4 Macam Alternatif Pinjaman Untuk Modal Usaha Selain Produk KUR

Solusi alternatif pinjaman modal usaha kecil

Sebuah produk pinjaman yang amat terkenal dimasyarakat yakni Kredit Usaha Rakyat atau biasa disingkat KUR, untuk menyediakan pinjaman bagi mereka yang butuh dana untuk usaha makro mereka.

Meskipun demikian sebenarnya banyak sekali alternatif pinjaman yang bisa digunakan, ketimbang merasa bingung harus mencari dana kemana setelah ditolak KUR.

Terkadang kita ada dimana disituasi ketika persyaratan kita tidak mencukupi untuk meminjam dana pada Kredit Usaha Rakyat, padahal masih ada jenis pinjaman lain.

Solusi pinjaman dana untuk kebutuhan modal usaha selain KUR

Ada setidaknya 4 jenis pinjaman yang dapat anda pilih guna memodali usaha anda. Berikut ulasannya:

#1 Kredit UMi (Kredit Ultra Mikro)

Pinjaman uang Mandiri Kredit Mikro

Jenis pinjaman yang pertama yang dapat anda pinjam selain KUR adalah Kredit UMi yang merupakan akronim dari Kredit ultra mikro.

Sesuai dengan nama dari kredit ini, kredit ini diperuntukkan kepada para wirausaha yang sangat kecil. Bagi pengusaha yang belum bisa masuk dalam lingkup KUR dikarenakan masih kecilnya usaha atau belum memenuhi persyaratan, dapat meminjam pada jenis kredit ini.

Ada yang unik dari konsep peminjaman kredit Umi ini, yaitu kredit ini tidak hanya menyediakan dana untuk modal para pengusaha kecil saja.

Lebih dari itu, kredit ini juga melatih para pengusaha kecil itu memiliki karakter wirausaha. Bagaimanakah caranya?

Caranya yaitu para debitur kredit Umi akan mendapatkan pelatihan yang telah disiapkan oleh pemerintah. Tentu saja pelatihan tersebut mencakup cara menjadi pengusaha yang baik serta cara mengelola usahanya dengan benar.

Untuk pengajuan pinjaman ini dapat dilakukan pada lembaga keuangan non bank seperti:

  • PT Bahana Arta Ventura
  • PT Pegadaian
  • PT Permodalan Nasional Madani

Untuk Plafon jenis kredit ini adalah maksimal sebanyak 10 juta. Mengapa jumlah limit pinjaman sangat sedikit? tentu saja sejalan dengan judul kredit ini bahwa kredit ini ditunjukkan pada pengusaha kecil yang mana artinya dana yang dibutuhkan untuk modal kecil juga.

Untuk bunga yang dibebankan pada pinjaman ini berkisar dua hingga empat persen setiap tahunnya.

Bagaimana dengan tenor nya? tenor maksimal untuk kredit ini adalah paling lama selama 4 tahun atau 48 bulan.

Pinjaman ini bersifat tanpa agunan, tetapi khusus apabila anda mengajukan pada pegadaian anda wajib menyertakan BPKB sebagai jaminan.

#2 Koperasi

Cara mengajukan pinjaman uang atau dana tunai koperasi

Apa yang anda fikirkan apabila mendengar bahwa anda dapat meminjam dana dikoperasi? mungkin beberapa dari anda berfikir bahwa meminjam di koperasi telah ketinggalan zaman.

Sebenarnya meminjam dana dikoperasi amat menguntungkan, sesuai dengan prinsipnya yakni menyejahterakan anggotanya.

Untuk jenis koperasi pun sangat beragam. Salah satu jenis koperasi yang terkenal yakni koperasi simpan pinjam. Setidaknya ada beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan apabila meminjam dana untuk modal usaha di koperasi.

Kelebihan atau keuntungannya antara lain:

  • Dari segi bunga, besaran bunga yang dibebankan tidak jauh berbeda dari bunga yang ditawarkan oleh KUR
  • Syarat yang ditawarkan juga tergolong mudah dan ringan
  • Terdapat SHU atau Sisa Hasil Usaha yang dibagikan setiap tahunnya

Sesuai dengan prinsipnya yang menyejahterakan anggotanya, maka anda perlu menjadi anggota terlebih dahulu untuk meminjam dana pada koperasi.

Setelah anda menjadi anggota, anda juga wajib membayar iuran rutin. Jangan khawatir apabila anda belum menjadi anggota dan membutuhkan dana secara cepat, karena beberapa koperasi sudah dapat meminjamkan dana pada hari anda pertama menjadi anggota koperasi.

#3 Kupedes BRI

Jenis Produk Kredit Pinjaman Dari Bank BRI 2017

Selanjutnya adalah pinjaman yang merupakan produk dari Bank Rakyat Indonesia bernama kupedes yang merupakan singkatan dari kredit usaha pedesaan.

Meskipun namanya demikian, peminjam bukanlah terbatas bagi para pengusaha yang berasal dari desa. Pada dasarnya produk dari BRI ini serupa dengan KUR yang disediakan oleh pemerintah.

Untuk besaran maksimal yang dapat dipinjam hingga 100 juta dengan tenor hingga 10 tahun lamanya.

Ada yang unik dari pinjaman Kupedes BRI ini. Pinjaman ini tidak hanya diperuntukkan pada usaha kecil, tetapi juga untuk keperluan konsumtif, tetapi dengan catatan orang tersebut memang memiliki usaha.

Apa kelebihan dari pinjaman ini? Kelebihan-kelebihannya antara lain:

  • Bebas biaya provisi
  • Bebas biaya konsultasi bisnis
  • Bebas biaya asuransi
  • Cicilan yang dibayarkan lebih ringan
  • Biaya administrasi yang murah, hanya 10 ribu rupiah
  • Terdapat fasilitas asuransi kesehatan, kecelakaan, serta meninggal dunia
  • Para debitur cukup mendatangi kantor Unit BRI/ EDC BRI untuk membayar cicilan

Untuk bunga yang dibebankan pada pinjaman ini tergantung dari besarnya dana yang anda pinjam. Selama ini tidak ada aturan yang baku terkait penetapan bunga. Untuk mengetahui besaran bunga, anda dapat bertanya pada tim pemasaran Kupedes BRI.

Simak juga ulasan terkait mengenai Aneka macam produk pinjaman dari bank BRI untuk usaha kecil serta artikel menarik lainnya tentang tabel pinjaman dan cicilan kredit dari bank BRI.

#4 Peer to Peer Lending

Investasi Online P2P Lending

Ini merupakan sebuah situs marketplace dimana ia menjadi wadah bertemunya peminjam dan penyedia dana pinjaman.

Peer to peer lending atau biasa disebut p2p lending ini menyediakan pinjaman kepada mereka yang belum memenuhi syarat kredit KUR dengan bunga yang beragam.

Untuk besaran pinjaman, dapat hingga 200 juta. Juga yang perlu diketahui, pinjaman pada p2p lending ini tanpa jaminan apapun.

Kalaupun terdapat jaminan, jaminan itu berupa invoice financing. Yang perlu anda ketahui, situs ini adalah situs rintisan.

Maka apabila anda ingin meminjam disini, pilihlah p2p lending yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Anda harus berhati-hati daripada menyesal dikemudian hari dikarenakan tertipu.

Itulah beberapa jenis pinjaman selain KUR tentunya yang dapat anda pinjam. Anda dapat memilih pinjaman manapun yang sesuai dengan kebutuhan anda. Pertimbangkanlah dengan matang dan pilihlah dengan bijak!

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!