Advertisement

Tips Melatih Mental Menumbuhkan dan Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Membangun mental meningkatkan percaya diri

Meningkatkan percaya diri dan melatih mental untuk menumbuhkan karakter yang kuat pada seseorang memang perlu di tempa sejak awal karena ini akan sangat berguna dalam aktifitas kehidupan kedepannya.

Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan rasa percaya tinggi sebagai salah satu cara menghadapi tantangan hidup sehari-hari dalam waktu panjang. Namun, terkadang kita juga memerlukan cara meningkatkan rasa percaya diri dalam waktu singkat.

Membaca buku mengenai kepercayaan diri atau bahkan menghubungi mentor pada saat berjalan menuju sebuah pertemuan penting merupakan hal yang tidak mungkin bisa dilakukan pada menit terakhir sebelum sampai di tempat tujuan.

9 Tips meningkatkan rasa percaya diri dengan cara paling mudah

Dari contoh kecil di atas, saya mencoba berbagi tips yang dapat anda gunakan untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam waktu singkat dan mudah dilakukan.

Di sadur dari sumber artikel: http://www.tipspengembangandiri.com/cara-meningkatkan-percaya-diri/

#1 Selalu mengingat Tuhan Yang Maha Esa setiap waktu

Tak bisa dipungkiri, masalah demi masalah datang silih berganti di kehidupan kita serasa tidak pernah habis. Cobaan tersebut sering membuat kita menjadi putus asa dan kehilangan rasa percaya diri dalam menjalaninya. Sehingga cara yang paling mudah agar kita tidak terlalu lama larut dalam masa tersebut adalah ingatlah Sang Pencipta kita yang telah memberikan kita kehidupan dengan selalu berdoa dan beribadah.

Dengan melakukan hal tersebut yang seharusnya sudah menjadi kebutuhan pokok rohani kita, anda akan menjadi orang yang lebih yakin dan optimis dapat menjalani dan menyelesaikan semua perkara kehidupan dengan mudah. Karena kita diberikan kekuatan dan kedamaian dalam hati serta pikiran.

Maka dari itu, jika anda merasa tidak atau kurang memiliki rasa percaya diri ingatlah akan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa.

#2 Perhatikan penampilan juga sangat penting

Terkadang rasa kurang percaya diri bisa disebabkan karena kurangnya penampilan, oleh karena itu perlu adanya perbaikan penampilan diri yang lebih rapi, bersih dan harum.

Misalnya jika pria  hendak bertemu wanita yang perlu dilakukan tata rambut agar terlihat rapi. Jika tipe rambut susah untuk ditata bisa menggunakan jelly atau minyak rambut dengan bau yang tidak menyengat dan penggunaan secukupnya.

Tidak hanya berhenti di rambut. tubuh juga perlu Anda perhatikan dengan menggunakan lotion, deodoran atau parfum. Selain itu, gunakan juga baju yang rapi yang sudah diseterika dan pakai ikat pinggang agar celana tidak kedodoran.

#3 Menghapus semua pikiran negatif dari diri

Kurang percaya diri bisa juga disebabkan oleh pikiran negative yang muncul. Beberapa di antaranya yang mungkin Anda miliki seperti :

  • Merasa diri tidak berharga dan berguna
  • Takut ditolak
  • Takut salah dengan apa yang akan dilakukan
  • Takut direndahkan atau diremehkan
  • Merasa diri lebih rendah
  • Merasa akan ditertawakan ketika melakukan sesuatu

Mulai saat ini anda harus stop pikiran negatif karena akan memenjarakan Anda dalam krisis kepercayaan diri. Solusinya dengan mengafirmasi, yaitu mengubah pikiran negatif menjadi pikiran positif atau sesuatu yang Anda inginkan.

Contoh afirmasi untuk contoh pikiran-pikiran negatif di atas adalah:

  • Saya adalah orang berharga karena diciptakan oleh Tuhan YME
  • Penolakan adalah hal wajar terjadi sehingga saya harus tetap mencobanya
  • Kesalahan adalah tanda orang sedang belajar untuk menuju pribadi yang lebih baik
  • Saya akan dihargai orang lain apabila saya lebih dulu menghargai orang tersebut
  • Membuat orang lain tertawa itu lebih indah daripada membuat orang lain sedih

#4 Munculkan sesuatu yang menjadi kelebihan anda

Persaingan sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas hidup Anda agar lebih percaya diri menghadapinya. Sebaiknya pahami dan kenali terlebih dahulu kelebihan yang ada dalam diri dibandingkan dengan yang dimiliki pesaing.

Oleh karena itu, mulai sekarang identifkasi satu kelebihan kunci Anda untuk bisa membuat fokus dan menjadi ahli di bidangnya. Dengan begitu akan muncul hasil terbaik yang bisa memunculkan rasa percaya diri karena adanya prestasi yang tidak terduga bahwa Anda bisa melakukannya.

Contoh sederhana  jika Anda sekarang bergelut di dunia social media marketing, tentukan cukup satu kelebihan Anda dari berbgai pilihan yang ada seperti Facebook marketing, Twitter marketing, atau Instagram marketing.

Jangan lupa baca juga artikel menarik tentang strategi marketing ampuh hanya dengan mendengarkan serta ulasan terkait mengenai tantangan menuju sukses yang harus siap di hadapi pengusaha.

#5 Tambah wawasan dengan membaca buku

Meskipun sekarang ini banyak informasi gratis bisa diperoleh dari internet, buku memiliki sejumlah manfaat yang tidak bisa didapat dengan cara gratis. Dengan membaca buku yang berbobot dan berkualitas isinya, wawasan dan pengetahuan Anda akan meningkat sehingga berdampak pada peningkatan kepercayaan diri.

Ketika anda masih kuliah dibidang IT dan menginginkan bisa membuat aplikasi atau web hosting, bisa dengan membaca buku yang berisi seputar bidang yang ingin dikuasai dan diaplikasikan langsung.

#6 Bertegur sapa dengan orang orang yang baru anda kenal

Sebagian orang jika bertemu seorang yang masih baru dikenal merasa tidak nyaman dan terasa kaku. Nah, cara yang bisa dilakukan agar suasana menjadi lebih cair dan hangat dengan kita menyapa terlebih dahulu serta jangan lupa untuk berikan senyuman hangat.

Selain itu bisa memberikan kesan positif dan kita tidak akan ditolak dalam lingkungan yang baru tersebut.

#7 Selalu mempersiapkan diri sebaik mungkin

Anda sering gugup saat presentasi? Stres menghadapi wawancara kerja? Percaya atau tidak, kuncinya terletak di persiapan serta latihan secara teratur.

Persiapan yang dilakukan tidak bisa dikerjakan hanya dalam waktu sehari. Alangkah lebih baik apabila selama 1 minggu secara teratur, karena dengan kita semakin intens akan muncul hal-hal baru yang akan menambah pengembangan diri bahkan bisa memmperbaiki kesalahan dan kekurangan.

Simak juga ulasan terkait mengenai tips dan strategi lolos interview wawancara kerja serta artikel menarik lainnya tentang berkas yang perlu dipersiapakan saat akan melamar kerja.

#8 Jangan pernah melupakan bersyukur

Mensyukuri apapun dimiliki dan bagaimana kondisi sekarang akan membangun rasa percaya diri Anda. Mengapa? Karena dengan bersyukur, Anda akan terhindar dari stres dan tekanan perasaan negatif lain.

Hal sederhana yang bisa Anda lakukan adalah selalu mengucapkan terimakasih kepada Tuhan YME atas karunia masih bisa bangun pagi, kesehatan, pekerjaan yang diberikan dan banyak hal lainnya.

#9 Biasakan berdoa sebelum memulai segala sesuatu

Sebelum melakukan aktifitas selalu awali dengan berdoa, karena mengingatkan kita akan Tuhan YME sebagai pencipta, selalu dalam lindungan-Nya serta diberikan hikmat dalam kita melakukan pekerjaan.

Kepercayaan diri ada bukan berasal secara alamiah bawaan dari lahir, melainkan keterampilan yang dapat ditimbulkan, dilatih dan ditingkatkan. Dari beberapa poin yang sudah diberikan tetapi masih belum bisa membuat percaya diri Anda masih kurang. Sebaiknya cari akar penyebabnya dan harus ada kemauan tekad diri untuk mengatasinya.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!