Advertisement

5 Pertimbangan Yang Harus Di Perhatikan Sebelum Mengajukan Pinjaman Bank

Pertimbangan sebelum mengajukan pinjaman uang pada bank

Setelah memahami beberapa hal tentang keuntungan dan resiko meminjam uang pada bank, maka alangkah baiknya jika anda juga dapat mengetahui hal hal apa saja yang semestinya menjadi perhatian.

Dibalik kemudahan mengajukan pinjaman pada bank atau lembaga keuangan lainnya, harusnya semua orang bisa lebih bijak lagi dalam pengelolaan dana yang sudah mereka terima.

Saat ini memang begitu banyak jenis produk keuangan yang gencar di promosikan baik secara terang terangan oleh pihak bank maupun melalui iklan online, berikut ini ialah 5 hal yang perlu menjadi bahan pertimbangan sebelum anda memutuskan untuk mengajukan kredit atau pinjaman.

  • Tujuan meminjam harus jelas

Uang yang akan anda pinjam sebaiknya tidak untuk memuaskan kebutuhan pribadi seperti untuk pesta, berlibur atapun membeli barang-barang mewah sebagai bagian dari gaya hidup saja.

Pinjaman usahakan harus memiliki prioritas seperti untuk biaya pendidikan anak, modal usaha, kredit kendaraan untuk menunjang aktifitas sehari-hari ketika bekerja dan lain sebagainya.

  • Sumber penghasilan tetap dan jelas

Anda adalah seorang karyawan tetap dari sebuah perusahaan dan mampu menyisihkan sebagain uang untuk membayar cicilan adalah poin yang paling mendukung untuk mendaftarkan diri mengajukan pinjaman.

Jika belum memiliki pekerjaan yang jelas dan masih harus menunggu datangnya pesanan, sebaiknya jangan mengambil fasilitas pinjaman ke bank. Karena dikhawatirkan suatu saat anda tidak akan mampu untuk melunasi hutang anda.

  • Pilih jangka waktu yang sesuai dengan kemampuan

Apabila anda mampu untuk melunasi dalam jangka waktu pendek sebaiknya jangan mengambil tenor yang lebih lama.

Semakin lama jangka waktu yang diambil untuk melunasi utang makan beban bunga yang diberikan pun juga semakin tinggi. Jika bisa yang cepat mengapa harus yang lama?

  • Jumlah pinjaman harus tepat

Besar pinjaman yang anda ajukan sebaiknya jangan melebihi kemampuan anda melunasi, sesuaikan dengan cicilan berdasar penghasilan yang anda peroleh serta pemenuhan kebutuhan yang lain tetap bisa terjaga.

  • Cermati produk pinjaman yang anda pilih

Anda harus jeli dalam memilih bank yang menyediakan fasilitas peminjaman uang, pahami besar bunga yang diberikan, tenor waktu dan jenis produk yang akan anda ambil.

Seperti pada jenis pinjaman uang online, maka dari perusahaan fintech tersebut biasanya anda akan mendapatkan fasilitas alat perbandingan yang akan memudahkan anda menemukan beragam produk keuangan yang sesuai dengan kebutuhan mulai dari asuransi, kredit kendaraan,  KPR bahkan produk kartu kredit.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!