Advertisement

Kiat Sukses Mengembangkan Bisnis dan Usaha Kecil Dengan Langkah Tepat

agar bisa sukses mengembangkan bisnis dan usaha

Ingin sukses dalam mengembangkan usaha dan bisnis kecil dengan menerapkan langkah yang tepat sebaiknya perlu direncanakan secara matang serta konsisten ketika sudah menjalankannya.

Membuka bisnis kecil merupakan perwujudan dari bentuk wirausaha pada skala kecil, dan tidak jarang pula disebut sebagai aktifitas usaha sampingan.

Sesungguhnya tidak salah apabila anda ingin keluar dari pekerjaan utama kemudian fokus ingin mengembangkan usaha sendiri. Akan tetapi jika, masih memungkinkan untuk menjalankan keduanya, maka minimal anda harus memiliki seseorang yang dapat membantu kegiatan anda.

7 Faktor yang akan mendukung anda agar bisa sukses mengembangkan usaha

Semua kesuksesan selalu dimulai dari sebuah niat tekad dan semangat yang harus selalu dibawa sejak awal berusaha. Simak tentang strategi agar anda mampu mengembangkan bisnis dengan tepat:

#1 Fokus, ulet, dan pantang menyerah

Upayakan agar anda fokus menekuni satu bidang terlebih dahulu dan tidak mudah tergiur untuk mencoba beragam jenis usaha hanya karena melihat orang lain sukses.

Semua jenis usaha memerlukan perencanaan yang matang sehingga apabila anda fokus, ulet dan pantang menyerah maka akan menemukan kunci sukses itu sendiri dari bidang yang telah anda pilih.

Bahkan pada langkah awal mengembangkan usaha mungkin anda akan memperbudak diri sendiri sebelum memutuskan untuk mengambil karyawan.

#2 Harus mampu menghargai waktu

Bagi seorang pebisnis bahwa waktu adalah uang memang benar adanya. Gunakan setiap kesempatan untuk terus melakukan usaha secara efektif.

Kehilangan waktu sama artinya anda melepaskan kesempatan untuk mendapatkan uang, maka manajemen waktu yang baik harus mulai anda terapkan jika ingin memiliki usaha yang cepat berkembang.

#3 Pastikan anda mengambil peluang yang sesuai

Menjalankan bisnis wirausaha yang berskala kecil akan lebih baik apabila didasarkan pada bakat yang dimiliki serta hal yang diminati.

Segala pekerjaan jika dijalankan dengan sepenuh hati akan membuahkan hasil yang maksimal.

Peluang usaha juga bisa dilihat berdasarkan hal yang disukai, kemampuan, minat dan bakat, bisa berupa kegemaran, hobi, atau kondisi lingkungan sekitar tempat usaha.

#4 Pengelolaan keuangan

Apapun bentuk aliran dana masuk dan keluar yang berhubungan dengan usaha yang sedang dijalankan sebaiknya selalu masuk dalam catatan.

Disini agar anda mampu membuat pembukuan yang akurat sehingga dimana anda mengelola keuangan pribadi dengan mengelola keuangan usaha dapat berjalan bersama namun tidak dicampur adukkan.

Hal ini juga bertujuan untuk memantau siklus keuangan usaha sehingga akan tahu jelas seberapa besar aset usaha yang dimilikinya, seberapa besar keuntungan, sehingga tahu perkembangan usaha yang didirikannya.

#5 Memberikan pelayanan prima kepada konsumen

Faktor yang dapat mendukung proses mengembangkan usaha dengan lebih tepat selanjutnya adalah bagaimana cara anda melayani konsumen.

Konsumen yang puas dengan pelayanan yang anda berikan sudah mutlak akan membuat usaha lebih cepat berkembang.

Hal ini disebabkan karena konsumen yang diharapkan akan melakukan repeat order, dan pada akhirnya menjadi konsumen setia atas kepuasan pelayanan dan kualitas produk yang anda dijual kepada mereka.

#6 Jangan takut gagal

Siapapun orang yang bisa memulai sebuah bisnis dengan produk yang terbaru maka ia berkesempatan untuk dapat menjadi trendsetter bagi pesaing yang baru saja muncul.

Untuk itu usahakan dapat menciptakan kreatifitas dengan brand baru anda dan pada umumnya setiap produk baru belum tentu dapat diterima dengan baik oleh konsumen.

Maka disaat awal perjuangan jangan mudah menyerah dan takut gagal. Ambil pelajaran berharga dari kegagalan anda untuk evaluasi menuju sesuatu yang lebih sempurna.

#7 Penguasaan dan pengembangan kemampuan

Mengembangkan bisnis memang perlu waktu yang panjang seiring dengan penguasaan dan pengembangan kemampuan bidang yang anda pilih.

Dengan demikian jangan pernah terlalu berambisi ingin mencapai sukses dengan waktu yang instan.

Apapun alasannya penguasaan yang baik akan menjadikan anda semakin matang dalam menghadapi segala medan kedepannya, sehingga upaya mengembangkan usaha anda dapat berjalan sesuai dengan rencana.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!