersebut nantinya harus anda serahkan kepada pihak Indomaret sebagai pemilik merek saat permohonan kerjasama anda telah disetujui.

Untuk besarnya modal yang harus di investasikan sebenarnya tergantung jenis usaha waralaba mana yang kita pilih. apakah kita membuka Indomaret itu sejak awal ataukah anda mengambil alih usaha.

Setidaknya untuk ikut bisnis waralaba Indomaret, kisaran modal yang dibutuhkan yakni antara Rp 300 juta hingga Rp 400 juta.

Tetapi apabila anda mengambil alih dari mitra lama, kisaran uang yang dibutuhkan yakni sekitar 150-200 juta sudah termasuk royalti yang harus dibayarkan selama masa kontrak yang berlangsung dalam setiap 5 tahun.

Baca juga ulasan terkait mengenai Pinjaman KTA dan kredit multiguna sebagai sumber modal usaha serta artikel menarik lainnya tentang cara mendapatkan sumber modal alternatif bagi bisnis UKM.

#5 Mendaftar melalui Call Center

Apabila persyaratan diatas telah terpenuhi, anda bisa menghubungi Call Center Indomaret untuk bergabung. Call Center indomaret yakni pada nomor 1500-580 atau anda dapat mengunjungi lewat website www.indomaret.co.id guna mengunduh formulir pendaftaran.

Selanjutnya anda hanya perlu menunggu kedatangan tim survey untuk mengecek lokasi yang telah anda pilih.

#6 Tahap Persentasi

Tahap berikutnya setelah anda melewati proses pendaftaran yang telah teregristrasi, maka tim verifikator dari Indomaret akan melakukan persentasi.

Persentasi tersebut terdiri dari dua tahap. Tahap pertama yakni akan dijelaskan terkait keuntungan toko tiap bulan, mekanisme kerjasama, besarnya investasi modal, dan sistem operasional toko.

Pada tahap pertama ini anda diharapkan membawa kelengkapan dokumen berupa surat izin yang telah anda urus sebelumnya.

Tahap kedua yakni anda akan diberikan hasil kelayakan dari survey sebelumnya, perencanaan anggaran belanja, serta besarnya investasi modal.

Jika semuanya sudah lengkap dan disetujui maka akan dilaksanakan tandatangan kontrak antara anda dan pihak Indomaret.

MOU tersebut mencakup bagian tugas antara pihak waralaba dengan anda dalam hal kepengurusan izin, pembukaan toko, perenovasian toko, seleksi dan pelatihan karyawan, pembelian perlengkapan toko, dan pembayaran termin.

#7 Pembukaan toko

Setelah semua tahapan diatas dilakukan, kini memasuki tahap terakhir yaitu pelaksanaan pembukaan toko. Untuk proses pembukaan dan promosi ini dilakukan dan ditetapkan oleh pihak Indomaret.

Pada pembukaan ini pula ada tandatangan kontrak kerjasama selama 5 tahun. Saat masa berlaku kontrak habis, pihak indomaret akan melakukan evaluasi apakah kerjasama ini bisa dilanjutkan ataukah tidak.

Bergabung dengan bisnis waralaba dalam hal ini Indomaret merupakan salah satu langkah paling tepat untuk pemula yang ingin terjun di dunia bisnis karena pada dasarnya akan memberikan banyak keuntungan dengan sistem waralaba serta sangat minim resiko kerugian.

Dengan memanfaatkan trend serta budaya masyarakat Indonesia yang kini cenderung konsumtif, kehadiran minimarket Indomaret tetap akan ramai dikunjungi meskipun pasar dan toko tradisional juga masih banyak bertebaran.

Belanja praktis, mudahnya melakukan berbagai transaksi pembayaran dan banyaknya promo belanja di Indomaret menjadikan daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Maka anda tidak perlu ragu lagi untuk bergabung dan mendapatkan banyak keuntungan bersama Indomaret. Semoga anda sukses!

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!