Keunggulan dan Kelemahan Produk Pinjaman KTA Kredit Tanpa Agunan Dari Bank

Kelebihan kekurangan pinjaman kredit tanpa agunan KTA

Kemajuan jaman memberikan dampak yang sangat besar bagi masyarakat dunia, salah satu buktinya adalah dengan semakin kompleksnya kebutuhan. Terlebih lagi pilihan itemnya pun saat ini sudah sangat beragam, sehingga membuat masyarakat semakin ingin memiliki ini dan itu.

Hal semacam ini sudah sangat lumrah terjadi. Jadi tidak perlu heran dengan perubahan saat ini. Kondisi seperti ini pun juga turut mempengaruhi para pebisnis terkait ketersediaan modal usaha. Pembangunan sebuah usaha seringkali terkendala akibat terbatasnya modal yang dimiliki.

Kondisi seperti ini tentunya tidak akan terjadi bagi orang orang yang memiliki asset bisa diagunkan untuk memenuhi kebutuhan dalam membangun sebuah usaha.

Namun yang jadi permasalahannya adalah mereka yang sama sekali tidak memiliki asset berharga untuk dijaminkan guna mendapatkan dana dari bank ataupun lembaga pembiayaan. Tentunya timbullah sebuah permasalahan baru.

Namun sekarang anda tidak perlu khawatir akan hal itu, bank saat ini telah memiliki produk kredit yang memang diperuntukkan bagi mereka yang tidak memiliki asset sekalipun. Kredit ini dikenal dengan istilah KTA (Kredit Tanpa Agunan).

Produk ini memberikan pinjaman bagi orang orang yang tidak memiliki benda berharga untuk dijaminkan demi mendapatkan modal usaha. Kredit ini dinilai cukup memberikan angin segar bagi masyarakat dalam kriteria tersebut. Namun perlu anda tahu bahwa kredit ini juga memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan dan kekurangan pinjaman KTA dibanding produk kredit lainnya

KTA atau Kredit Tanpa Agunan ini memang cukup memberikan solusi bagi orang orang yang sedang membutuhkan modal usaha.

KTA ini merupakan produk pinjaman yang diberikan oleh bank kepada nasabah yang membutuhkan modal tanpa harus memberikan jaminan apapun kepada kreditur. Dengan adanya informasi seperti ini mungkin akan sedikit membuka pikiran anda terkait kredit tanpa agunan. Lalu apa sajakah kelebihan dan kekurangan KTA itu. Simak penjelasan berikut.

Keungulan Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Jenis produk apapun yang ditawarkan oleh pihak bank, tentunya memiliki kelebihannya sendiri sendiri dengan maksud untuk menarik minat nasabahnya. Sama halnya dengan KTA ini yang bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan modal usaha yang anda butuhkan. Berikut ini rinciannya.

#1 Persyaratan pinjaman KTA terbilang lebih mudah

Kemudahan yang diberikan oleh pihak bank ini memang benar adanya karena tidak adanya agunan yang diberikan oleh pihak debitur kepada pihak kreditur. Tentu saja hal tersebut sangat membantu nasabah yang ingin mendapatkan dana atau modal usaha dari bank.

Bahkan bukan itu saja produk ini bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan hunian bagi mereka yang belum memilikinya. Contoh lainnya kalaupun anda ingin membeli sebuah barang namun anda tidak memiliki dananya maka KTA ini juga memberikan solusi bagi anda.

Cukup mudah untuk mendapatkan Kredit Tanpa Agunan ini, berkas berkas yang diminta pun tidak terlampau banyak. Pihak bank biasanya hanya meminta Fotocopy KTP, KK, dan catatan pembayaran kartu kredit selama satu bulan terakhir disertai dengan mengisi formulir.

Formulir ini tidak selamanya oleh bank diberikan secara langsung ada juga yang diberikan secara online lewat situs resminya. Sehingga akan lebih mudah dan praktis.

#2 Waktu proses pencairan dana sangat cepat

Kelebihannya lagi dari KTA ini adalah bisa digunakan untuk kebutuhan mendesak. Maksudnya di sini karena tidak adanya agunana yang harus diberikan oleh pihak debitur maka pencairan dananya pun sangat cepat hanya dalam kurun waktu 2 sampai 3 hari. Asalkan semua persyaratan yang ditentukan telah anda penuhi.

#3 Banyak bank yang menawarkan produk pinjaman ini

Perlu anda tahu bahwa Kredit Tanpa Agunan ini bukan hanya diberikan oleh Bank BRI saja melainkan bank bank lain juga turut menawarkan produk ini. Jadi untuk mendapatkannya anda tidak perlu khawatir.

Sehingga anda bisa dengan cepat mendapatkan dana yang anda butuhkan. Karena pihak bank sedang gencar gencarnya mempromosikan produk ini maka anda bisa datang langsung ke kantor bank tersebut.

Dengan begitu maka anda juga bisa membandingkan KTA mana yang sekiranya memberikan banyak kemudahan dan tentunya cocok bagi anda.

Simak juga ulasan terkait mengenai 4 hal yang perlu diperhatikan sebelum mengajukan KTA serta artikel menarik lainnya tentang ajukan KTA BTN dengan bunga pinjaman yang terjangkau.

Kekurangan dan kelemahan dari produk pinjaman KTA

Selain beberapa kelebihan yang dimiliki oleh produk KTA ini tentunya produk ini juga menyimpan beberapa kekurangannya. Sehingga wajar jika dalam penggunaannya ada beberapa resiko yang mungkin saja anda alami. Adapun kekurangannya adalah sebagai berikut:

#1 Bunga pinjaman yang relatif lebih tinggi

Salah satu kekurangan yang dimiliki dari Kredit Tanpa Agunan adalah bunga yang diberikan terlalu tinggi jika dibandingkan dengan kredit multiguna. Tentunya hal ini disebabkan karena tidak adanya jaminan yang diberikan oleh pihak debitur. Sehingga hal ini seringkali membebani nasabah dalam melakukan pelunasan.

Baca juga artikel tentang 5 macam produk kredit tanpa agunan dengan bunga paling ringan dan ulasan terkait mengenai solusi mendapatkan pinjaman cepat cair untuk semua kebutuhan.

#2 Di utamakan bagi yang memiliki kartu kredit

Selain bunga yang relative lebih tinggi ada lagi kekurangan yang dimiliki oleh KTA ini yaitu biasanya dalam persyaratan yang diberikan seringkali pihak bank meminta adanya kartu kredit yang harus dimiliki oleh pihak nasabah.

Tidak jarang mereka gagal dalam mengajukan aplikasi karena masalah ini. Bahkan kepemilikan kartu kredit tersebut tidak semata mata hanya memiliki melainkan harus telah digunakan selama kurang lebih satu tahun baru bisa digunakan sebagai bahan persyaratan untuk mendapatkan KTA.

Kalaupun tidak menggunakan kartu kredit anda pun harus tercatat sebgai pengguna layanan payroll bank. Umumnya masyarakat seringkali melupakan kekurangan ini karena mengingat persyaratan yang diajukan relative mudah. Sehingga anda mesti ingat akan hal ini supaya aplikasi yang anda ajukan bisa disetujui.

Sebagai solusinya, anda bisa simak tentang proses mengajukan kartu kredit tanpa slip gaji  serta ulasan lainnya mengenai jenis kartu kredit yang bebas biaya tahunan seumur hidup.

#3 Limit pinjaman kecil dan tenor jangka waktu cicilan pendek

Kekurangan yang terakhir dari KTA ini adalah limit yang kecil hanya sampai Rp 200 juta saja. Selain itu tenor nya pun juga terbilang pendek sehingga jumlah cicilan yang harus anda bayarkan setiap bulannya akan menjadi lebih tinggi.

Tentunya hal ini sebanding dengan tidak adanya jaminan yang diberikan. Jika Kredit Multiguna memberikan tenor yang lebih panjang hal ini dikarenakan adanya jaminan yang diberikan sehingga jumlah limitnya pun akan disesuaikan dengan nilai asset yang diagunkan.

Selain itu biasanya limit KTA ini juga berdasarkan pada limit kartu kredit yang dimiliki, sehingga semuanya akan menyesuaikan.

Selain beberapa kekurangan di atas perlu anda ingat yang terpenting dari KTA ini adalah bisa memberikan dana cepat bagi mereka yang sedang membutuhkan.

Advertisement

1 Comment

  1. salimudin hermansah

    February 12, 2018 at 7:31 pm

    bisa pinjam 15 jta buat mpdal usaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!