Advertisement

Cara Cerdas Supaya Dapat Memulai Menabung Sedini Mungkin

mulai menabung dengan mudah

Ingin belajar berhemat dan mulai menabung kadang masih cukup sulit untuk dilakukan bagi beberapa orang dan pada akhirnya tujuan menyisihkan uang menjadi selalu tertunda.

Banyak sekali alasan orang untuk tidak menabung yang kebanyakan karena uang masih belum ada sisa atau karena masih ada kebutuhan lain yang harus dipenuhi.

Padahal dengan cara menabung ini setiap orang tentunya tahu bahwa menyimpan uang adalah salah satu langkah untuk bisa berinvestasi demi masa depan.

Dari sebuah survey mengungkapkan bahwa ada satu dari 10 orang yang sangat sulit mengendalikan kebiasaan belanja mereka, dan hal ini tentu akan memicu kemungkinan bahwa mereka menjadi sulit mulai menabung bahkan akan lebih sering berutang.

Kiat mulai menabung dengan mudah serta manfaatnya

Apabila anda sudah memiliki tekad untuk mulai menabung, maka inilah yang perlu segera dilakukan dengan cerdas:

#1 Menyingkirkan utang

Perlu anda ketahui bahwa tidak semua utang itu akan berdampak buruk. Memperoleh pinjaman dana akan memungkinkan anda untuk bisa memenuhi kebutuhan yang lebih besar, seperti membeli rumah secara kredit.

Namun tentunya anda harus sanggup menyisihkan uang setiap bulan agar dapat membayar cicilan. Disisi lain, rumah merupakan salah satu investasi yang sangat menguntungkan.

Dengan demikian agar anda bisa mulai menabung maka jangan pernah melakukan utang untuk mendapatkan sesuatu yang memang tidak perlu atau dapat berakibat merugikan.

#2 Mulailah dari yang kecil

Belajar menabung sedini mungkin akan lebih terasa mudah dengan cara menyisihkan uang secara teratur meskipun nilainya kecil.

Hal ini dapat anda lakukan setiap hari ataupun setiap bulan, yang pasti kiat untuk memulai menabung sudah berhasil anda lakukan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa mengucapkan jauh lebih mudah daripada melakukannya, akan tetapi sebaiknya anda tetap memperhatikan kebutuhan pokok terlebih dahulu sebelum mengalokasikan dana tabungan.

#3 Menyisihkan uang sebelum membelanjakan

Gaya hidup adalah sesuatu yang seringkali membuat seseorang lupa tentang pentingnya menabung sehingga selalu menyesal ketika sudah merasa dalam kesulitan.

Idealnya apabila anda ingin mengeluarkan uang untuk kebutuhan berbelanja, maka buatlah tabungan yang memiliki periode penarikan tunai sesuai kebutuhan.

Mungkin lebih baik anda membuka tabungan yang tidak dipungut biaya administrasi bulanan dan tidak perlu menggunakan kartu debit.

Dengan cara ini anda dapat mengatur keluar-masuk keuangan pribadi sesuai dengan yang dibutuhkan.

#4 Pahami fungsi tabungan bagi anda

Menyimpan uang (menabung) sebenarnya merupakan sebuah investasi pada diri sendiri yang sama halnya anda sedang membayar sejumlah uang untuk kebutuhan anda yang akan datang.

Jangan lupa simak ulasan terkait tentang perbedaan deposito dengan tabungan biasa serta artikel menaik lainnya mengenai perbedaan tabungan britama dengan simpedes BRI.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!