Langkah Paling Tepat Menyelesaikan Tagihan Utang Kartu Kredit Macet

Tips membayar tagihan kartu kredit dengan mudah

Tagihan kartu kredit macet merupakan salah satu masalah keuangan yang terbilang cukup serius terhadap perbankan dan banyak orang yang ingin mendapatkan solusi paling tepat menyelesaikan persoalan ini.

Saat ini berbelanja atau melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu hebat ini memang cukup populer karena lebih prakatis dan aman.

Di sisi lain, jika pengguna tidak cerdas dan bijak memakai kartu kredit maka resiko paling buruk ialah terjerat utang pada bank yang bunganya akan terus bertambah.

Meskipun saat ini sudah ada produk kartu kredit tanpa biaya iuran tahunan seumur hidup dan beraneka ragam promo kartu kredit dengan syarat mudah, setidaknya anda lebih selektif memilihnya sesuai dengan kemampuan keuangan anda perbulan.

Strategi manajemen keuangan pribadi melunasi tagihan kartu kredit

Untuk dapat menyelesaikan permasalahan ini, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan diantaranya ialah:

#1 Ketahui total tanggungan dan buat skala prioritas

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengumpulkan seluruh jumlah tagihan yang sudah dikirimkan kepada anda.

Pastikan juga mengenai berapa besar bunga yang dikenakan pada masing-masing tagihan dan sudah berapa lama utang kartu kredit tersebut belum dibayarkan.

Kemudian harap memperhatikan pada tunggakan mana yang dikenakan bunga lebih besar dari yang lainnya sehingga anda harus memprioritaskan membayar utang dengan bunga yang lebih besar dulu.

Mengambil langkah untuk membayar minimum payment sebenarnya bukan solusi agar cepat terbebas dari utang, akan tetapi cara ini dapat mengulur waktu jatuh tempo pelunasan.

#2 Pangkas pengeluaran dan tingkatkan sumber pendapatan

Jika ingin dapat melunasi utang dengan segera, tentunya anda memerlukan sumber income yang lebih besar dari biasanya.

Pilihan kedua ialah dengan memangkas anggaran pengeluaran supaya prioritas melunasi utang dapat lebih cepat terlaksana.

Sebenarnya pilihan pertama yaitu dengan mencoba mencari sumber pendapatan tambahan ialah langkah paling tepat karena akan memberikan keuntungan tersendiri nantinya setelah utang tebayarkan.

Banyak sekali kesempatan untuk bisa memperoleh sumber pendapatan lain selain pekerjaan utama anda seperti:

Jika utang anda memang terlalu besar, meskipun sudah memiliki sumber pendapatan tambahan, sebaiknya juga tetap menjalankan opsi kedua yaitu dengan memangkas pengeluaran.

Utamakan pengeluaran yang bersifat primer dahulu dan untuk sementara waktu lupakan jadwal belanja yang tidak penting atau segala sesuatu yang menjadi pemborosan.

#3 Meminta bantuan kepada pihak ketiga

Cara melunasi tagihan kartu kredit yang sudah macet bisa dengan memanfaatkan bantuan dari pihak yang berpengalaman agar utang semakin ringan.

Saat ini telah banyak perusahaan jasa penyedia program manajemen keuangan untuk membantu klien mengatasi segala permasalahan finansialnya.

Jasa penyedia bantuan manajemen keuangan yang profesional biasanya telah memiliki koneksi yang baik dengan pihak bank sehingga mereka lebih mampu menyusun strategi untuk mengatasi semua masalah keuangan kliennya. (centrausaha.com)

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!