Pengertian Bisnis Startup yang Ada di Indonesia Beserta Contoh dan Ciri-cirinya

Pengertian, Ciri-ciri, serta Contoh dari Bisnis Startup yang Ada di Indonesia

Berbicara tentang serba-serbi bisnis dan ekonomi memang tidak ada habisnya. Bagaimana tidak, karena dengan adanya ekonomi segala kehidupan dimasyarakat dapat terpenuhi.

Begitu pula dengan dunia ekonomi, bisnis seakan merupakan nadir dari ekonomi karena dari situlah kegiatan ekonomi kemudian berjalan.

Dalam dunia ekonomi serta bisnis, ada istilah baru yang banyak orang awam belum banyak mengerti.

Bisnis itu adalah bisnis startup. Bisnis startup akhir-akhir ini menjadi sangat populer dan banyak diminati oleh masyarakat, tak terkecuali masyarakat Indonesia.

Tersebutlah 4 startup besar yang ada di Indonesia yang bahkan level perusahaanya sudah mencapai level unicorn.

Tokopedia, Bukalapak, Go-Jek, dan Traveloka disebut-sebut sebagai startup di Indonesia yang sudah mencapai level unicorn. Perusahaan yang sudah mencapai level ini artinya nilai perusahaannya mencapai lebih dari satu milliar dollar!

Lalu sebenarnya apa definisi dari bisnis startup itu sendiri?

Startup merupakan kata dari bahasa inggris yang artinya adalah pemula, baru.

Dalam hal ini artinya suatu bisnis startup adalah bisnis yang tergolong baru dan belum pernah ada sebelumnya. Dan startup ini memang erat kaitannya dengan teknologi.

Setelah mengetahui pengertian dari bisnis startup, lalu apakah anda tahu apa saja ciri dari perusahaan startup tersebut? Setidaknya ada beberapa ciri-ciri antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Suatu perusahaan yang lama pengoperasiannya tidak lebih lama dari tiga tahun
  2. Saat awal pembentukan, jumlah karyawan tidak lebih dari 20 orang
  3. Memiliki model bisnis yang dapat berubah-ubah, hal ini menyesuaikan dengan kondisi pasar
  4. Tergolong baru dan belum pernah ada sebelumnya
  5. Biasanya erat kaitannya dengan teknologi

Itulah beberapa ciri-ciri dari bisnis startup. Lalu, apa sajakah contoh lain dari bisnis startup di Indonesia selain 4 yang telah disebutkan diatas?

6 Contoh bisnis StartUp yang sudah lama ada di Indonesia

Sebenarnya sangat banyak sekali, hanya saja belum terlalu terkenal atau belum diblow up ke media. Beberapa contoh lain bisnis startup yang ada di Indonesia antara lain adalah sebagai berikut:

#1 Karapan

Karapan merupakan sebuah aplikasi yang mana disana menjual produk perternakan.

Karapan telah bermitra dengan setidaknya 200 peternak sapi, dan juga ia telah menjalin kerjasama dengan Pusat Pelatihan Pertanian serta Pedesaan Swadaya untuk memberikan pelatihan terkait pemotongan daging sesuai dengan standar ASUH (Aman, Sehat, Utuh, dan Halal).

#2 Garda Pangan

Komunitas yang sekaligus startup ini digagas oleh Dedhy pada April 2017 di Surabaya.

Garda Pangan akan memantau ketersediaan pasokan melalui aplikasi yang berbasis website, yang mana dapat diakses secara realtime. Yang perlu anda ketahui adalah, Garda Pangan bahkan masuk nominasi 20 besar startup terbaik di ASEAN young sociopreneur program. Membanggakan sekali, kan?

#3 Pijar

Merupakan sebuah aplikasi situs online yang menjadi perantara antara psikolog dengan orang yang ingin berkonsultasi. Tujuan dari startup ini adalah Indonesia lebih sadar kesehatan mental dan mengatasinya.

Simak juga info menarik tentang Cara menghasilkan uang dari bisnis online serta ulasan terkait mengenai Cara memulai bisnis online tanpa modal untuk pemula

#4 Bahaso

Merupakan situs untuk belajar bahasa asing secara online. Pada Bahaso terdapat sistem kurikulum yang didasarkan pada level tertentu yang disediakan yakni beginner, elementary, serta intermediate.

Pendirinya mengatakan bahwa belajar harusnya dapat dilakukan dimana saja dan tak melulu harus melalui kursus secara langsung. Bahaso juga memenangkan penghargaan sebagai Best Social Impact dan Best Sustainable.

#5 Ruang Guru

Anda pasti tidak asing, bukan? Dengan situs yang satu ini? Situs yang terkenal dikalangan siswa sebagai media atau platform untuk belajar online ini telah dijadikan mitra untuk mengerjakan try out serta uji coba yang diwajibkan oleh pemerintah daerah setempat.

Setidaknya, ruang guru telah menjalin mitra dengan 80 ribu guru yang tersebar diseluruh provinsi di Indonesia.

#6 SHUSI

Apakah ini makanan yang berasal dari jepang tersebut? Hmm.. bukan. Tetapi mungkin masih ada hubungannya dengan makanan yang dibalut rumput laut tersebut.

Ya, Shusi adalah suatu sistem trading rumput laut sebagai jawaban atas keresahan yang dirasakan Muhammad Azhari, atas rendahnya jumlah petani petani rumput laut.

Founder dari startup ini menargetkan akan menguasai setidaknya sepuluh persen dari pangsa pasar rumput laut yang mencapai 64 juta dollar.

Itulah pengertian dari bisnis startup, ciri-cirinya, beserta contoh bisnis startup yang bagus di Indonesia.

Bagaimana? Apakah anda juga telah memiliki ide startup anda? Apabila iya, segeralah lakukan! Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Salam sukses!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!