Usaha Apa Yang Bagus Untuk Masa Depan dan Jangka Panjang? Inilah Yang Jadi Pertimbangan

Usaha apa yang bagus dan cocok untuk masa depan jangka panjang?

Menentukan bisnis dan usaha apa yang bagus untuk masa depan dan jangka panjang memang tidak mudah namun kadang juga bisa begitu mudah ketika seseorang telah memiliki banyak sumber informasi tentang peluang peluang yang menjanjikan.

Kebingungan dalam menentukan bisnis apa yang cocok merupakan hal lazim yang dialami oleh para calon pengusaha pemula.

Mengapa demikian? karena terdapat 1001 macam pilihan jenis usaha yang ada pada dunia ini. Mulai dari bisnis di bidang perdagangan, industri manufaktur, industri jasa, dan masih banyak lagi. Semua jenis bisnis tersebut nampak menjanjikan profit yang besar untuk dijalani.

Berhentilah untuk larut dalam kebingungan. Hal semacam itu hanya memperlama anda untuk melakukan aksi dalam bisnis anda.

Pada akhirnya anda malah akan merugi dikarenakan banyak pesaing anda yang sudah maju jauh dari start, sedangkan anda masih berputar-putar pada pertanyaan: Bisnis & usaha apa yang cocok untuk pemula tanpa modal dll?

5 Hal yang bisa dijadikan pertimbangan dalam menentukan bisnis dan usaha

Anda dapat mempertimbangkan lima faktor penting dibawah ini untuk menentukan jenis usaha apa yang cocok untuk anda. Jawaban dari lima pertanyaan ini juga dapat dijadikan sebagai bahan untuk mempertimbangkan perencanaan bisnis anda.

#1 Jenis bisnis apa yang paling anda sukai?

Benar bahwa anda tidak perlu suatu alasan untuk bisa menyukai sesuatu. Sebenarnya perasaan suka tersebut merupakan energi alam bawah sadar anda yang amat luar biasa.

Kita dapat melakukan apa saja diluar logika kita untuk sesuatu yang kita cintai. Sama halnya ketika anda sedang merasakan jatuh cinta.

Jangankan sebuah selokan dan pohon mangga, laut dan gunung saja akan dapat dilewati (meskipun menggunakan pesawat terbang hihi) Ini serupa pula dalam hal berbinsis.

Apabila kita menyukai dan menginginkan bisnis itu maka seberat apapun rintangannya akan tidak terlalu berat rasanya. Diri akan termotivasi untuk membawa usaha tersebut menuju kesuksesan.

Atas pertimbangan kesukaan anda itulah, anda disarankan untuk menekuni bidang tersebut. Mengapa demikian? karena cinta dapat merubah duka menjadi suka.

Misalnya, anda menyukai bisnis dibidang manajemen artis agar sering bertemu dengan selebritis idola anda, maka anda perlu melakukan saja hal itu! Atau mungkin anda memiliki obsesi membuat startup marketplace? Lakukan saja!

Simak juga info terkait tentang peluang bisnis masa kini dengan prospek menjanjikan serta artikel menarik lainnya mengenai usaha sampingan yang cocok untuk anak muda jaman sekarang.

#2 Bisnis apa yang anda paling kuasai?

Tips Sukses bisnis dan usaha

Pertimbangan kedua ini sifatnya tidaklah absolut, Apabila anda telah menemukan jawaban dari pertimbangan pertama, maka kita dapat mempelajarinya sambil berjalannya usaha.

Tetapi anda perlu menyadari bahwa melakukan usaha sambil belajar lebih beresiko dibandingkan apabila anda telah menguasai usaha tersebut.

Nilai lebih yang didapat apabila kita menjalankan usaha yang telah kita kuasai adalah anda tidak perlu merasa canggung saat menjalankan bisnis tersebut.

Anda dapat mampu menyusun strategi manajemen sumber daya manusia, pemasaran, produksi, dan lain sebagainya secara tepat. Efek positifnya adalah usaha anda akan mengalami perkembangan yang pesat.

Tetapi anda tidak perlu khawatir selama anda memiliki dana yang besar, terkait permasalahan tidak memiliki skill berbisnis mudah untuk diatasi.

Anda dapat merekrut para profesional sesuai bidang yang anda butuhkan. Sebagai permisalan anda menyukai bisnis dibidang kuliner tetapi anda tidak memiliki keahlian memasak. Maka anda dapat merekrut chef terkenal untuk menangani masalah dapur. Mudah, kan?

#3 Berapa modal yang kita miliki?

Memulai bisnis tanpa harus hutang

Apabila anda adalah tipikal yang meyakini bahwa modal adalah bukan hal yang penting, maka anda dapat melewati poin ketiga ini. Anda harus membuktikan bahwa hanya bermodalkan tekad dan kemampuan saja adalah cukup dalam memulai sebuah usaha.

Anda perlu berfikir secara realistis disertai dengan tindakan yang logis ini jauh lebih baik dibandingkan memiliki impian yang berlebihan tetapi hanya sebatas angan-angan.

Apabila tidak memiliki modal yang banyak, maka lebih baik memulai bisnis kecil-kecilan terlebih dahulu. Apabila keuntungannya sudah banyak baru anda dapat mengumpulkannya untuk membangun bisnis yang lebih besar.

Anda juga dapat menawarkan ide usaha anda pada investor agar investor mau mendanai ide anda.

Tetapi apabila proposal bisnis anda masih acak acakan, maka siap saja ditolak oleh para investor. Anda juga perlu berhati-hati ketika mendapat aliran dana dari investor. Apabila ternyata ide bisnis anda tadi tidak berjalan, maka anda dapat mengalami tuntutan dibidang hukum.

Baca juga info terkait mengenai cara mendapatkan sumber modal alternatif bagi bisnis UKM serta ulasan menarik lainnya tentang menjadi sukses dan kaya dengan modal hutang.

#4 Dimana anda akan mendirikan bisnis anda?

Menentukan lokasi pabrik dan faktor manajemen operasi industri

Apabila sasaran bisnis anda adalah pasar lokal, maka anda harus memastikan apakah tempat usaha anda memiliki potensi pasar yang sudah jelas ataukah tidak.

Apa artinya? adalah memastikan apakah masyarakat sekitar tempat itu membutuhkan usaha kita ataukah tidak.

Untuk mengetahui hal tersebut dapat diketahui melalui survey. Sebisa mungkin pilihlah lokasi usaha yang strategis sesuai dengan bisnis yang kita pilih tanpa melupakan faktor ketersediaan finansial kita.

Mengapa? karena semakin strategis suatu lokasi, semakin mahal pula biaya sewanya. Untuk anda dengan modal terbatas, anda harus pandai dan memahami cara melobi orang dan melakukan negosiasi untuk melancarkan usaha.

#5 Bagaimanakah prediksi jangka panjang dari usaha anda tersebut?

Faktor ini kerap kali dilewatkan oleh para pebisnis pemula. Kemampuannya dalam memperikirakan bisnis yang dipilih apakah memiliki prospek bagus kedepannya menjadi hal yang penting untuk diperhatikan.

Sebaiknya anda tidak terjebak memilih bisnis yang sifatnya musiman. Apalagi bila anda sampai mencurahkan banyak modal pada bisnis tersebut.

Contoh bisnis musiman adalah misalnya bisnis batu akik dan bisnis gelombang cinta yang pernah booming pada masanya, tapi hanya sementara dan kemudian lenyap.

Anda sebaiknya memilih bisnis yang dapat bertahan lama. Contohnya seperti bisnis dibidang kuliner, properti, bengkel, jasa transportasi, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa cara untuk menentukan jenis bisnis yang cocok untuk anda. Semoga anda cepat menentukan pilihan bisnis anda dan segera take action agar tidak kalah dengan para pesaing anda. Salam sukses!

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!