Advertisement

Cara Meningkatkan dan Memaksimalkan Keuntungan Pada Jenis Bisnis Musiman

Usaha dan bisnis musiman yang menjanjikan

Berbisnis merupakan kegiatan yang sangat menarik untuk ditekuni oleh siapa saja selama memiliki jiwa pekerja keras, menginginkan waktu yang fleksibel dan keuntungan besar.

Ide usaha apa yang akan dijalankan bisa muncul kapan saja atau bisa dengan kita melihat sebuah momentum untuk bisa mendapatkan keuntungan berkali lipat.

Jenis usaha berdasar momentum atau musim seperti inilah yang biasa banyak dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) baru dalam meningkatkan pendapatan atau omzet sehingga waktu untuk kembali modal lebih cepat.

5 Strategi memaksimalkan keuntungan pada jenis usaha musiman

Sebagai contoh usaha musiman di masa menjelang lebaran adalah membuat kue, parcel berisi makanan minuman untuk silaturahmi, baju gamis dan koko, mukenah, dsb.

Ketka memasuki masa Natal dan Tahun Baru bisa membuat parcel kue maupun minuman, pernak Pernik yang berhubungan dengan perayaan seperti lampu, topi, terompet, pohon Natal bahkan lampion untuk diterbangkan pada saat menjelang pergantian tahun. Banyak yang bisa kita jadikan bisnis musiman ketika momen akan berlangsung.

Tapi tahukah Anda bagaimana cara memaksimalkan keuntungan bagi bisnis musiman yang tengah atau akan Anda jalankan saat ini. Berikut ini tips memaksimalkannya :

#1 Tentukan target atau market yang jitu

Jenis produk apa yang akan dibuat pada saat musim tertentu tiba sebaiknya mengetahui terlebih dahulu pangsa pasar yang akan kita tuju agar bisa maksimal dalam proses penjualannya. Sehingga perlu menentukan market spesifik demi tercapai target penjualan yang maksimal.

Jika target pasar sudah ditentukan dengan tepat, jelas akan memudahkan penetapan iklan atau penetrasi melalui cara apa dan bagaimana.

Misalnya membuat olahan kue kering untuk bisnis pada musim lebaran dengan target pasar adalah ibu-ibu rumah tangga, pekerja kantoran, tentu bisa melakukan promosi di perkantoran dan  kalangan ibu-ibu PKK atau komunitas dengan anggota sebagian besar adalah ibu rumah tangga.

#2 Diferensiasi produk yang unik

Yang dimaksud dengan diferensiasi adalah perbedaan dan hal inilah yang dianggap penting karena memberikan nilai lebih sebagai daya tarik konsumen membeli produk kita.

Buatlah suatu hal yang unik dan lebih variative dari barang yang biasa dijual serta pikirkan secara matang agar memberikan manfaat lebih.

Diferensiasi produk misalkan pada saat musim lebaran kue kering biasa dijual degan varian rasa keju, coklat atau vanilla dan dijual dengan cara satuan atau sudah dalam bentuk parcel.

Perlu adanya keunikan sendiri dalam pembuatan kue diberikan varian rasa yang berbeda dengan bentuk misalkan dari bulat diganti menjadi bentuk stik. Dalam pemesanan bisa di custom untuk isi maupun dekorasi untuk mempercantik parcel selain itu bisa dipesan secara online dan dikirim dengan waktu yang singkat.

Baca juga ulasan terkait tentang tips memulai usaha makanan ringan juga artikel menarik lainnya mengenai usaha dan bisnis dagang yang paling laris.

#3 Tetap perhatikan persaingan

Dimana ada kebutuhan musiman untuk produk atau jasa dalam jumlah banyak tentu banyak pemain juga yang akan memanfaatkannya untuk mendapatkan untung baik dengan persaingan sehat maupun tidak sehat.

Persaingan yang terjadi antara satu dengan pedagang lain adalah berani memberikan diskon dan promosi besar. Terpaut harga sedikit saja konsumen akan lebih jeli dalam memilih toko mana yang akan mereka beli barangnya.

Misalkan pada saat musim anak sudah mulai memasuki tahun ajaran baru, banyak pedagang peralatan sekolah, seragam, dan kebutuhan sekolah lainnya yang biasa mempromosikan adanya pesta diskon, kadang ada toko lain yang tidak memberikan diskon namun mendapatkan hadiah paket seperti beli sepatu mendapatkan hadiah tas atau peralatan menulis.

Berikut adalah tips strategi memenangkan persaingan bisnis dan tips sukses menjadi marketing handal.

#5 Riset pasar dan sebelum membuat produk

Semua musim bisa dimanfaatkan untuk mengambil keuntungan dengan bisnis yang hanya bisa dilakukan pada saat itu saja.

Namun, dibutuhkan sebuah riset kecil untuk mengetahui produk seperti apakah yang bisa memberikan keuntungan secara optimal.

Contohnya di musim Ramadhan ditemukan banyak sekali peluang seperti berjualan baju, kue lebaran hingga mainan untuk anak kecil. Begitu juga ketika musim buah datang, Anda bisa menjual berbagai buah yang sudah diolah berbagai bentuk panganan dengan harga yang terjangkau dan dipasarkan di kota lain.

#5 Pelayanan yang optimal

Layanan terbaik kepada pembeli tidak boleh diabaikan, meskipun produk sangat bagus, stok mencukupi, pemasaran bagus tapi jika pelayanan tidak maksimal bisa jadi pelanggan akan lari ke tempat lain. Mereka mungkin merasa tidak nyaman ketika berdiskusi dengan Anda saat akan beli barang atau semacamnya.

Jika perlu buatlah SOP (Standard Operational Procedure) untuk menentukan apa yang harus dilakukan pegawai Anda saat melayani pelanggan.

Belajarlah copywriting agar bisa membuat pembeli tertatik membeli produk yang dijual meskipun awalnya hanya ingin bertanya-tanya saja. Teknik ini sangat membantu mempermudah Anda agar cepat mendapatkan pelanggan yang setia.

Semua bentuk bisnis yang dijalani belum tentu bisa berjalan lancar dengan keuntungan maksimal di setiap waktu. Tentu masing-masing  ada kekurangan dan kelebihannya sendiri.

Kekurangannya untuk bisnis musiman adalah sebagian besar tidak bisa bertahan lama untuk dijadikan usaha rumahan dan hanya berjalan ketika musim itu sedang berlangsung saja, sedangkan keuntungannya adalah Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak dalam waktu singkat dari bisnis konvensional lain.

Sehingga dapat disimpulkan untuk bisa mendapatkan keuntungan maksimal dan mempercepat kembalinya modal serta hanya untuk mengisi waktu luang, pilihlah bisnis musiman serta sesuaikan target pasar yang dipilih agar produk yang kita pasarkan cepat dalam penyerapannya.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!