Advertisement

12 Jenis Rekening Tabungan Bank Tanpa Biaya Administrasi Bulanan

rekening bank bebas biaya administrasi

Rekening bank yang tanpa ada potongan biaya administrasi bulanan tentu sangat menguntungkan bagi setiap nasabah yang membuka tabungan dengan saldo sangat minim, sehingga ia juga tidak akan khawatir lagi uangnya semakin menipis meskipun tidak bisa rutin melakukan setoran.

Saat ini sudah banyak jenis tabungan bank yang menawarkan berbagai fitur serta keunggulannya masing masing baik untuk bank umum maupun bank yang berbasis syariah.

Jika anda mempunyai tujuan keuangan untuk orientasi jangka panjang, maka sebaiknya cermat dan teliti dalam memilih tabungan bank. Salah satu faktor yang mesti diperhitungkan adalah mengenai besarnya biaya administrasi bulanan yang ditetapkan oleh pihak bank.

Tabungan bank yang bebas potongan biaya administrasi bulanan

Dari pemerintah sendiri telah mengeluarkan berupa program simpanan yang bernama Tabunganku dan diselenggarakan oleh hampir kebanyakan bank di Indonesia, baik bank konvensional, Bank Perkreditan Rakyat (BPR), maupun bank syariah.

Selain rekening tabunganku, didalam perbankan negeri ini masih banyak lagi produk simpanan lainnya yang sudah membebaskan nasabahnya dari biaya administrasi bulanan diantaranya adalah 10 bank berikut ini:

#1 Rekening Tabunganku

Tabunganku adalah salah satu produk pemerintah yang diselenggarakan perbankan di Indonesia dengan menerapkan peraturan yang sudah sesuai dengan standart Bank Indonesia.

Aturan tersebut diantaranya berisi tentang berapa minimal jumlah uang setoran awal, minimum setoran tunai, maupun saldo minimum dan mengendap didalam rekening, dan sebagainya.

Diantara beragam produk tabungan yang selama ini sudah ada di Indonesia, Tabunganku merupakan satu-satunya jenis tabungan atau rekening simpanan yang memiliki syarat paling mudah yaitu setoran awal sangat minim serta bebas biaya administrasi bulanan.

Untuk lebih lengkapnya simak fitur fitur yang terdapat pada rekening tabunganku:

  • Bebas biaya administrasi bulanan, penggantian buku, dan biaya penarikan.
  • Pembukaan rekening minimal setoran awal Rp20.000 (bank umum) dan Rp10.000 (BPR/syariah).
  • Minimal setoran tunai Rp10.000.
  • Saldo minimum Rp20.000 (bank umum) dan Rp10.000 (BPR/syariah).
  • Biaya penalti saldo dorman Rp2.000 per bulan (bank umum) dan Rp1.000 per bulan (BPR/syariah). Saldo dorman merupakan rekening yang tidak melakukan transaksi (pasif) selama enam bulan berturut-turut.
  • Minimal penarikan tunai di konter Rp100.000 (bank umum) dan Rp50.000 (BPR/syariah).
  • Biaya penutupan rekening atas inisiatif sendiri Rp20.000 (bank umum) dan Rp5.000 (BPR/syariah).

Namun diluar apa yang sudah menjadi peraturan standart di atas setiap bank penyelenggara tabunganku bisa saja memiliki program tambahan atau  menambahkan fitur-fitur menguntungkan lainnya.

Dibalik keunggulannya, tentunya tetap terdapat kekurangan yang perlu untuk dipaham yaitu ditiadakannya fasilitas ATM dan layanan e-Banking. Sehingga untuk melakukan setor tunai ataupun tarik tunai harus diproses pada bank tempat rekening Tabunganku di buka.

#2 CIMB Niaga AirAsia Savers

Merupakan salah satu produk tabungan yang diterbitkan oleh bank CIMB Niaga dengan fitur menabung tanpa biaya administrasi bulanan.

Setoran ketika melakukan pembukaan rekening terbilang cukup ringan dan terjangkau, yaitu sebesar Rp 100 ribu. Saldo minimal didalam rekening yang ditetapka juga cukup kecil, yaitu Rp 50 ribu.

Masih dtambah lagi dengan fasilitas yang pendukung kelancaran transaksi berupa Kartu ATM, SMS banking, serta internet banking.

#3 Tabungan Bank Mega Berbagi

Tabungan Bank Mega Berbagi memiliki peraturan yang sedikit berbeda daripada jenis tabungan bank lainnya yang mana akan membebaskan biaya administrasi jika jumlah saldo di dalam rekening lebih dari Rp 1 juta.

Setoran awal Untuk membuka rekening Tabungan Bank Mega sangat terjangkau yaitu Rp 100 ribu serta jumlah saldo minimal didalam rekening Rp 100 ribu.

Untuk fitur lain bisa dikatakan sangat komplit selain kartu ATM juga dapat melakukan transaksi internet banking, dan mobile banking.

#4 BII Tabungan Gold Maybank

Untuk bisa memiliki rekening di BII Tabungan Gold Maybank, calon nasabah harus melakukan setoran awal sebesar Rp 10 juta. Selain bebas biaya administrasi bulanan, tabungan ini juga memiliki beragam fitur menarik  yang ditawarkan, di antaranya:

  • Bebas biaya kartu debit/ATM.
  • Bebas biaya administrasi bulanan.
  • Bebas biaya transfer melalui teller.
  • Bebas tarik tunai di banyak ATM.
  • Produk tersedia dalam bentuk konvensional dan syariah.
  • Internet banking dan SMS banking.

#5 Danamon Syariah iB

Ada 2 produk dari Bank Danamon yang sudah sangat populer yaitu tabungan Danamon Lebih dan Danamon Syariah iB.

Setoran awal yang mesti diserahkan untuk menabung di Danamon Lebih sebesar Rp 250 ribu. Sedangkan Danamon Syariah iB hanya setoran awalnya sebesar Rp 100 saja.

Selain bebas biaya administrasi bulanan, masih terdapat fitur lain yang ditawarkan yaitu fasilitas kartu ATM. Hanya saja untuk Danamon iB Syariah tidak tersedia fitur SMS banking dan internet banking.

#6 Tabungan iB X-Tra CIMB Niaga Syariah

Kedua jenis tabungan ini berbasis syariah Islam dengan beragam kelebihan yang ditawarkan diantaranya juga bebas biaya administrasi bulanan.

Nominal setoran awal yang yang harus disediakan sebesar Rp200ribu dan untuk setoran selanjutnya minimal bisa dengan nominal sebesar Rp 10 ribu saja. Saldo minimum juga sangat ringan yaitu Rp 50 ribu sehingga tabungan ini akan sangat cocok untuk kalangan pelajar dan semua lapisan masyarakat.

#7 PermataTabungan iB Optima

Dengan setoran awal sebesar Rp 5 juta memang terbilang sangat besar untuk dapat membuka rekening tabungan di PermataTabungan iB Optima milik Bank Permata.

Saldo minimal sebesar Rp juta yang akan diberikan fasilitas diantaranya mobile banking, ATM, dan internet banking. Tabungan ini lebih ideal bagi masyarakat yang memiliki keuangan cukup mapan untuk disisihkan.

Baca juga ulasan mengenai cara melakukan transfer uang tanpa menggunakan rekening bank serta artikel lainnya tentang suku bunga dan produk deposito bank CIMB Niaga yang menguntungkan.

#8 Tabungan BNI Syariah iB Hasanah

Tabungan BNI Syariah iB Hasanah memberikan penaawaran dengan sistem akad atau perjanjian wadiah dan mudharabah.

Fasilitas yang akan diperoleh nasabah diantaranya adalah BNI Syariah Silver Card dengan jaringan ATM yang cukup luas. Fitur pendukung lainnya berupa e-Banking dan phone banking.

Untuk Tabungan BNI Syariah iB Hasanah dengan sistem mudharabah, terdapat biaya bulanan untuk pengelolaan rekening. Sementara untuk sistem akad Wadiah, dibebaskan dari biaya administrasi bulanan, gratis biaya pembuatan ATM, dan gratis biaya saldo minimum.

Calon nasabah harus menyiapakan setoran awal sebesar Rp 100 ribu. Dan untuk melakukan penutupan rekening Tabungan BNI Syariah iB Hasanah akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp20 ribu.

#9 Tabungan BTN e’Batarapos

Bank Tabungan Negara (BTN) selama ini BTN memang lebih banyak dikenal sebagai bank pemberi Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Namun perlu diketahui bahwa ada produk tabungan yang sangat menarik yaitu Tabungan BTN e’Batarapos.

Selain tanpa dikenakan biaya administrasi bulanan, membuka rekening tabungan ini hanya memerlukan setoran awal sebesar Rp50 ribu saja. Fasilitas lainnya yang akan diperoleh nasabah adalah kartu ATM untuk memudahkan melakukan transaksi.

#10 Tabungan Faedah BRI Syariah iB

Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah satu satunya yang paling akrab dengan masyarakat hingga ke wilayah pelosok.

Selain bank umum juga ada BRI yang berbasis syariah dimana nasabah bisa menabung tanpa harus dikenakan biaya administrasi bulanan dengan nama Tabungan Faedah BRI Syariah iB.

Setoran awal nya terbilang cukup ringan, yaitu sebesar Rp 100 ribu saja dengan saldo minimal sebesar Rp 50 ribu dengan fasilitas yang akan didapatkan oleh nasabah berupa gratis biaya penggantian buku, Kartu ATM, SMS banking, dan internet banking.

Simak juga ulasan tentang biaya transfer beda bank melalui ATM serta artikel menarik lainnya tentang jumlah saldo mengendap atau minimum didalam rekening bank.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!