Perhatikan Beberapa Sisi Negatif dan Sisi Positif Dari Penggunaan Kartu Kredit

Keuntungan dan kerugian menggunakan kartu kredit

Kartu kredit adalah sebuah produk yang disediakan bank yang fungsinya adalah alat pembayaran yang berbentuk kartu dan gunanya adalah untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi. Kartu kredit hampir serupa dengan kartu debit, bedanya adalah apabila debit mengambil uang dari rekening nasabah tersebut sendiri, apabila kartu kredit adalah pinjaman yang diberikan oleh pihak bank.

Berdasarkan data yang dikutip dari Bank Indonesia bahwa dari tahun 2010 hingga 2017 kemarin, Indonesia mengalami kenaikan sebanyak 30% untuk penggunaan kartu kredit. Angka yang cukup pesat ditambah lagi dengan perbaruan regulasi terkait bunga pemegang kartu kredit yang menyebabkan semakin tingginya penggunaan kartu kredit di Indonesia.

Saat ini mungkin anda ingin mulai menggunakan salah satu produk dari bank yang mulai populer akhir-akhir ini dan tertarik untuk mengetahui lebih jauh terkait penggunaan kartu kredit.

Sejatinya segala hal selalu memiliki sisi positif dan negatifnya. Semua tergantung dari bagaimana kita menyikapinya, Dalam hal ini, penggunaan kartu kredit yang semenjak dulu memiliki sisi negatif dan positif. Maka berikut ini akan dirangkumkan sisi negatif serta sisi positif dari penggunaan kartu kredit:

5 Keunggulan bertransaksi menggunakan kartu kredit

#1 Membuat transaksi yang anda lakukan semakin praktis dan simpel

Budaya payless semakin ramai belakangan ini. Dengan menggunakan kartu kredit, anda tidak perlu membawa uang cash yang terlalu banyak.

Tidak hanya itu, apabila suatu ketika anda ingin membeli sesuatu dan tidak memiliki cukup uang maka kartu kredit tersebut dapat menjadi penolong anda.

Dengan adanya kartu kredit, ia juga dapat membuat pembayaran tagihan anda setiap bulannya semakin simpel sehingga semua tagihan dapat terkoordinir menjadi satu yakni lewat pembayaran kartu kredit.

#2 Mendapatkan banyak keuntungan serta diskon

Tidak dipungkiri dengan menggunakan kartu kredit, anda sering kali akan mendapatkan penawaran khusus dari mulai diskon, cashback, atau mungkin reward khusus anda pemegang kartu kredit.

Sudah banyak fasilitas serta tempat tempat yang memberi penawaran khusus bagi pemilik kartu kredit misalnya fasilitas di lounge bandara, ditempat makan, untuk hotel, tempat wisata, dan lain sebagainya.

Baca juga info tentang jenis kartu kredit paling cocok untuk karyawan gaji dibawah 3 juta serta tips menarik tentang cara mengisi pulsa menggunakan kartu kredit visa mandiri, BCA, BNI dan Mega.

#3 Dapat diandalkan saat keadaan genting

Terkadang kita memang tidak sedang membutuhkan untuk membeli sesuatu yang merogoh kocek. Tetapi, terkadang pula ada sesuatu yang sifatnya mendadak serta darurat.

Misalnya saja, ada anggota keluarga yang tiba-tiba sakit dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dalam keadaan genting seperti itu, tentu saja sudah tidak memikirkan meminjam uang kepada siapapun. Bayangkan apabila sudah memiliki kartu kredit, maka hal semacam itu bisa diatasi dengan baik.

Memang tidak ada orang yang ingin mengalami kejadian buruk ataupun mengalami kejadian yang mengharuskan seseorang keluar dari perencanaan finansial masing masing.

Tetapi, terkadang hal semacam itu harus diantisipasi. Dengan memiliki kartu kredit, maka untuk situasi darurat serta genting dapat segera diatasi.

#4 Dapat membeli barang keinginan anda dengan cepat

Semisalkan anda ingin membeli suatu barang, entah sedang ada diskon atau memang anda ingin segera memilikinya.

Tetapi, tanggal gajian masih lama atau mungkin gaji anda tidak cukup untuk membelinya sekaligus. Dengan adanya kartu kredit, maka keinginan anda akan dapat terwujud dengan cepat.

Tentu saja nantinya anda harus membayarnya melalui cicilan yang ada setiap bulannya. Tetapi hal ini tentu bagus karena anda tidak perlu menunda keinginan anda, kan? Apalagi bila barang itu amat sedang dibutuhkan oleh anda.

#5 Untuk membantu modal usaha yang anda rintis

Faktanya dengan memiliki kartu kredit anda dapat mendapatkan modal guna mengembangkan usaha anda tanpa harus meminjam lagi di lembaga jasa keuangan yang ada.

Maka apabila anda orang yang berani mengambil resiko serta memanfaatkan fasilitas yang ada, hutang anda pada kartu kredit tersebut akan berlipat-lipat diganti dengan keuntungan yang anda dapatkan.

Simak ulasan terkait mengenai tips sukses dan kaya dengan modal hutang serta artikel menarik lainnya tentang 4 macam alternatif pinjaman modal usaha selain KUR.

Itu adalah beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan ketika memutuskan menggunakan kartu kredit. Lalu apakah ada dampak negatifnya? jawabannya adalah iya. Segala sesuatu yang memiliki dampak positif selalu diikuti dengan dampak negatifnya tak terkecuali terkait penggunaan kartu kredit.

Berikut ini adalah dampak negatif penggunaan kartu kredit:

#1 Membuat anda lebih konsumtif

Dengan segala kemudahan transaksi yang ditawarkan oleh kartu kredit secara tidak sadar membuat anda lebih konsumtif.

Selain itu, dengan banyaknya diskon yang ditawarkan khusus pemegang kartu kredit terkadang membuat kita secara tidak sadar kemudian membeli barang atau menggunakan jasa yang sebenarnya tidak terlalu kita butuhkan.

Anda dapat menyiasati hal ini dengan bersikap lebih selektif dan cerdas terkait apa yang anda butuhkan sebelum membelinya. Juga, anda harus membatasi pengeluaran anda setiap bulannya dan jangan sampai mencapai limit kartu kredit.

#2 Kesulitan menilai kemampuan ekonomi diri

Dengan adanya kartu kredit, kita seakan bisa membeli barang apapun yang kita inginkan serta menjadi tidak sadar dengan kemampuan ekonomi kita yang sebenarnya.

Hal ini disebabkan kemudahan dalam bertransaksi tersebut. Terkadang banyak nasabah yang kemudian terlena untuk menggesek kartu kredit guna membeli barang untuk menuruti hasratnya, kemudian tanpa sadar sudah memiliki setumpuk utang dan tanggungan cicilan.

Tentu anda tidak ingin ini terjadi, bukan? Anda dapat menyiasatinya dengan memperhitungkan dengan benat berapa pendapatan anda dan seberapa kekuatan ekonomi anda untuk membeli apa yang anda butuhkan. Hal ini untuk menghindarkan anda dari tumpukan utang dikemudian hari.

Jangan lupa simak tips mengenai langkah jitu menyelesaikan tagihan utang kartu kredit serta info terkait tentang cara praktis cek tagihan kartu kredit melalui SMS banking.

#3 Berpotensi merusak nama baik anda

Mengapa demikian? sebenarnya dampak pada poin ketiga ini akan anda rasakan apabila suatu ketika anda menunggak cicilan dan tidak dapat melunasi hutang anda maka bisa bisa anda akan didatangi oleh debt collector dan peringatan lain dari pihak bank.

Tentu hal ini akan dipandang buruk, bukan? untuk mengatasi hal tersebut, anda harus menyisihkan uang untuk cicilan anda setiap bulannya agar hal semacam itu tidak terjadi.

#4 Kesulitan menabung

Ketika anda keasyikan ‘menghabiskan’ uang yang sejatinya bukan milik anda, dengan kata lain anda menghutang, maka anda akan sibuk untuk mempersiapkan uang untuk membayar cicilannya sehingga lupa untuk menyisihkan uang tabungan. Hal ini tentu berbahaya untuk kesiapan finansial anda dimasa mendatang.

Itulah beberapa dampak positif serta negatif penggunaan kartu kredit. Sejatinya memiliki kartu kredit itu sama halnya dengan memiliki sebilah pisau, tergantung apakah anda menggunakan pisau itu untuk memasak atau melukai orang.

Sama dengan kartu kredit tersebut, akankah menguntungkan anda atau tidaknya tergantung bagaimana anda menyikapinya. Semoga artikel ini dapat membantu!

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!