Ingin Bekerja di BUMN? Simak dulu Kelemahan dan Kelebihannya!

Kelebihan dan kekurangan kerja di BUMN

Berbicara tentang pilihan pekerjaan selepas lulus memang selalu menjadi topik yang hangat untuk dibicarakan.

Bagaimana tidak? Bahkan saat baru masuk bangku perkuliahan saja, orang-orang telah sibuk menanyakan, “Oh kalo dijurusan A kerjanya jadi apa?” “Loh, jurusan B kan susah cari kerjanya” dan slentingan-slentingan lainnya.

Menurut pengamatan penulis, jenis pekerjaan terumum yang menjadi minat para mahasiswa atau fresh graduate antara lain adalah menjadi pengusaha, PNS, bekerja di BUMN, dan bekerja di perusahaan multinasional.

Pada artikel ini kita akan membahas salah satu dari jenis pekerjaan yang menjadi minat dan impian para fresh gradute yang satu ini, yakni bekerja di BUMN.

BUMN merupakan singkatan dari Badan Usaha Milik Negara, yakni suatu usaha yang saham atau modal terbesarnya menjadi milik negara yang tujuannya adalah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai sektor.

Banyak sekali contoh BUMN yang diminati oleh para fresh graduate dari berbagai jurusan. Beberapa contoh BUMN yang banyak peminat pelamar pekerjanya antara lain:

  1. PT. Pertamina, yang merupakan BUMN bergerak dibidang bahan bakar
  2. PT. Pindad, yakni BUMN yang bergerak dibidang persenjataan. Letaknya terdapat di Turen, Kabupaten Malang.
  3. PT. Balai Pustaka, yang bergerak dibidang percetakan.
  4. PT. PLN (Perusahaan Listrik Negara)
  5. PT. Kimia Farma
  6. PT. Adhi Karya Tbk
  7. Perum Pegadaian
  8. Perum Peruri
  9. Perum Bulog
  10. Perum Damri
  11. Perum Jasatirta
  12. Dan lain sebagainya

Contoh-contoh diatas tentu sangat familiar diantara kita semua karena memang BUMN memenuhi sebagian banyak kebutuhan masyarakat Indonesia.

Lantas, mengapa banyak fresh graduate yang sangat memimpikan bekerja di BUMN? Tentu itu karena kelebihan dan keuntungan yang menyertainya.

6 Keunggulan jika bekerja pada Badan Usaha Milik Negara

Apabila anda masih bingung akan bekerja kemana setelah lulus kuliah atau mungkin ingin mengetahui kelebihan apabila anda bekerja di BUMN, berikut dituliskan beberapa kelebihannya!

1. Jenjang karir

Jenis jenis sekretaris berdasarkan ruang lingkup dan spesialisasi

Salah satu kualitas atau kelebihan yang didapatkan apabila anda menjadi pegawai BUMN adalah adanya jenjang karir.

Selain gaji yang juga cukup tinggi, menjadi pegawai BUMN memungkinkan anda merintis karir anda.

Posisi atau jabatan yang anda miliki tentu berbanding lurus dengan gaji yang anda dapatkan. Dengan bekerja di BUMN, anda bisa meniti karir anda perlahan menuju atas sehingga gaji anda pun akan semakin meningkat.

Hal ini berbeda apabila anda bekerja pada perusahaan yang non-BUMN. Biasanya, untuk promosi jabatan sangat sulit didapatkan dan terkadang hampir mustahil.

Apabila anda hanya seorang pegawai pada bagian pemasaran, maka dapat dipastikan posisi anda akan terus disitu hingga masa pensiun anda. Kabar gembiranya, hal ini tidak berlaku bila anda bekerja di BUMN. Inilah yang dimaksudkan dengan jenjang karir.

Simak juga ulasan terkait mengenai Memilih Tempat Magang Yang Digaji Untuk Memulai Membangun Karir serta info menarik tentang Ingin Karir Cepat Menanjak, 6 Hal Berikut Ini Wajib Untuk Kamu Kuasai

2. Tunjangan

Selain gaji yang cukup memuaskan dan juga kemungkinan karir berjenjang, apabila anda merupakan seorang pegawai BUMN maka anda akan mendapatkan tunjangan yang menggiurkan.

Hal ini bukan berarti apabila anda bekerja diperusahaan lain akan mustahil bagi anda untuk mendapat tunjangan, tetapi di BUMN perkara tunjangan memang lebih teratur dan terprosedur bagi setiap posisi atau jenjang jabatan.

Selain tunjangan tersebut, para pegawai BUMN juga akan mendapatkan tunjangan tambahan apabila melakukan perjalanan keluar kota atau dinas. Ada juga tunjangan yang dinamakan dengan “gaji ke-13” dan juga “gaji ke-14” dengan jumlah yang tidak kalah menjanjikan.

3. Asuransi

Perusahaan Asuransi Terbaik

Apabila anda bekerja di perusahaan BUMN, anda juga diwajibkan mengikuti asuransi.

Asuransi adalah salah satu jenis manajemen resiko bagi anda sehingga anda akan semakin merasa “aman”.

Yang perlu anda ketahui pula, biasanya perusahaan BUMN tidak hanya memberikan asuransi kepada anda selaku pekerja saja, tetapi juga seluruh anggota keluarga anda.

Hal ini dilakukan untuk memberikan anda rasa aman dan nyaman ketika bekerja sehingga anda dapat bekerja secara maksimal.

Baca juga Pilihan Asuransi Pendidikan Anak Terbaik 2019 serta ulasan tekait mengenai Aneka Macam Jenis Produk Asuransi Yang Tersedia di Indonesia

4. Jaminan Hari Tua

Kelebihan lain yang akan anda dapatkan ketika anda bekerja di BUMN adalah adanya jaminan hari tua.

Bekerja di BUMN membuat anda merasa aman tanpa takut perusahaan tempat anda bekerja mengalami kebangkrutan karena modalnya adalah dari negara.

Dengan kata lain. selama negara ini masih berdiri maka perusahaan BUMN pun akan tetap ada.

Ini tentu sangat lain halnya apabila menyangkut tentang perusahaan swasta yang tidak memiliki jaminan kepastian. Perusahaan swasta bisa bangkrut secara tiba-tiba atau mengadakan PHK besar-besaran demi profit yang dihasilkan perusahaannya.

Selain hal tersebut, bekerja di BUMN akan memberikan anda pesangon dan juga tunjangan pensiun saat anda memasuki masa pensiun.

Apa beda dari pesangon dan tunjangan pensiun? pesangon diberikan satu kali dalam seumur hidup dengan jumlah yang lumayan besar.

Sedangkan tunjangan pensiun, akan diteruskan kepada anda secara terus menerus dalam periode tertentu, tetapi jumlahnya relatif kecil.

5. Fasilitas Bantuan Hukum

Fasilitas bantuan hukum diperuntukkan bagi posisi tertentu seperti anggota Direksi, Dewan Komisaris, dan juga Dewan Pengawas BUMN.

Hal ini merujuk pada Surat Edaran Nomor: SE-19/MBU/2008 yang dalam poin pertamanya menyebutkan tentang pemberian fasilitas banyiam hukum kepada anggota Direksi, Dewan Komisaris, dan Dewan Pengawas apabila terjadi tindakan untuk dan atas nama jabatan yang berkaitan dengan perusahaan.

Fasilitas bantuan hukum ini diberikan dengan catatan bahwa yang bersangkutan memang tidak dinyatakan bersalah di pengadilan.

Bila sudah tidak dinyatakan bersalah, segala biaya fasilitas hukum tadi akan dibayarkan oleh perusahaan tersebut.

6. Melanjutkan Studi

Ini merupakan poin menarik berikutnya bagi anda apabila bekerja di BUMN. Anda memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikan anda.

Bahkan pada beberapa perusahaan BUMN mereka menyediakan beasiswa untuk pegawainya melanjutankan studi ke jenjang program S2 dan juga S3.

Itulah beberapa kelebihan yang anda dapatkan apabila anda bekerja di BUMN.

Apakah anda tertarik untuk melamar pada salah satu perusahaan BUMN? Jika iya, persiapkan diri dan persyaratan dengan baik dan jangan lupa untuk selalu memantau rekruitmen yang disediakan oleh perusahan-perusahaan BUMN yang ada di Indonesia.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!