Kompetensi Keahlian yang Harus di Miliki oleh Customer Service

Kompetensi keahlian menjadi customer service

Anda tentu sering menemui seorang Customer Service. Anda menemukan dimana-mana. Baik di sebuah Bank, Perusahaan, dan dimanapun yang menuntut pelayanan kepada pelanggan. Apa tugas dari Customer Service (CS) tersebut?

Secara sederhana tentu saja untuk melakukan pelayanan kepada pelanggan seperti menyampaikan informasi, menjawab pertanyaan, serta memberi jawaban atas keluhan yang diajukan oleh pelanggan.

Tentu menjadi seorang CS membutuhkan kompetensi yang baik. Lalu apa saja kompetensi atau kualitas yang harus dimiliki oleh seorang Customer Service?

Apakah anda mungkin kebetulan ingin apply pekerjaan menjadi seorang Customer Service? Berikut adalah ulasannya!

#1 Mengetahui Produk dengan Baik

Hal pertama yang harus dimiliki oleh seorang Customer Service adalah kemampuannya untuk memahami serta mengetahui produk perusahaannya dengan baik.

Mengapa demikian? karena ia bertugas sebagai representatif dan juga perwakilan tempat perusahaan ia bekerja. Hal-hal seperti fitur yang dimiliki oleh produk, cara kerja, jenis-jenis, spesifikasi, serta cara perawatannya harus diketahui dengan jelas.

Sebagai contoh, misalnya anda merupakan seorang Customer Service dari salah satu provider.

Maka ia harus paham betul terkait misalnya paket data yang ditawarkan, jenis jenisnya, cara kerja dari paket data, pulsa, serta jenis jenis layanan yang ada pada provider tersebut. Tanpa mengetahui produk dengan baik, otomatis ia gagal pula menjadi seorang Customer Service.

#2 Menjunjung Tinggi Etika Kerja

Menerapkan etika bisnis tanggung jawab sosial
Menerapkan etika bisnis

Seorang Customer Service akan dihadapkan dengan banyaknya pelanggan terkait pertanyaan-pertanyaan dan juga keluhan-keluhan. Maka penting dari itu untuk seorang Customer Service untuk tetap menjunjung tinggi etika kerja yang ada.

Etika kerja tersebut yakni antara lain mengedepankan sikap profesionalisme yang didalamnya terkait kehati-hatian serta ketelitian dalam bekerja.

Jangan sampai seorang Customer Service salah memberikan informasi terkait apa yang ditanyakan oleh konsumen.

#3 Memiliki kecakapan berkomunikasi

Tentu hal ini mutlak harus dimiliki oleh seorang Customer Service. Bagaimana mungkin seorang Customer Service misalnya tidak pandai berkomunikasi serta gagap atau mungkin canggung dalam berkomunikasi?

Tentu hal tersebut akan membuat konsumen mempertanyakan kredibilitas perusahaan, mengingat bahwa CS disini sebagai perwakilan dari perusahaan.

Memiliki kepandaian dalam berkomunikasi bisa diasah dengan cara sering berinteraksi dengan orang lain.

Berkomunikasi yang baik juga membuat percakapan dan komunikasi yang terjalin antara CS dengan konsumen menjadi efektif sehingga pesan yang disampaikan dapat tersampaikan dengan baik.

#4 Positif

Cara belajar berpikir positif
Belajar berpikir positif

Bagaimanakah perasaan anda apabila mendapati seorang Customer Service yang ketus terhadap anda? tentu anda akan merasa kesal. Itu merupakan contoh seorang CS yang tidak baik, yakni tidak menerapkan sikap positif.

Seorang Customer Service harusnya memiliki sikap positif selalu apalagi ketika menghadapi pelanggan atau konsumen.

Tidak ada yang mengatakan bahwa menjadi seorang Customer Service itu mudah karena nantinya anda akan dihadapkan dengan berbagai macam pelanggan yang mungkin bisa membuat anda juga sebal, mengingat bahwa andapun juga manusia yang bisa memiliki rasa kesal kepada yang manusia lain.

Disinilah seni anda sebagai seorang Customer Service diuji. Anda harus pandai mengelola emosi dan juga tetap bersikap positif bagaimanapun keadaannya.

Simak juga ulasan menarik tentang cara belajar berpikir positif serta artikel terkait mengenai kebiasaan buruk penyebab seseorang sulit berkembang.

#5 Percaya Diri

Membangun mental meningkatkan percaya diri
Membangun mental percaya diri

Sifat yang seharusnya dimiliki oleh seorang Customer Service selanjutnya adalah rasa percaya diri.

Percaya diri dapat tergambarkan melalui gesture, cara berbicara, dan juga ekspresi yang ditampilkan.

Memiliki rasa percaya diri tentu menambah kepercayaan konsumen terhadap perusahaan yang sedang kita presentasikan.

Anda harus membangun rasa percaya diri anda kepada konsumen agar anda menjadi seorang Customer Service yang baik.

#6 Memotivasi diri dan Tetap Menjadi Orang Yang Menyenangkan

Anda harus terus menerus memotivasi diri anda agar selalu siap dan menjadi orang yang menyenangkan dalam menghadapi konsumen.

Tentu kita senang ketika berbicara dengan orang yang memiliki raut wajah bahagia dan menyenangkan ketimbang dengan yang cemberut ketika berbicara dengan kita.

Salah satu kata-kata yang bisa memotivasi anda yakni, bahwa kebahagiaan itu sifatnya menular. Maka anda sebaiknya memotivasi diri anda untuk hal ini.

#7 Memahami Psikologis Pelanggan Anda

Anda pasti tahu bahwa anda akan bertemu dengan berbagai macam jenis pelanggan yang menghampiri anda untuk bertanya atau menyampaikan keluhan, Maka anda perlu memahami psikologis pelanggan anda karena hal ini akan sangat membantu anda menjadi seorang Customer Service yang baik.

Mengetahui psikologis pelanggan akan memberikan nilai lebih kepada pelanggan. Mengetahui psikologis pelanggan artinya anda dapat memperlakukan mereka sesuai dengan treat mereka masing-masing. Misalnya, ada pelanggan yang suka dipuji, ada pelanggan yang ingin mendapat rasa hormat dan diperlakukan lebih hormat, dan sebagainya.

Itulah beberapa kompetensi atau kualifikasi yang harus dimiliki apabila anda adalah seorang Customer Service atau mungkin anda berniat melamar pekerjaan menjadi seorang Customer Service.

Intinya adalah, seorang CS adalah perwakilan atau representatif suatu perusahaan yang mana harus memahami produk yang dimiliki perusahaan serta menjawab dan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan. Sekian artikel singkat ini semoga memberi manfaat!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!