Bank Mandiri Syariah: Berikut Ini Fitur Unggulan dan Beberapa Kekuranggannya

Kelebihan dan kekurangan bank mandiri syariah

Tahukah anda bahwa Indonesia saat ini sedang melakukan sosialisasi terkait penerapan ekonomi yang berbasis syariah. Hal ini terbukti dari semakin banyaknya bank bank syariah di Indonesia, salah satu contohnya adalah Bank Syariah Mandiri.

Dari namanya saja sudah terlihat, bahwa bank ini merupakan anak perusahaan dari Bank Mandiri. Sehingga saat ini masyarakat semakin banyak memiliki pilihan lembaga keuangan, dan bahkan di manapun anda sudah bisa menjumpainya.

Jadi jika ingin membuka rekening tabungan ataupun berinvestasi tidak perlu pergi jauh jauh lagi, karena setiap daerah pasti sudah ada kantor cabangnya.

Bank syariah ini memiliki sistem yang sedikit berbeda dengan bank konvensional pada umumnya. Produk produk dalam bank syariah menerapkan akad akad yang yang ada dalam sistem muamalah.

Seperti halnya tidak adanya sistem bunga di dalamnya dan sebagai gantinya dikenal dengan istilah bagi hasil (profit sharing). Penentuan pembagian keuntungan ini bukan ditetapkan oleh bank dalam bentuk nominal melainkan berupa proporsi presentase yang harus disepakati oleh pihak nasabah dan bank.

Nah, sekarang anda tahukan bagaimana system dasar dari perbankan syariah. Artikel berikut ini akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan dari bank syariah.

Kelebihan menabung di Bank Syariah Mandiri

#1 Pelayanan terbaik menyapa nasabah dengan salam yang ramah

Jika anda merupakan salah satu nasabah dari bank syariah ini mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan sistem pelayanan yang diberikan.

Mungkin hal ini terlihat biasa saja, namun pihak bank sangat mementingkan kualitas pelayanan terhadap nasabahnya, karena kepuasan dari nasabah merupakan salah satu tujuan dari bank ini.

Dengan memberikan pelayanan yang super ramah kepada nasabah seperti mengucapkan salam kepada mereka tentunya nasabah akan merasa sangat nyaman ketika sedang bertransaksi. Mereka akan sangat diperhatikan dan dilayani sepenuh hati oleh mereka.

Pada akhirnya feedback yang didapatkan pun juga akan positif. Pada umumnya pelayanan itu merupakan cerminan dari kondisi suatu perusahaan, begitu pula dalam bank. Perlakuan yang sopan dan baik dari para teller dan customer service akan memberikah kesan tersendiri bagi nasabah.

#2 Memiliki mesin ATM paling aman jarang error

Ketika sedang di ATM mungkin anda pernah mengalami gangguan saat bertransaksi seperti halnya sistem yang error bahkan uang tidak keluar saat menarik dana di ATM.

Hal ini tentunya akan membuat anda merasa kurang nyaman sehingga akhirnya menimbulkan kekesalan. Namun beda halnya dengan ATM Bank Mandiri Syariah, sistemnya sangat jarang sekali  mengalami gangguan dan yang paling penting keamanannya sangat terjamin. Sehingga nasabah akan merasa lebih nyaman ketika bertransaksi.

Baca juga artikel terkait tentang cara mengatasi masalah kartu ATM tidak terbaca serta ulasan menarik lainnya mengenai solusi saat lupa nomor PIN ATM.

#3 Jumlah besarnya saldo mengendap lebih kecil

Bank Mandiri sendiri telah memberikan ketetapan mengenai batas minimal saldo yang harus ada yakni Rp 100.000. Angka ini untuk sebagian orang mungkin masih terbilang masih terlalu besar.

Namun beda halnya dengan yang ada di Bank Mandiri Syariah, ketetapan besarnya jumlah saldo minimum mengendap dalam rekening jauh lebih kecil yakni hanya sebesar Rp 50.000. Jadi anda tidak perlu khawatir untuk membuka tabungan di sana.

#4 Mudah digunakan untuk transaksi wired transfer luar negeri

Di bank bank konvensional telah tersedia fitur untuk  melakukan bisnis internasional, begitu pula dengan yang ada di Bank Mandiri Syariah.

Sekarang nasabah sudah tidak perlu khawatir lagi untuk melakukan transaksi internasional, mereka bisa mengirim atau pun menerima uang melalui Wired Transfer.

Layanan yang diberikan oleh Bank Mandiri Syariah terbilang cukup baik dan sangat jarang terjadi kesalahan dalam sistemnya sehingga sangat aman. Apalagi biaya transfer antar rekening yang dikenakan pun terbilang relative kecil.

Kekurangan rekening tabungan Bank Mandiri Syariah

#1 Potongan sebesar Rp 500, untuk cek saldo via mobile

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh Bank Mandiri Syariah adalah adanya potongan biaya dalam pengecekan saldo lewat handphone.

Kegiatan ini memang seringkali dilakukan oleh orang orang yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya sehingga tidak sempat ke ATM. Terbilang masih wajar nominalnya.

Baca juga artikel tentang rekening tabungan tanpa potongan biaya administrasi dan ulasan terkait mengenai tips mulai belajar menabung dengan lebih mudah.

#2 Jumlah mesin ATM yang masih terbatas

Mungkin ketika jalan jalan anda sudah seringkali menemui ATM Bank Mandiri, sehingga bagi nasabahnya mereka tidak perlu khawatir jika sewaktu waktu tidak membawa uang cash.

Namun beda halnya dengan Bank Mandiri Syariah yang ketersediaan ATM nya masih terbilang cukup sulit ditemukan.

Karena jumlahnya yang tidak begitu banyak dan setiap daerah pun belum tentu ada. Jadi kalaupun ingin melakukan penarikan anda harus datang ke kantor cabangnya. Atau sebaiknya sediakanlah uang tunai jika anda bepergian.

#3 Dikenakan pootongan saat transfer ke bank Mandiri umum

Ketika melakukan transfer di bank konvensional pastinya anda akan dikenakan potongan biaya, hal ini pun juga berlaku di Bank Mandiri Syariah. Namun anda tidak perlu risau karena nominalnya tidak begitu besar dan masih bisa ditolerir.

Itu tadi sederet kelebihan dan kekurangan dari Bank Mandiri Syariah. Sebagai salah satu bank yang cukup besar di Indonesia ada baiknya jika semua fasilitasnya diperbaiki untuk memberikan kenyamanan yang berlebih bagi nasabahnya.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!