Pilih Tabungan Pendidikan Anak Yang Bagus: BCA, BNI, Mandiri, CIMB Niaga

Memilih tabungan pendidikan anak yang terbaik dari bank

Tabungan pendidikan anak yang bagus di antara beberapa bank seperti BCA, BNI, Mandiri, CIMB Niaga merupakan yang telah banyak dipilih oleh masyarakat untuk menyiapkan dana anggaran biaya pendidikan masa depan anak-anak mereka.

Prinsip untuk memilih mana bank yang terbaik ini yaitu anda harus dapat menyesuaikan kebutuhan dan jangan sampai mudah terlena atau tergiur dengan penawaran yang sebenarnya tidak anda butuhkan.

Didalam mempersiapkan dana untuk kepentingan pendidikan buah hati, tabungan pendidikan masih menjadi pilihan yang terkenal. Survey 2012 yang dilakukan oleh kompas menunjukkan bahwa hampir 90% responden memilih tabungan pendidikan sebagai wadah mempersiapkan biaya untuk anaknya.

Pada akhir 2012 juga terdapat survey yang dilakukan oleh majalah Swa yang mana ia menemukan bahwa mayoritas pemilik tabungan rencana untuk persiapan biaya sekolah ialah mereka masyarakat kalangan menengah.

Maka berdasarkan fakta tersebut tidak heran jika bank berlomba untuk memberi penawaran yang menarik terkait biaya pendidikan untuk masa depan.

Survey tentang produk tabungan pendidikan anak yang terbaik dari perbankan

Berikut ini adalah beberapa produk keuangan yang di tujukan untuk mempersiapkan biaya pendidikan sekolah anak yang disediakan oleh bank bank besar di Indonesia sebagai sumber referensi.

#1 Tabungan Rencana Bank Mandiri

Tabungan pendidikan bank mandiri

Produk yang dikeluarkan oleh bank Mandiri ini bisa anda temukan disetiap cabang bank Mandiri seluruh kota di Indonesia.

Untuk setoran awal yang harus di persiapkan cukup terjangkau yakni sebesar Rp 100 ribu saja dan anda diwajibkan memiliki tabungan mandiri.

Tabungan rencana ini memiliki jangka waktu minimal selama 1 tahun. Apabila anda tidak melakukan setoran dalam tiga bulan berturut-turut maka tabungan secara otomatis akan ditutup dan uang akan dicairkan pada rekening sebelumnya.

Untuk ketentuan bunganya ialah SBMT (Suku Bunga Mandiri Tabungan Tertinggi) ditambah persentasi tertentu sesuai dengan masa kontrak tabungan rencana tersebut.

Penggunaan SBMT ini menunjukkan komitmen pihak Mandiri dimana ia memberikan bunga tertinggi kepada tabungan rencana dibandingkan produk perbankan Mandiri yang lain. Bunga yang diterapkan yakni suku bunga mengambang, yang artinya bisa berubah sewaktu-waktu.

Untuk penarikan dana baru diperbolehkan dalam kurun waktu satu tahun dengan batasan sebanyak 30%. Apabila dana diambil diatas prosentase tersebut, dianggap berhenti.

Diberikan juga perlindungan asuransi bank Mandiri gratis tanpa pemeriksaan kesehatan serta pertanggungan maksimum dari setoran sebesar lima juta.

Sebagai contoh, apabila nasabah setiap bulannya setor sebanyak 6 juta, maka yang dapat perlindungan hanya sampai 5 juta saja, sisa 1 jutanya bukan tanggungan dari pihak asuransi.

Untuk pembayaran asuransi ditawarkan dua pilihan yakni pertama setoran dilanjutkan oleh asuransi hingga masa jatuh tempo. Yang selanjutnya, sisa setoran jatuh tempo dibayarkan di awal atau lump sun yang dihitung menggunakan NPV.

Keunggulan: Tabungan rencana mandiri ini keunggulannya ialah ia menerapkan denda paling kecil dalam hal penarikan dana. Lalu pertanggungan asuransi bisa dibayarkan dimuka ataupun saat jatuh tempo.

Kelemahan: Bunga yang ditawarkan bisa dikatakan yang paling rendah, serta bunga yang diterapkan floating sehingga bisa berubah setiap saat.

#2 Tabungan CIMB Niaga

Suku Bunga Deposito Bank CIMB Niaga

Ada dua jenis tabungan pendidikan yang ditawarkan oleh Bank CIMB Niaga yakni Reguler dan X-tra dimana kedua duanya memiliki fitur yang amat berbeda.

Tabungan Pendidikan Reguler

Minimal setorannya perbulan adalah sebesar 100 ribu. Tetapi untuk tabungan jenis ini ia mewajibkan setoran awal 10x lipat dari setoran perbulan.

Dalam hal ini apabila setoran yang harus dibayarkan tiap bulan sebsar 100 ribu berarti setoran awalnya ialah Rp 1.000.000.

Untuk masa kontrak tidak ada batasan minimum tetapi untuk kontrak dibawah dua tahun menggunakan bunga mengambang dan diatas dua tahun baru menggunakan suku bunga tetap.

Bunga yang ditawarkan juga menarik, bahkan CIMB Niaga mengklaim bahwa bunganya ialah yang paling besar dibandingan tabungan pendidikan dari bank lain.

Untuk penarikan dana ia juga cukup mudah bisa ditarik tanpa batasan tertentu hanya saja ada ketentuan pinalti yang didapatkan cukup besar.

Tabungan Pendidikan X-Tra

Perbedaan antara produk reguler dengan X-Tra terletak pada pertanggungan asuransi. Pada produk yang satu ini premi tetaplah tanpa biaya, tetapi jumlah pertanggungjawaban asuransi tidak dibatasi. Selain itu terdapat pertanggung jawaban tambahan yakni 5x setoran bulanan disaat jatuh tempo.

Beberapa persyaratan dan ketentuan lainnya yakni:

  • Minimal masa kontrak 5 tahun lamanya
  • Nasabah wajib lolos pemeriksaan kesehatan
  • Bunga yang ada relatif rendah
  • Setoran awal minimal 10 juta dengan setoran bulanan minimal 1 juta

#3 Tabungan Pendidikan BNI

Tabungan pendidikan paling bagus dari bank BNI

Produk Tabungan BNI ini disebut Tapenas atau Tabungan Perencanaan Masa Depan dengan setoran bulanannya minimal sebesar 100 ribu dan tanpa harus melakukan setoran awal.

Jangka waktu kontrak yang dapat dipilih nasabah ialah minimal 2 tahun hingga 18 tahun.  Apabila dalam kurun waktu 3 bulan tidak melakukan setoran maka otomatis rekening ini akan ditutup dan uang akan dicairkan kedalam rekening awal.

Untuk Tapenas ini terdapat ketentuan tidak diperbolehkan menarik dana sebelum masa kontrak berakhir dan jika sekali terjadi penarikan dana maka tapenas akan ditutup dengan disertai denda sebesar 1% pada saldo akhir.

Produk ini menyediakan asuransi gratis tanpa adanya pemeriksaan kesehatan. Pertanggungannya adalah melanjutkan setoran awal hingga akhir periode dengan maksimal pertanggungjawaban sampai sebesar 1,5 miliar.

Apabila nasabah meninggal dunia akibat kecelakaan, tabungan ditanggung sejak awal setoran. Apabila meninggal akibat selain kecelakaan maka harus menunggu setelah 6 bulan pembukaan Tapenas.

Keunggulan: Bunga tabungan yang ditawarkan lumayan besar meskipun menerapkan suku bunga mengambang. Untuk nilai pertanggungjawaban asuransi dilihat dari total tabungan bukan setoran.

Kelemahan: Penarikan dana akan mengakibatkan rekening langsung ditutup dan asuransi meninggal karena sakit akan terkena masa tunggu selama 6 bulan.

Mengapa Tabungan Pendidikan ini Begitu Terkenal?

Meskipun pada kenyataannya tabungan pendidikan tidak memberikan keuntungan yang optimal, namun program keuangan ini masih menjadi prioritas orang tua dalam memilih produk bank untuk mempersiapkan biaya sekolah anaknya.

Banyak sekali alasan mendasar mengapa produk tabungan ini banyak dipilih diantaranya ialah beberapa poin sebagai berikut:

#1 Prosesnya yang mudah dan nyaman

Cukup dengan mendatangi bank pilihan anda kemudian berhadapan dengan customer service lalu anda sudah bisa membuka rekening dan sudah dapat mulai menabung.

Semua proses tersebut dapat selesai dalam sekali waktu dengan tempo proses yang juga cepat. Untuk setoran, ia menerapkan fasilitas auto debit dimana nasabah tidak perlu pergi ke cabang bank ketika ingin menyetorkan tabungan.

Hanya dengan menyediakan dana baik melalui transfer maupun menyetorkan secara tunai kepada teller, ataupun menghubungkan terhadap rekening biasa yang memungkinkan bank setiap bulannya memotong uang dengan nominal tertentu yang secara otomatis masuk kepada rekening tabungan pendidikan.

Proses ini tentu saja berbeda dengan kerumitan instrumen investasi yang lainnya seperti contohnya investasi emas maupun investasi reksadana.

#2 Tabungan ialah produk perbankan yang sudah sangat umum

Sejak dahulu kita sudah mengenal produk tabungan seperti Tabanas dan Tapenas.  Tabungan juga alat keuangan yang sangat mudah dikenali oleh anak anak, berbeda dengan produk perbankan lain yang baru dikenali setelah mulai dewasa.

Dikarenakan telah umum dimasyarakat, maka tak heran apabila mereka lebih percaya dan merasa aman untuk menempatkan uangnya pada produk tabungan bank meskipun sebenarnya banyak wadah untuk investasi lainnya seperti saham ataupun investasi jangka pendek yang lebih menguntungkan.

#3 Tabungan pendidikan mengajarkan disiplin menabung

Semuanya pasti tahu bahwa menabung itu kebiasaan penting demi masa depan, tetapi tak bisa dipungkiri dalam pelaksanaannya memang cukup sulit.

Hal ini disebabkan biasanya karena keinginan menabung terkalahkan oleh hasrat ingin menghabiskan dan menghambur hamburkan uang.

Dengan adanya tabungan pendidikan mereka seolah dipaksakan untuk menabung karena setiap periode tertentu nasabah harus menyetorkan sejumlah uang yang telah ditetapkan diawal, apabila itu tidak dilaksanakan pihak bank akan memberikan hukuman dengan denda.

Sehingga mau tidak mau nasabah seolah dipaksa agar disiplin dalam menabung. Sifat memaksa inilah yang hanya ada pada Tabungan pendidikan dan tidak ada pada instrumen investasi yang lainnya.

Simak juga ulasan terkait mengenai cara credas supaya dapat mulai menabung sedini mungkin serta artikel menarik lainnya tentang alasan kenapa seorang perempuan harus bisa menabung lebih banyak.

#4 Menawarkan bunga yang menarik

Tentu saja ini menarik perhatian karena seperti yang kita ketahui bahwa kenyataannya setiap tahun biaya pendidikan selalu semakin naik. Bank melihat hal ini dan tentu saja menyadarinya.

Maka dari itu prosentase bunga untuk Tabungan Pendidikan lebih tinggi untuk menarik minat para orang tua membuka rekening Tabungan Pendidikan.

Sebelum itu alangkah baiknya kita memahami apa saja yang menjadikan sebuah tabungan pendidikan itu baik.  Tentu saja dalam menentukan kriteria setiap individu akan berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Anda harus memastikan bahwa tabungan yang anda pilih menawarkan suku bunga yang menarik. Tetapi kembali lagi bahwa anda tidak seharusnya terkecoh dengan hanya memperhatikan besaran suku bunga yang ditawarkan.

Masih banyak aspek lain yang juga harus anda perhatikan yakni apakah tingkat bunga tersebut patuh pada batasan suku bunga masimal dari LPS?  Mengapa hal ini perlu? Karena apabila suku bunga melebihi ambang batas LPS artinya tabungan anda tidak ada penjaminnya. Apabila tibatiba bank tempat anda menyimpang uang bangkrut,  tabungan anda berada posisi tidak aman.

#5 Proteksi asuransi jiwa

Mengapa perlu proteksi asuransi jiwa? Apabila pihak yang mempunyai tabungan pendidikan ini meninggal, dana tabungan tersebut tetaplah aman.

Pihak yang tertanggung juga tidak terganggu masa depan pendidikannya. Simak juga ulasan selengkapnya tentang manfaat dan pentingnya mempersiapkan asuransi juga dana pensiun serta artikel menarik lainnya mengenai aneka macam produk asuransi yang anda di Indonesia.

Demikian tadi ulasan singkat mengenai tabungan pendidikan semoga memberikan anda pencerahan dan sumber referensi dalam menentukan produk tabungan pendidikan dari bank mana yang paling bagus dan tepat untuk anak anda.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!