Ingin Melamar Part Time Menjadi SPG? Pelajari Dahulu Syarat2 Menjadi SPG yang Baik

Kerja Part Time Menjadi SPG

Sebelum melamar pekerjaan, memang sudah seharusnya anda melihat syarat-syarat lainnya yang harus dipenuhi agar anda dapat diterima. Apapun pekerjaan itu, biasanya memiliki persyaratan atau spesifikasi khusus baik syarat tersebut langsung disebutkan ataupun tidak secara langsung tertulis.

Apakah anda kebetulan ingin melamar pekerjaan sebagai SPG? Sales Promotion Girl atau kerap disingkat dan disebut SPG adalah orang yang pekerjaannya adalah mempromosikan suatu produk dan menjualnya langsung kepada pelanggan.

Pekerjaan ini biasanya didominasi oleh kaum hawa yang masih muda dan tak jarang diisi oleh mahasiswi yang membutuhkan tambahan uang jajan.

Sebelum anda akhirnya memutuskan melamar pekerjaan, alangkah baiknya anda menyimak terlebih dahulu apa saja syarat-syarat yang harus dipenuhi apabila anda ingin melamar pekerjaan sebagai SPG. Syarat-syaratnya antara lain adalah sebagai berikut:

#1 Berpenampilan Menarik dan Proporsional

Cara bergabung dengan waralaba indomaret
Berpenampilan Menarik

Sebagai Sales Promotion Girl (SPG), anda haruslah memiliki penampilan yang menarik dan juga memiliki tubuh yang proporsional.

Mengapa demikian? karena seorang SPG adalah orang yang berhadapan langsung dengan calon pelanggan dan juga harus membuat calon pelanggan tersebut tertarik dengan produk yang ia tawarkan.

Biasanya, perusahaan yang terkenal mencari karakteristik SPG yang memiliki wajah indo atau bule atau oriental. Tetapi perusahaan juga banyak yang menerima SPG selama memiliki wajah yang sedap dipandang atau cantik.

Selain itu, seorang SPG haruslah seseorang yang memiliki berat badan yang proporsional dengan tinggi badanya.

Biasanya, minimal tinggi badan untuk seorang  SPG adalah 160cm tetapi hal tersebut tergantung dengan yang diminta oleh perusahaan sehingga tidak ada patokan tertentu terkait tinggi badan.

Nantinya ketika sudah diterima menjadi PSG maka higheels tinggi, makeup, dan pakaian fit body akan menjadi makanan sehari-hari ketika bertugas menjadi seorang PSG.

#2 Sifat yang Ramah

Tugas pokok seorang skretaris sekolah, osis, karang taruna, dan organisasi
Bersifat Ramah

Seorang Salem Promotion Girl atau SPG haruslah memiliki sifat yang ramah. Mengapa demikian? karena penampilan saja tidak cukup untuk menjadi SPG yang baik apabila tidak diimbangi dengan menjadi seorang SPG yang ramah.

Para calon pelanggan tentu tidak akan tertarik untuk memperhatikan produk atau bahkan sampai melakukan pembelian apabila Sales yang mempromosikan produknya cemberut, cuek, ketus, dan menunjukkan ketidaktertarikan untuk berbincang-bincang.

Maka dari itu, seorang SPG harus memiliki sifat ramah yang mana mampu berinteraksi dengan baik dengan para calon pelanggan, mampu menyapa dengan ramah, mampu menunjukkan muka yang ceria dan terbuka untuk diajak berbincang-bincang serta mampu menempatkan diri sesuai dengan karakteristik pelanggan.

#3 Memiliki pengetahuan Tentang Produk dengan Baik

Menawarkan produk pada konsumen
Menjelaskan Produk

SPG harus memiliki pengetahuan tentang produk dengan baik. Jangan sampai ketika calon pelanggan menanyakan detail terkait produk, SPG tersebut tidak mengetahui apa-apa.

Ketika anda akan melamar pekerjaan menjadi SPG, anda harus mempersiapkan diri tentang pengetahuan dasar anda terkait perusahaan ataupun produk yang ada.

Misalnya, anda harus memahami bergerak dibidang apakah perusahaan tersebut, produk-produk apa saja yang ditawarkan, dan apa fungsi dari produk tersebut.

Pengetahuan dasar yang anda ketahui akan menjadi nilai plus karena hal tersebut menunjukkan keseriusan anda dalam melamat pekerjaan.

Untuk semua detail produk anda akan mendapatkannya nanti ketika anda telah diterima pada perusahaan tempat anda melamar menjadi SPG tersebut.

Yang jelas, memiliki pengetahuan dan mampu menyampaikan pengetahuan tentang produk dengan baik adalah aspek yang dibutuhkan apabila anda ingin menjadi seorang SPG.

Simak juga info tentang keahlian dan kompetensi yang harus dimiliki seorang customer service serta ulasan terkait mengenai kelebihan dan kekurangan bekerja di BUMN

#4 Mampu Bersikap Profesional

Anda pasti tahu kabar yang simpang siur tentang SPG yang kadang dinilai buruk.

Sebenarnya, itu adalah hal yang dilakukan hanya oleh para oknum. Maka dari itu, anda harus mampu bersikap profesional didalam bekerja.

Anda harus mampu dan kuat untuk menjaga diri dari godaan godaan yang terkadang dilontarkan para calon pelanggan yang tidak bertanggung jawab.

Jangan sampai anda sebagai SPG akhirnya melakukan tindakan asusila dan mencederai profesi anda sebagai SPG.

Meskipun SPG identik dengan penampilan yang cantik dan menarik, bukan berarti seorang SPG harus melakukan sesuatu yang melanggar norma.

Itulah syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh seorang SPG. Bagi anda yang ingin melamar menjadi SPG, apakah anda telah memenuhi syarat tersebut? Semoga artikel ini bermanfaat dan anda diterima menjadi Sales Promotion Girl di perusahaan yang anda inginkan!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!