Advertisement

Cara Melatih Diri Berpikir Kreatif dan Inovatif Dalam Kewirausahaan

Berpikir kreatif, inovatif dan analitis dalam wirausaha

Bagaimana cara belajar analitis dan berpikir kreatif, inovatif dalam kewirausahaan yang mana ini bertujuan untuk melatih diri sendiri sehingga menjadi pribadi yang lebih berkualitas?

Apakah kreativitas hanya berada pada bidang yang berhubungan dengan seni? Tentu saja tidak. Harus kita sadari bahwa berbagai kemajuan yang berkembang di era saat ini membuat semua orang harus memiliki kreativitas untuk bisa bersaing dengan yang lain.

Tanpa adanya kreatifitas akan menjadikan sudah untuk maju dan bisnis yang digeluti tidak bisa mencapai hasil yang maksimal.

Bagi anda yang sudah lama berkecimpung dalam dunia bisnis jangan samapai terkalahkan dengan para kaum muda yang saat ini bermunculan menjadi seorang pengusaha sukses yang terbilang kreatif dan unik dalam mendesain usahanya.

Pentingnya memiliki kreatifitas dan inovatif untuk mencapai sukses

Tidak semua orang mampu memiliki pemikiran yang kreatif, nah bagaimana cara agar dapat memunculkan kreatifitas yang berbeda dari orang lain dan tidak monoton.

Hal yang terpenting adalah bebaskan cara berpikir anda selebar-lebarnya jangan pernah menghambat diri untuk bisa berinovasi dan terbelenggu dengan hal yang merupakan rutinitas membosankan.

Cobalah untuk keluar dari zona nyaman agar anda memperoleh tantangan baru dalam berpikir karena ini berkaitan erat dengan tanda tanda seseorang akan sulit kaya jika selalu merasa hidupnya nyaman.

Sebagai contoh sederhana adalah hubungkan dan gabungkan beberapa hal yang berbeda untuk menjadi hal yang baru.

Apakah anda tahu sedotan yang biasa digunakan untuk minum? anda bisa bentuk sedotan tersebut menjadi kumpulan bunga warna warni atau juga dibentuk menjadi boneka plastik berwarna-warni yang lucu. Untuk tambahan aksesorisnya bisa diberikan mata buatan atau benda yang bisa menjadikan menjadi lebih menarik.

Jadi, cobalah untuk mencari hal baru yang bisa anda dapatkan dari penggabungan pengetahuan dan hal-hal lain yang anda miliki. Anda juga bisa belajar dari anak kecil yaitu rasa ingin tahu yang besar dengan mencoba hal-hal yang baru untuk mendapatkan ciptaan yang baru.

Simak juga ulasan terkait mengenai bisnis kreatif yang paling cocok untuk anak muda serta artikel menarik lainnya tentang hal yang menjadikan seseorang sering gagal meraih sukses.

Apakah anda tahu salah satu rahasia perusahaan Apple dalam melakukan pengembangan terhadap produknya?

Perusahaan tersebut tidak seperti perusahaan pada umumnya yag mengharuskan setiap pekerjanya menjalankan setiap visi dan misi yang sudah ditentukan.

Mereka membiarkan para pekerjanya menemukan ide dan mewujudkan setiap ide-ide yang dianggap orang sekitar mustahil.

Dengan membebaskan pikiran anda, akan banyak sekali ide-ide kreatif yang akan muncul. Apapun juga ide yang muncul di benak anda, catatlah dalam note kecil anda dan jangan sampai hilang.

Untuk berkreasi dan mewujudkannya terkadang akan mengalami hasil yang tidak sesuai dengan harapan, janganlah langsung berkecil hati dan jangan bertanya “mengapa”. Gantilah pertanyaan dengan menggunakan kata apa, siapa, bagaimana, dimana dan kapan.

Sebagai contoh apabila anda sudah berkreasi terhadap produk yang anda miliki saat ini kemudian pada saat diperdagangkan ternyata tidak laku sama sekali, anda bisa memikirkan kembali seperti :

  • Apakah yang sebenarnya di inginkan oleh pelanggan
  • Siapa target pemasaran produk anda
  • Bagaimana membuat pelanggan puas terhadap produk dan bisa terjual dengan cepat
  • Dimana tempat yang tepat untuk mempromosikan dan menjual produk
  • Kapan waktu yang tepat untuk memasarkan

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, anda bisa melakukan riset terhadap situasi lingkungan sekitar, hal apa saja yang anda dapatkan sekcil apapun tetap jagan anda lewatkan dan tulis dalam catatan kecil anda.

Dengan begitu anda akan mendapatkan ide yang cemerlang melalui analisa yang anda lakukan seperti yang perah di ulas pada materi contoh analisis SWOT pada perusahaan ASTRA.

Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, ide anda bisa diterapkan terlebih dahulu melalui mendapatkan penilaian dari orang terdekat.

Apabila sebagian besar menyatakan “lampu hijau” berarti ide yang anda tuangkan memang bisa merebut pangsa pasar.

Tetapi apabila ide yang anda tuangkan masih saja mengalami kendala jangan langsung menyerah dan menganggap bahwa ide anda terlalu konyol dan tidak berguna sama sekali.

Mungkin anda bisa sharing kepada oragn terdekat mengenai ide anda untuk bisa mendapatkan saran untuk bisa lebih disempurnakan lagi.

Setiap ide-ide kreatif yang anda keluarkan secara tidak langsung melatih otak dalam berpikir lebih dari batas kewajaran cara berpikir kebanyakan orang.

Selain itu apa yang pernah kita pikirkan saat ini, mungkin suatu saat nanti akan lebih berguna dalam mengembangkan bisnis dan karir anda.

Oleh karena itu, jangan buang ide-ide anda. Setelah beberapa saat, cobalah untuk melihat catatan anda.

Dengan melihat ide-ide lama anda, bisa jadi anda menemukan solusi untuk membuat ide tersebut menjadi nyata atau anda akan menemukan ide kreatif yang baru yang lebih dasyat lagi.

Apabila masih belum dapat menemukan ide anda bisa meluangkan waktu sejenak untuk berlibur dan kemungkinan besar ide akan keluar dengan tidak sengaja.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!