Advertisement

Manfaat dan Pentingnya Mempersiapkan Asuransi Juga Dana Pensiun

Pentingnya dana pensiun dan asuransi

Perlindungan terhadap adanya faktor resiko yang kapanpun terjadi menimpa seseorang sangatlah diperlukan agar tidak merugikan bagi yang sedang mengalami. Asuransi inilah yang menjadi sarana mengalihkan resiko dari satu pihak ke pihak lain dalam hal ini kepada perusahaan asuransi. Tidak hanya perlindungan kesehatan maupun jiwa, saat ini juga tersedia perlindungan bagi dana pensiun.

“Asuransi atau pertanggungan adalah suatu perjanjian dengan mana seorang penanggung mengikatkan diri kepada seorang tertanggung, dengan menerima suatu premi, untuk penggantian kepadanya karena suatu kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan yang mungkin akan dideritanya karena suatu peristiwa yang tidak tentu” menurut isi dari KUHD pasal 246.

Mengapa asuransi untuk dana pensiun itu penting?

Seperti tujuan dari sebuah asuransi pada umumnya, asuransi ini akan melindungi anda dari segi ekonomi yaitu pengeluaran tak terduga yang bahkan bisa terjadi ketika tidak lagi bekerja atau masuk dalam masa pensiun anda.

Apa saja alasan, manfaat, serta kelebihan dari asuransi jenis ini sehingga dirasa sangatlah penting bagi perlindungan finansial anda? Berikut penjelasan yang kami berikan sehingga anda bisa mulai mempertimbangkan untuk segera mendaftarkan diri sebagai nasabah asuransi.

Simak ulasan terkait mengenai aneka macam produk asuransi yang ada di Indonesia serta artikel menarik lainnya tentang tips memilih produk asuransi yang tepat untuk keluarga.

Berikut alasan kenapa asuransi dan dana pensiun itu sangat perlu:

  • Anda tidak lagi bekerja ketika memasuki masa pensiun yang berkisar di usia 55 tahun. Itu artinya anda tidak memiliki pemasukan.
  • Tidak memiliki pemasukan bukan berarti anda harus menutup pengeluaran. Hal tersebut adalah hal yang tidak mungkin. Cara satu satunya adalah memiliki investasi.
  • Tabungan anda bukanlah sesuatu yang bisa selalu diandalkan. Jika anda tidak memilliki asset lain ketika dibutuhkan untuk pembiayaan yang cukup besar, maka sejalannya waktu akan semakin menipis jumlah saldo di tabungan yang dimilki.
  • Semakin bertambah usia anda, beberapa kebutuhan seperti kebutuhan untuk kesehatan akan semakin meningkat. Itu berarti biaya kebutuhan anda juga akan membesar dan perlu diimbangi dengan pemasukan.
  • Anda tidak bisa lagi untuk bekerja untuk terus mendapatkan pendapatan. Usia anda telah melewati masa produktif sehingga anda semestinya sudah mulai untuk menikmati masa istirahat anda bersama keluarga.
  • Jika anda suatu ketika mengalami sakit atau kecelakaan yang menyebabkan anda tidak bisa menghasilkan pendapatan lagi, berarti tulang punggung pencari nafkah harus dibebankan kepada pasangan untuk bisa tetap bertahan hidup.

Nah, setelah kita mengetahui alasan yang mendasari begitu pentingnya kita harus memiliki baik oleh pekerja, wiraswasta maupun orang yang bergolongan usia produktif, kami juga akan memamparkan berbagai manfaat yang bisa anda dapatkan melalui asuransi dana pensiun, meliputi :

Manfaat asuransi dana pensiun:

  1. Investasi dana yang aman dan menguntungkan
  2. Tabungan tetap terjaga
  3. Hari tua terjamin kebutuhannya
  4. Tak perlu khawatir akan pengeluaran tiba-tiba yang besar
  5. Bisa dialokasikan untuk jenis asuransi lain seperti asuransi kesehatan dan mendapatkan manfaat tambahan lainnya
  6. Tetap memberi nafkah pada keluarga meskipun tidak lagi bekerja
  7. Menggapai impian anda yang belum tercapai seperti naik haji
  8. Sebagai warisan atau membeli warisan yang akan ditinggalkan untuk anak atau keluarga yang ditinggalkan kelak

Melihat berbagai manfaat dari dana asuransi diatas, siapa yang tidak mengira bahwa asuransi yang sebaiknya dipersiapkan di usia sejak dini ketika sudah mulai bekerja atau mulai usia produktif ini akan memberi begitu banyak manfaat sehingga jelas bahwa asuransi dana pensiun sangat penting untuk dimiliki terutama untuk karyawan yang bekerja dan memiliki pasangan serta anak.

Persoalan yang bisa timbul akibat tidak memiliki asuransi dan dana pensiun

  1. Anda harus benar-benar menagtur serta mengelola dengan baik pengeluaran anda agar tabungan tidak habis
  2. Anda harus memiliki investasi lain agar anda dapat memenuhi kebutuhan anda
  3. Jika kedua hal diatas masih saja tidak dapat memenuhi kebutuhan anda, anda terpaksa untuk mencari pekerjaan di usia pensiun anda.

Jangan lupa baca juga artikel menarik tentang alasan kenapa seorang wanita harus menabung lebih banyak serta ulasan terkait mengenai cara cerdas supaya dapat menabung sedini mungkin.

Untuk menghindari permasalahan diatas itulah mengapa asuransi serta dana pensiun itu penting untuk dimiliki sebelum mulai memasuki usia pensiun.

Sama halnya dengan menabung, asuransi dana pensiun memungkinkan anda untuk mempersiapkan tabungan di hari tua anda namun dengan cara yang berbeda dan hasil yang berbeda dibandingkan dengan menabung. Karena itulah asuransi dana pensiun juga sering disebut sebagai investasi jangka panjang yang wajib untuk anda miliki.

Dan saat ini perusahaan asuransi telah berdiri di Indonesia dengan berbagai produk dana pensiun yang ditawarkan dengan masing-masing keunggulan serta manfaat tambahannya yang bisa anda cari melalui situs di internet maupun mendatangi langsung perusahaan asuransi manakah yang anda ingin bergabung. Selamat berasuransi.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!