Advertisement

5 Tips dan Trik Strategi Marketing Murah Hasilkan Penjualan Maksimal

Cara pemasaran marketing murah memaksimalkan penjualan

Bagaimana cara melakukan strategi pemasaran atau marketing dengan biaya murah namun bisa menghasilkan penjualan yang maksimal?

Biasanya setiap pengusaha yang ingin melonjakkan prosentase penjualan selalu mempertimbangkan ketersediaan dana anggaran biaya marketing yang tentunya tidak sedikit.

Metode meningkatkan penjualan dengan strategi pemasaran rendah biaya

Berikut ini adalah 5 kiat yang bisa anda lakukan untuk mencoba mendongkrak kapasitas penjualan menggunakan teknik pemasaran dan marketing rendah biaya.

#1 Memanfaatkan atau menciptakan komunitas

Tidak perlu melangkah terlalu jauh terlebih dahulu untuk melakukan kampanye atau beriklan apabila ada alternative yang lebih murah yaitu dengan bergabung atau menggunakan wadah komunitas.

Sebagai contoh apabila anda adalah pebisnis dibidang spare part motor, maka akan lebih efektif jika strategi marketing anda adalah dengan bergabung dengan komunitas motor.

Minimal anda akan lebih mudah dalam memperkenalkan produk anda kepada calon konsumen yang tentunya nanti akan lebih loyal kepada anda.

#2 Berkolaborasi dengan pengusaha lainnya

Anda dapat menjalankan kolaborasi dengan jenis bisnis lainnya sebagai langkah paling efektif untuk meningkatkan penjualan.

Dimaksudakan dalam hal ini bukan kolaborasi yang mengharuskan anda merger akan tetapi dapat menerapkan cara lain seperti bertukar pamphlet atau menawarkan voucher promosi.

Keuntungan lainnya melalui metode ini adalah bisa menambah pengalaman antar sesame pengusaha atau dalam istilah populernya ialah strategi bundling produk.

Misalkan di ambil contoh anda memiliki produk kecantikan wanita maka sebaiknya mendekati relasi yang memiliki usaha salon, karena anda bisa memperoleh kesempatan untuk menjadikan produk anda sebagai bagian dari bisnis salon mereka.

#3 Sampaikan kepada pelanggan agar mereka membawa temannya menggunakan produk anda

Sepintas tampak seperti memaksakan kehendak agar orang lain membantu bisnis anda, namun anda harus bijak dalam menerapkan strategi pemasaran yang seperti ini.

Minimal berikanlah reward untuk pelanggan anda yang berhasil membawa calon calon pelanggan baru kepada anda.

Reward atau komisi yang anda berikan tidak harus berupa nominal uang akan tetapi bisa dengan produk bonus atau potongan harga yang membuat ia semakin giat mencarikan konsumen baru nantinya.

Simak juga ulasan terkait mengenai konsep memulai bisnis baru agar lebih efektif serta artikel menarik lainnya tentang tips menghadapi tantangan bisnis yang sedang sepi peminat.

#4 Jangan ragu dan pelit untuk memberikan diskon

Apabila sudah memiliki pelanggan tetap yang solid, maka jangan pernah ragu dan pelit memberikan diskon potingan harga kepada mereka.

Meskipun kelihatannya sepele namun dampaknya cukup luar biasa sebagai salah satu strategi marketing yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.

Metodenya bisa memakai kupon maupun cara lain seperti membeli 5 bonus 1 produk cuma cuma atau ptongan harga apabila total belanja mencapai batas harga yang anda tentukan.

#5 Sebaiknya anda sendirilah yang menjadi tenaga pemasaran

Ingin mendapatkan solusi pemasaran marketing murah namun sangat efektif meningkatkan penjualan ialah menjadikan diri anda sendiri sebagai tenaga marketingnya.

Perluas wawasan dan relasi dengan memanfaatkan segala kemudahan yang ada pada jaman ini seperti teknologi internet, sosial media untuk sarana promosi.

Apapun alasannya anda jangan pernah berpaling dengan kemajuan jaman dan mau tidak mau anda harus ikut terjun didalamnya seperti menggunakan beragam fitur smartphone untuk menjalankan pemasaran secara online.

Dari hal ini secara tidak langsung anda sudah mampu memperluas jangkauan marketing meskipun harus dilakukan sendirian karena media digital ialah solusi peluang bisnis tahun 2018 yang akan booming dan cukup potensial.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!