Kendala Dalam Merintis Usaha Baru dan Solusi Mengatasinya

Kendala merintis usaha baru

Apakah anda berpikir tentang apa saja kendala dalam merintis bisnis dan usaha baru? Baik masalah, hambatan, tantangan maupun cobaan yang berat saat berbisnis adalah saat kita baru akan memulainya.

Apabila anda telah berhasil menemukan cara untuk mengatasi hambatan dalam memulai usaha anda, maka langkah selanjutnya akan menjadi lebih mudah.

Di ibaratkan dengan mendaki gunung, puncak tertinggi dari gunung tersebut seringkali menyebabkan kita menjadi ragu.

Keraguan yang seringkali muncul adalah apakah mungkin kita sanggup untuk mencapainya? Tetapi sesaat setelah anda membulatkan tekad anda, pada akhirnya hal tersebut akan tercapai.

Lantas kesulitan apa saja yang biasanya kerap dialami oleh para calon pebisnis muda saat hendak mendirikan sebuah perusahaan? Lalu bagaimanakah cara untuk mengatasi hal tersebut?

Macam-macam kendala bagi para calon pebisnis

Setiap calon pebisnis pemula mempunyai masalah yang berbeda. Tetapi secara umum, setidaknya terdapat tujuh contoh penyakit bisnis yang kerap menjadi hambatan.

Masalah-masalah itulah yang kerap menjadikan orang kemudian mengalami kegagalan dalam mewujudkan mimpinya untuk memiliki bisnis sendiri.

Apakah salah satu dari daftar dibawah ini atau mungkin malah semua poin dibawah menjadi permasalahan anda? Daftarnya adalah sebagai berikut:

  1. Perasaan khawatir atau takut untuk mengalami kegagalan
  2. Kurangnya modal
  3. Kekurangan atau tidak memiliki skill atau kemampuan dalam berbisnis
  4. Tidak terdapatnya tempat untuk membuka suatu usaha
  5. Ketakutan dalam meninggalkan pekerjaan sebelumnya
  6. Mengalami kebingungan untuk berbisnis apa
  7. Malas

Cara mengatasi berbagai permasalahan saat anda ingin mendirikan suatu bisnis atau perusahaan

Kini kita berfokus dengan mencari cara untuk mengatasi atau mengobatinya. Tidak perlu terburu-buru.

Anda perlu mendiagnosa permasalahan satu persatu guna menyelesaikan hambatan yang kerap kali dialami oleh para pengusaha muda pemula.

Berikut ini tips singkat untuk menemukan jalan keluar bagi anda yang memiliki ambisi untuk membangun start-up bisnis anda.

#1 Cara mengatasi perasaan takut akan kegagalan dalam memulai usaha

Masalah utama yang kerap kalli aterjadi pada dunia bisnis adalah dibayang-bayangi oleh perasaan takut untuk mengalami sebuah kegagalan, yang mana perasaan tersebut cenderung berlebihan.

Pada dasarnya, perasaan takut dan perasaan berani ialah sebuah sifat alamiah dari manusia. Setiap orang didunia ini pasti pernah memiliki perasaan takut, khawatir, serta mengalami keraguan ketika akan melakukan sesuatu.

Hal tersebut juga berlaku pada hal berbisnis. Biasanya bayangan tentang kegagalan sering membuat nyali para calon pebisnis menciut sebelum usaha tersebut dicoba.

Yang perlu anda ketahui adalah, bahwa memiliki rasa takut bukanlah hal yang salah.

Terlebih apabila anda sebelumnya anda belum pernah berkenalan dengan dunia perbisnisan. Hal serupa juga pernah dirasakan oleh sebagian besar para pebisinis yang sekarang telah menuai kesuksesan dalam usahanya.

Memiliki rasa takut untuk gagal tidak selalu berkonotasi negatif. Adanya perasaan was-was secara tidak langsung akan membuat kita lebih hati-hati dalam mengambil langkah dalam berbisnis.

Tetapi meskipun demikian jangan membuatnya sebagai tembok penghalang untuk meraih kesuksesan kita.

Lalu bagaimanakah cara untuk menghilangkan perasaan takut mengalami kegagalan yang berlebihan?

  1. anda perlu berfikir menggunakan logika secara terbalik. Bagaimanakah apabila ternyata bisnis yang kita jalani mengalami keberhasilan? Apa yang akan kita lakukan dengan laba hasil bisnis kita tersebut?
  2. Anda perlu menyentuh harga diri anda. Apabila anak seorang tukang becak yang merupakan lulusan SMP saja dapat sukses dalam bisnisnya, lalu mengapa anda takut? Anda harusnya merasa gengsi!
  3. Bergaul dengan banyak orang yang memiliki mental optimis. Anda bisa mendapatkan energi positif dari bahan bacaan atau mungkin tontonan yang memberikan anda inspirasi dan anda sebaiknya mengurangi bacaan yang memiliki kecenderungan provokatif.

Intinya adalah bagaimana kita dapat memanintan diri sendiri untuk memacu perasaan berani.

Mengapa demikian? karena sejatinya ketakutan merupakan musuh terbesar yang harus anda lawan dengan keras. Tanpa adanya rasa keberanian, maka hingga lebaran monyet pun anda tidak akan mencapai impian anda.

#2 Solusi untuk mengatasi permasalahan modal

Guna mengatasi permasalahan modal (apakah benar tidak memiliki modal sama sekali?) Berikut dituliskan beberapa alternatif solusi yang dapat anda pertimbangkan!

  • Anda perlu memakai apa yang telah anda punya untuk modal awal.  Contohnya antara lain motor, handphone, tabungan, dan lain lain.
  • Anda memilih bisnis yang dalam pelaksanaannya tidak perlu membutuhkan banyak uang. Misalnya: bisnis dropship yang hanya butuh gawai dan juga internet, makelar tanah, motor, mobil, dan juga relasi yang banyak.
  • Bekerja sesuai dengan bisnis yang telah anda rencanakan sebelumnya. Misalnya: Apabila anda ingin membuka usaha bengkel las, maka anda sebaiknya bekerja pada bengkel las terlebih dahulu. Cara seperti ini akan membuat kita mendapat keuntungan yang berlipat ganda. Tidak hanya mendapat gaji untuk modal, tetapi juga anda dapat belajar tentang seluk beluk dari bisnis las yang nantinya akan berguna ketika anda membuka usaha anda sendiri.
  • Anda meminjam modal alias hutang anda pada saudara, teman, maupun bank. Dengan catatan, apabila bisnis anda adalah bisnis yang masih coba-coba maka sebaiknya hindarilah kredit bank dan rentenir yang mana mewajibkan anda mengangsur dan terdapat bunga. Resiko akan hal tersebut cukup besar. Maka yang paling aman adalah meminta orang tua atau pada calon mertua.
  • Mencari investor

Anda perlu membuat presentasi terkait keuntungan para investor tersebut apabila mereka bersedia mendanai proyek bisnis anda.

Poin ini dapat anda lakukan apabila sudah matang dan juga jelas terkait sistem manajemen ataupun prospek dalam pemasarannya. Logikanya adalah, mana mungkin terdapat investor yang mau diajak untuk bekerjasama apabila proposalnya saja tidak jelas?

#3 Trik menyelesaikan masalah apabila kekurangan skill atau kemampuan

Selain masalah modal, kemampuan atau skill dan juga termasuk didalamnya yakni keterampilan dan juga pengalaman yang mana sejatinya merupakan faktor utama dalam melakukan pengelolaan sebuah usaha.

Meskipun demikian tidak perlu kawatir karena apabila anda ternyata tidak memiliki skill dalam berbisnis, tetap saja ada cara untuk mengatasinya!

  • Mengikuti kursus atau belajar secara mandiri (otodidak) melalui buku, majalah, website ataupun forum diskusi online yang banyak terdapat diinternet. Terdapat tips serta tutorial bisnis yang dapat anda baca secara gratis misalnya adalah pada blog ini.
  • Rajin dalam mengikuti pelatihan sertta seminar kewirausahaan. Anda dapat juga meminta diajarkan langsung oleh kenalan anda yang telah lama terjun pada dunia bisnis.
  • Anda dapat menggunakan skill orang lain. Anda bisa merekrut orang yang memang ahli dibidangnya dan anda dapat merekrut orang untuk mengelola bisnis anda. Sebagai catatan apabila hal semacam ini dapat dilakukan jika anda memiliki modal dan juga uang untuk gaji karyawan tersebut
  • Apabila anda tidak memiliki uang untuk kursus atau untuk menggaji karyawan anda, anda dapat menggunakan cara seperti dipoin sebelumnya yaitu bekerja terlebih dahulu sembari menyerap ilmu yang terdapat pada perusahaan lain.

#4 Cara memecahkan problem guna mencari lokasi usaha

Hambatan bagi orang yang memiliki keinginan untuk mendirikan suatu bisnis adalah terbentur dengan masalah ketidaksediaan tempat usaha yang strategis. Sejatinya terdapat banyak pilihan lokasi usaha untuk disewa.

Tetapi masalahnya, lokasi yang strategis itu cenderung memiliki sewa yang mahal. Sedangkan modal yang ada saja terbatas, apalagi memikirkan soal sewa tempat?

Tidak perlu kawatir karena sejatinya setiap permasalahan memiliki solusi. Solusinya antara lain adalah sebagai berikut:

  • Anda dapat memanfaatkan tempat tinggal anda. Tidak perduli apakah rumah anda merupakan kontrakan, ataupun rumah sendiri. Mengapa? karena tidak semua bisnis butuh tempat yang strategis, kok!
  • Anda sebaiknya memilih bisnis yang dapat dilakukan dimana saja. Misalnya: bisnis makelar, online, jasa service panggilan, pemborong bangunan, dan lain sebagainya.
  • Anda dapat mengajak bermitra atau mencari partner bisnis dengan orang yang memiliki hunian dilokasi yang strategis tetapi tidak dimanfaatkan. Anda dapat menawarkan keuntungan sebagai ganti dari uang sewa. Atau mungkin apabila memungkinkan, anda dapat meminjamnya secara gratis.
  • Anda dapat melakukan pengajuan permohonan di instansi pemerintah yang memiliki lahan kosong guna menjadikannya sebuah lokasi bisnis. Memang cara tersebut tidaklah mudah. Butuh kelicinan birokrasi dan juga kenalan orang birokasi.
  • Memanfaatkan “lahan kosong” yang tidak memiliki pemilik secara non permanen. Cara ini biasanya dipakai oleh para pedagang yang terdapat pada pinggir jalan dengan sistem bongkar pasang . Misalnya, para penjual buah, makanan helm, serta PKL yang lainnya. Tetapi hal ini terdapat resiko, yakni ada resiko dikejar-kejar oleh Satpol PP.
  • Anda dapat melakukan usaha menggunakan armada mobil ( seperti pick up, mobil, sepeda motor) sehingga anda dapat berpindah-pindah dalam berjualan. Banyak sekali contohnya misalnya  penjual alat rumah tangga keliling, penjual tahu bulat, dan lain sebagianya. Apabila anda tidak memiliki kendaraan. amda dapat menggunakan pundak anda serta dengkul anda untuk memikul barang jualan anda.

#5 Tips untuk mengatasi hambatan berbisnis bagi pegawai yang ragu untuk meninggalkan pekerjaanya

Ini merupakan dilema paling besar yang dirasakan oleh pegawai yang ingin melakukan banting stir untuk menjadi juragan.

Terlebih apabila mereka memiliki jabatan yang cukup tinggi dan juga gaji yang bagus pada perusahaan bonafit.

Menjadi semakin berat apabila telah berkeluarga. Jarang ada orang yang cukup berani untuk keluar dari tempat kerjanya untuk mengambil resiko yang cukup besar untuk melakukan bisnis.

Mulai dari bisnis sampingan terlebih dahulu. Anda dapat mencari pekerjaan yang dapat anda lakukan pada sela-sela pekerjaan anda.

Dengan begitu anda dapat berwirausaha sembari anda melakukan pekerjaan tetap anda.

Apabila bisnis sampingan anda tersebut telah berjalan dan jelas menjanjikan keuntungan yang besar dan lebih daripada gaji yang anda miliki, maka lebih baik anda fokus dalam menjalankan bisnis anda tersebut.

Merekrut tenaga profesional guna menangani bisnis anda telah dijelaskan pada poin sebelumnya. Tetapi hal ini mungkin sedikit beresiko karena apabila orang kepercayaan anda berlaku curang maka anda akan rugi.

Cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan cara menerapkan sistem pengawasan dalam bentuk laporan operasional serta keuangan.

Apabila terdapat indikasi yang mencurigakan dari pembukuan tersebut anda sebaiknya memperingatkan atau memecatnya dan kemudian mencari kandidat baru untuk menggantikannya.

#6 Cara agar tidak mengalami kebingungan untuk memilih bisnis apa yang akan anda jalani

Memiliki banyak pilihan akan membingungkan kita. Maksud hati ingin membuka startup ecommerce, tapi melihat bisnis jasa perhotelan lebih prospektif.

Ingin terjun pada bisnis otomotif, tapi ternyata terapat banyak persaingan. Anda tertarik pada bidang bisnis tekonologi, tetapi anda juga ragu.

Anda berifikir pula bagaimana apabila berbisnis dibidang kuliner atau katering sepertinya cocok karena anda memiliki keahlian memasak. Tapi banyak lagi keraguan-keraguan yang menyelimuti anda.

Tenang saja, anda tidak perlu terlalu memusingkan terkait apakah jenis usaha apa yang sekiranya mungkin cocok dengan anda. Anda dapat menggunakan pendekatan dibawah ini:

  • Bidang usaha apa yang paling menarik minat anda?
  • Jenis usaha apa yang paling anda kuasai
  • Jenis bisnis apakah yang sekiranya memiliki prospek jangka panjangnya baik?
  • Berapa budget modal yang bisa anda dapatkan?
  • Dimanakah anda bisa menjalankan bisnis anda tersebut?
  • Cara memerangi kemalasan

Malas adalah satu kata yang membuat Indonesia mengalami keterlambatan untuk maju.

Apabia sudah membicarakan tentang rasa malas, bahkan dokter terhebat didunia pun akan mengalami kesusahan untuk menyembuhkannya.

Tetapi meskipun begitu anda tidak perlu merasa terlalu kawatir. maka akan dibantu tentang cara mengatasi rasa malas tersebut guna meraih kesuksesan terutama dalam hal ini adalah pada bidang bisnis.

Anda tidak perlu menghilangkan kebiasaan malas anda, tetapi dalam hal ini pada konteks yang berbeda. yakni dengan:

  • Malas berada pada kemiskinan terus menerus
  • Malas direndahkan oleh wanita incaran dikarenakan mengapel hanya dengan berjalan kaki
  • Malas untuk mempermalukan keluarga
  • Malas setiap hari kerjaannya hanya tidur sangat membosankan
  • Malas melihat para pengangguran yang tidak mempunyai pekerjaan
  • Malas menunggu kebijakan pemerintah guna memberantas kemiskinan untuk rakyat
  • Malas menjadi seorang  bawahan bagi orang lain

Jenis kemalasan semacam itulah yang dibutuhkan oleh seorang pebisnis. Jika sudah begini, anda tau kan bahwa malas tidak hanya tentang hal yang buruk?

Apabila anda bisa mengatasi kemalasan, maka anda akan memperoleh kesuksesan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian ya!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!