Advertisement

5 Tahap Penting Saat Akan Membuka Usaha Supaya Tepat Sasaran dan Cepat Sukses

Langkah Penting Sebelum Membuka Usaha

Banyak orang berpikir bahwa modal adalah kunci utama yang harus ada untuk mengawali sebuah usaha baru, sehingga lebih mudah untuk mencapai target yang diharapkan.

Kenyaataan yang terjadi di lapangan tidaklah demikian. Banyak sekali kisah nyata pengusaha sukses yang mengawali usahanya tanpa modal dengan keuntungan yang didapat melebihi dari gaji sebagai karyawan.

Dengan memutuskan menjadi wirausaha baru berarti anda telah memutuskan untuk menjadi seorang yang memiliki peluang lebar untuk terus maju dan berkembang serta memiliki penghasilan yang tidak terbatas.

Kiat menjadi pengusaha sukses dengan langkah yang tepat dan konsisten

Langkah awal apa saja yang harus dipersiapkan sebagai pemula agar target menjadi seorang pengusaha sukses yang awalnya hanya sebagai mimpi dapat menjadi nyata dengan mudah?

Selain dibutuhkan suatu ketekunan dan tekad bulat untuk menghadapi setiap tantangan yang ada, berikut 5 (lima) langkah penting yang harus dipersiapkan secara matang agar hasil yang didapatan sesuai dengan kerja keras kita, yaitu :

#1 Business Ideas – Gagasan usaha yang cemerlang

Jenis bisnis berkualitas dan menguntungkan dalam bidang usaha apapun berawal dari sebuah ide yang memiliki pandangan jauh ke depan dan dikelola dengan sebaik mungkin dengan cara memahami dari diri sendiri bidang yang dikuasi, mencari referensi serta melihat peluang apa yang paling banyak dicari dan dibutuhkan orang .

Hal ini sangat penting karena menentukan apakah usaha yang kita bangun akan berhasil terus berkembang dan bermanfaat bagi banyak orang atau tidak.

#2 Business Plan – Rencana usaha yang terstruktur

Ide yang tidak dikelola dengan baik untuk dijadikan sebuah rencana usaha akan menghasilkan bisnis model dadakan atau tergesa-gesa tanpa perencanaan matang hanya akan menjadikan kita seorang pengusaha yang gagal.

Perencanaan usaha yang baik menjadi bagian sangat penting karena didalamya mencakup penyusunan infrastruktur, biaya yang akan dikeluarkan, tahapan yang harus dilalui, beragam alternative untuk meminimalkan resiko yang timbul.

#3 Observations Environment – Survei dan analisa

Survei atau pengamatan ini sangat berguna untuk mengetahui banyak hal tentang apa saja kelebihan, kekurangan, kendala yang akan menjadi faktor resiko ketika anda memutuskan menjalani usaha tersebut. Selain itu menjadi alat ukur apakah rencana yang sudah dilakukan mencapai target yang telah ditetapkan.

#4 Preparation of  Business РPersiapan yang matang

Memasuki langkah ke empat sebelum membuka usaha ialah persiapan segala sarana dan prasarana yang akan menunjang kelancaran berjalannya usaha.

Adapun beberapa hal yang perlu anda persiapkan diantaranya ialah:

Untuk mempercepat memperkenalkan brand usaha kita kepada masyarakat, tidak ada salahnya menggunakan fasilitas digital seperti website, media sosial, maupun toko online. Selain efektif dan efisien juga mengurangi biaya promosi.

#5 Action – Segera memulainya

Ketika semua sudah siap dan matang maka langkah akhir yang harus kita lakukan adalah memulai usaha atau action.

Sebagai seorang pemula yang masih belum cukup pengalaman untuk terjun dalam bidang wirausaha tentu adanya rasa takut untuk melangkah, tidak memiliki keyakinan, dan putus asa merupakan hal yang wajar muncul dalam pikiran.

Anda bisa mengambil inspirasi untuk menguatkan langkah anda dari kisah nyata orang-orang sukses, yakni tetap berikhtiar kepada Tuhan, sikap pantang menyerah dan mengambil pelajaran dari pengalaman jatuh bangun berulang kali yang menjadikan kuat dalam membangun sebuah usaha.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!