Advertisement

Anda Menghadapai Situasi Keuangan Yang Bermasalah Jika Mengalami Hal Berikut Ini

MAsalah dan kondisi keuangan yang sulit

Uang merupakan alat yang digunakan untuk bertransaksi, tanpa adanya uang apa yang kita inginkan tidak bisa terpenuhi. Selama hidup terdapat hubungan antara keuangan dengan kebutuhan yang tidak akan pernah habis apabila dibahas.

Seorang yang sudah mampu mendapatkan penghasilan sendiri tentunya diharapkan mampu dalam mengatur dan mengelola keuangan pribadi demi masa depan yang lebih sejahtera dan terjamin.

Semakin berkembangnya zaman, kemewahan dan fasilitas yang ditawarkan pun cukup menggiurkan dan membuat kebanyakan orang lebih bersifat konsumtif menghabiskan penghasilannya untuk  memuaskan dalam pemenuhan kepuasan diri.

Fasilitas kredit dan pinjaman dari lembaga keuangan maupun perbankan saat ini juga begitu mudah bahkan adanya teknologi finansial telah menjadikan pinjaman dana secara online begitu menggoda.

Kejadian hal inilah yang membuat orang mengalami masalah dalam bidang keuangan hingga mengalami kebangkrutan dalam usahanya. Memang pada awalanya tidak terlalu berasa pada saat uang atau penghasilan yang kita miliki sedikit demi sedikit menjadi minus.

Banyaknya orang yang terlilit hutang hingga tidak bisa membayar bahkan sampai membuat asset yang dimiliki disita memang terdengar sangat terdengar miris.

Tanda tanda seseorang sedang dalam masalah keuangan yang sulit

Dalam artikel ini akan kita bahas mengenai gejala apa saja yang bisa kita kenali ketika kondisi keuangan yang anda miliki mulai menunjukkan situasi berbahaya yang perlu diperhatikan dengan sangat serius, yaitu :

#1 Memiliki utang lebih dari 30 persen penghasilan

Lembaga keuangan pada saat ini banyak memberikan kemudahan dalam memberikan dana kepada masyarakat dan biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang beragam baik produktif maupun konsumtif.

Atau mungkin juga apabila ditolak dari lembaga peminjaman bisa meminjam kepada kerabat atau orang yang dikenal lainnya.

Walaupun mudah dalam mendapatkan pinjaman, perlu diingat bahwa harus disesuaikan dengan kemampuan membayar hutang tersebut dan hutang yang yang kita ajukan tidak boleh lebih dari 30% pendapatan per bulan yang anda miliki.

Jika ternyata jumlah hutang yang anda miliki lebih dari batas tersebut, sudah dapat dipastikan bahwa keuangan anda sedang mengalami penurunan yang harus segera dibenahi.

#2 Kebiasaan gali lobang tutup lobang

Ketika orang memiliki satu hutang dia akan berusaha untuk menutupnya dan apabila tidak mampu dari penghasilan yang didapatkan, maka dengan mencari pinjaman lain supaya bisa menutup hutang yang ada dan biasanya akan terus seperti itu.

Ini yang biasa dilakukan masyarakat dan lebih dikenal dengan metode “Gali Lobang Tutup Lobang”. Jika anda tidak segera membenahi keadaan keuangan dan berusaha untuk menutupi semua pinjaman atau melakukan pelunasan, maka semakin lama tentu akan menjerat dan hidup anda akan semakin dihantui dengan hutang yang tidak ada hentinya.

Karakterisitik manusia apabila sudah dalam keadaan yang gelap mata, ketika bisa mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, kebanyakan mereka tidak menyadari akan besarnya cicilan bulanan yang harus diselesaikan.

Sehingga disarankan apabila ingin meminjam dimana saja harus anda ketahui terlebih dahulu besar pinjaman yang bisa anda dapatkan dengan nilai bunga cicilan yang harus anda bayarkan setiap bulannya.

#3 Mendapat peringatan kreditur

Penggunaan kartu kredit yang secara berlebihan sehingga pada saat jatuh tempo hanya bisa membayar minimal dan kadang melewati batas akhir tempo yang mengakibatkan peringatan tagihan selalu datang akibat penunggakan pembayaran.

Ini merupakan peringatan besar yang harus anda waspadai. Tidak hanya ditelpon, terkadang para kreditur pun tidak akan segan-segan mendatangi rumah maupun tempat anda bekerja.

Sebaiknya gunakan kartu kredit apabila dalam keadaan mendesak dan gunakan secara bijaksana. Selain itu bayarlah uang yang anda pakai sebelum jatuh tempo agar bunga yang dikenakan tidak berjalan.

#4 Pengajuan kredit dan pinjaman selalu ditolak

Banyak orang berbondong-bondong mengajukan kredit baik langsung menuju ke lembaga keuangan maupun mendatangi booth yang ada di pameran.

Biasanya mereka akan meminta data pribadi anda, kemudian dalam prosesnya pihak lembaga keuangan tersebut akan melakukan pengecekan nama kita atau yang dikenal dengan BI-checking.

Apabila sebelumnya anda memiliki masalah dengan pembayaran cicilan yang tidak lancar, maka sudah tentu pengajuan anda akan ditolak karena anda mengalami kredit macet. Segera lunasi segala bentuk pinjaman agar nama anda bersih dari daftar hitam bank.

Simak juga ulasan terkait mengenai strategi mengelola keuangan untuk menuju sukses finansial serta artikel menarik lainnya tentang tips mengelola hutang ketika sudah berumah tangga.

#5 Pendapatan minim

Hidup berjalan terus dan kebutuhan juga semakin banyak, namun kondisi keuangan anda sudah menipis dan tidak mampu lagi untuk memenuhinya.

Kejadian demikian merupakan indikator bahwa keuangan anda bermasalah karena pendapatan yang anda miliki sebagian besar habis digunakan untuk membayar hutang yang ada.

#6 Terkait dengan penggunaan kartu kredit

Ketika berbelanja menggunakan kartu kredit dan ternyata sudah tidak bisa digunakan padahal anda sudah membayar sebelumnya, hal ini sering terjadi dan kenapa bisa kartu tersebut tidak bisa dipakai?

Alasannya ialah pemakaian anda sudah mencapai batas maksimal yang diberikan dari pihak bank atau di akibatkan pembayaran yang anda lakukan tidak lunas atau hanya membayar minimal saja.

Sehingga bunga yang ada dalam kartu kredit semakin menumpuk, uang yang anda setorkan untuk membayar tidak mampu menutupi uang dari penerbit kartu kredit yang anda pakai.

Memang pada awalnya menggunakan kartu kredit sangat menyenangkan. Apabila pembayaran kita selalu lancar dan lunas, pasti anda akan ditawarkan dari pihak penyedia kartu kredit lain untuk anda menjadi nasabahnya.

Apabila anda disetujui untuk mendapatkan kartu kredit tersebut, tidak terasa anda akan memiliki banyak kartu kredit, sehingga apabila anda tidak bisa menahan diri, anda akan terjebak dalam gaya hidup yang konsumtif.

Kemungkinan besar anda akan mencoba untuk menggunakan kartu kredit menutupi dari pengeluaran dari kartu kredit yang lain. Hal inilah yang akan membuat anda terjerat oleh hutang kartu kredit.

Kebutuhan manusia selama hidup tidak akan pernah habis, selalu gunakan keuangan anda secara hemat dan bijaksana agar anda tidak terjebak dalam masalah keuangan.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!