5 Langkah Strategi Promosi Untuk Meningkatkan Brand Awareness

Strategi mengembangkan dan membangun brand awareness

Meningkatkan brand awareness sebuah produk maupun jasa tidaklah suatu pekerjaan yang mudah. Walaupun anda memiliki budget yang cukup memadai untuk mempromosikan produk anda secara berbayar, apabila ternyata cara promosi yang anda lakukan salah yang mana justru membuat brand anda memburuk yang akhirnya mempengaruhi penjualan atau closing produk anda.

Maka dari itu, agar terhindar dari hal tersebut dan juga memaksimalkan dana yang di punya, maka anda sebaiknya mengikuti langkah-langkah dibawah ini untuk meningkatkan kesadaran brand produk anda.

Pentingnya sebuah brand bagi produk anda

Ada sebuah kutipan dari Jeff Bezos yang berbunyi, “A brand for a company is like a reputation for a person . You earn reputation by trying to do hard things well” yang artinya adalah sebuah brand untuk perusahaan adalah seperti reputasi seseorang, anda mendapatkan reputasi dengan cara mencoba melakukan hal yang sulit dengan baik.

Sebuah brand tidak mencapai kesuksesan reputasinya dalam hanya sehari. Merek yang dipunyai oleh sebuah perusahaan tidak akan memiliki jaringan penggemar yang besar tanpa adanya kerja keras.

Maka dari itu, anda harus sadar akan brand atau dalam istilah bahasa inggrisnya adalah brand awarness yang mana sangatlah penting.

Tanpa anda miliki sebuah kesadaran ini, maka merek yang telah tersematkan pada produk atau jasa anda hanyalah berakhir menjadi sebuah ikon, logo, atau bahkan hanya barisan font saja.

Brand awareness dari merek akan membuat produk ataupun jasa anda lebih disadari keberadaannya oleh publik.

Ada sebuah contoh sederhana yang amat mudah untuk diamati, apa yang terlintas dibenak anda ketika melihat logo ataupun tulisan Aqua? anda pasti langsung paham bahwa itu merupakan sebuah produk air mineral kemasan.

Contoh lain yang dapat diambil adalah ketika anda melihat sebuah logo huruf M berwarna merah,anda pasti langsung paham bahwa logo tersebut adalah logo dari sebuah restoran cepat saji yang terkenal.

Dua contoh yang telah disebutkan tadi telah memberikan kita sebuah gambaran yang jelas bahwa brand awarness tidak dapat disepelakan dan harus segera dilaksanakan.

Selain hal tersebut, yang perlu anda sadari bahwa brand merupakan aset intelektual dari sebuah company. Supaya anda memiliki aset yang besar nilainya, maka anda perlu meningkatkan kesadarannya.

Langkah-langkah guna meningkatkan brand-awarness

#1 Melakukan promosi secara offline

Dalam melakukan promosi offline, dapat ditempuh dengan beberapa cara. Yang pertama, anda dapat mencetak selebaran yang nantinya bagikan langsung kepada masyarakat.

Atau, anda juga bisa menambahkannya dengan memasang spanduk yang berisi tentang produk anda serta logonya, dan yang terakhir yang dapat anda lakukan adalah memasang baliho besar ditempat-tempat yang sekiranya strategis.

Kenyataannya selama ini promosi offline dianggap tidak memberikan dampak yang signifikan, apalagi dengan kehadiran sosial media yang kian membooming.

Tetapi yang jelas, promosi secara offline ini pasti akan dibaca berulang kali oleh para pengguna jalan yang melewati baliho tersebut berkali-kali.

Secara tidak langsung, mereka otomatis akan membaca dan kemudian membuat penasaran dengan brand yang tengah anda promosikan.

Hal yang perlu anda ketahui tentang promosi secara offline ini adalah tentunya dalam pelaksanaannya membutuhkan banyak budget. Tetapi, guna meningkatkan kesadaran brand secara instan, maka promosi ini layak untuk dilakukan.

Simak juga ulasan terkait mengenai perbedaan identitas produk dan brand menurut para ahli serta artikel menarik lainnya tentang cara mendaftarkan merek dagang ke HKI.

#2 Promosi secara online

Mempromosikan brand anda secara online dapat dilakukan melalui web, blog, sosial media, atau dengan platform lainnya, Anda bahkan dapat melakukan paid promote atau pos promo yang sedang diadakan untuk meningkatkan brand awareness.

Apabila ternyata promosi online diatas tidak memberikan dampak yang signifikan, anda dapat melakukan promosi berbayar (yang biasanya dapat dilakukan kerjasama dengan platform tersebut).

Dengan menggunakan promosi secara berbayar, maka platform sosial media tersebut akan menampilkan iklan yang mana tepat sasaran dengan target yang diinginkan.

Singkatnya, dengan iklan berbayar ini anda dapat mengatur kepada siapa iklan ini akan dimunculkan sehingga penjualan yang anda harapkan dapat terjadi cukup besar.

#3 Menggunakan bahasa yang menarik

Sejatinya, apapun bentuk promosi anda baik offline maupun online tidak akan memberikan manfaat apabila bahasa copy atau bahasa iklan anda kurang tepat.

Sesungguhnya calon konsumen mau untuk melihat, membaca, kemudian akhirnya memutuskan untuk membeli itu dikarenakan terpancing oleh iklan yang perusahaan anda buat.

Maka dari itu, apabila bahasa copy atau bahasa iklannya tidak menarik dan terkesan abal-abal, maka besar kemungkinan aset anda ini dapat tercoreng.

#4 Menyediakan konten yang menarik

Guna meningkatkan brand awarness tidak hanya dapat dilakukan dengan secara lantang mengatakan”Beli produk ini segera sebelum kehabisan” Tetapi anda juga dapat melakukan dengan cara softsell yang mana akhirnya mendatangkan banyak warganet yang kemudian melihat dan penasaran dengan konten yang anda posting.

Anda perlu membuat konten menarik yang ada pada post blog yang menyediakan informasi-informasi yang penting dan menarik.

Selain menyediakan konten yang berupa tulisan, anda juga dapat menyediakan konten yang bentuknya adalah infografik yang menarik untuk para pengguna sosial media yang kurang suka dalam hal membaca.

Jangan lupa untuk menambahkan pengetahuan terkait brand pada tengah ataupun akhir konten tanpa membuat para pembaca merasa diarahkan untuk membeli.

#5 Melakukan kerjasama dengan Influencer

Fakta bahwa tidak semua warganet mudah untuk dipengaruhi dalam rangka menyadari brand anda. Tetapi, anda tidak perlu khawatir karena anda dapat menyiasatinya dengan cara bekerjasama dengan influencer atau buzzer yang banyak dikenal oleh masyarakat luas.

Nantinya para influencer dan buzzer ini akan membuat video, konten, tulisan atau tweet yang ada kaitannya dengan brand anda guna mempromosikan produk anda tentunya.

Kerjasama semacam ini akan menguntungkan dua pihak, buzzer menjadi memiliki tambahan portofolio dan brand anda akan semakin baik dan dikenal.

Itulah beberapa langkah yang dapat anda lakukan guna meningkatkan kesadaran brand anda. Cara-cara tersebut dapat anda kembangkan dengan segala jenis inovasi supaya produk anda terus up-to-date dan senantiasa mengikuti perkembangan zaman, Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda!

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!