Cara Mengatur atau Menghemat Uang Belanja Keluarga dan Pengeluaran Sehari Hari

Tips hemat uang belanja sehari hari

Mengatur dan menghemat belanja bulanan merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh semua orang terutama yang sudah berkeluarga dalam memenuhi kebutuhan sehari hari. Dari pada setiap hari harus bolak balik belanja lebih baik sekali belanja saja untuk kebutuhan selama satu bulan.

Hal ini tentunya dilakukan demi menghemat pengeluaran supaya tidak terlalu berlebih. Meskipun hal ini sudah menjadi rutinitas setiap bulan akan tetapi tidak sedikit orang yang masih mengalami kesulitan dalam melakukan pembelanjaan hal hal yang tidak perlu.

Tips cerdas agar hemat uang belanja kebutuhan sehari hari

Kondisi ini memang seringkali terjadi karena ketidakmampuan seseorang dalam mengatur keuangannya dengan baik. Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan untuk menghemat uang belanja.

#1 Membeli barang yang benar benar dibutuhkan

Kesalahan yang seringkali dilakukan oleh kebanyakan orang ketika berbelanja adalah mengambil barang barang yang tidak terlalu dibutuhkan di rumah.

Entah hal itu karena diskon atau keinginan saja yang tidak memperhatikan manfaatnya. Umumnya ketika masuk ke supermarket, orang orang lebih senang menggunakan troli dari pada keranjang belanja. Hal ini dikarenakan lebih mudah untuk membawanya.

Namun ketika apa yang kita beli tidak terlalu banyak dan memberikan banyak ruang kosong di troli, maka hal ini akan mempengaruhi psikologis untuk belanja lebih banyak lagi.

Sehingga niatan untuk berhemat kembali gagal. Penggunaan troli yang lebih kecil akan lebih efektif untuk memuluskan tujuan anda berhemat, karena anda lebih bisa mengatur jumlah belanjaan anda.

Kemudian lebih bak biasakanlah untuk memesan terlebih dahulu barang barang yang memang ingin dibeli sejak awal. Hal ini dilakukan untuk menghindari pembelian barang yang berlebih yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

#2 Jangan suka berlama lama di tempat belanja

Ingatlah satu hal ketika berbelanja yaitu supermarket bukanlah tempat untuk nongkrong seperti kafe yang bisa membuat anda tenang, nyaman dan bisa berlama lama di sana.

Semakin lama  anda berada di supermarket maka dorongan untuk membeli barang barang lain akan semakin besar, sehingga pengeluaran pun juga akan semakin banyak.

Baca juga ulasan terkait mengenai jenis kartu kredit paling tepat untuk kebutuhan belanja ibu rumah tangga serta artikel menarik lainnya tentang strategi merencanakan membeli rumah sendiri sebelum menikah.

#3 Waspada dengan jebakan diskon

Memang pada umumnya wanita itu sangat suka ketika melihat diskon besar sehingga tanpa sadar mereka akan langsung membelinya tanpa memikirkan kegunaannya.

Inilah yang acap kali menghalangi seseorang untuk memuluskan niatan mereka berhemat. Godaan selalu datang setiap waktu tanpa bisa mereka hindari. Perlu anda tahu bahwa supermarket punya trik trik jitu yang seringkali membuat anda kecewa pada akhirnya.

Beberapa supermarket meletakkan barang barang yang tidak berdiskon diantara barang barang yang didiskon. Oleh sebab itu dalam belanja dibutuhkan ketelitian dan kecermatan supaya anda tidak merasa kecewa. Buatlah daftar belanjaan terlebih dahulu supaya anda lebih fokus ingin membeli apa di supermarket.

Berikut adalah tips mengenai cara belanja online dengan harga lebih murah menggunakan promo dan diskon serta ulasan lainnya tentang cara mendapatkan voucher promo dan belanja gratis di toko online.

 

#4 Lebih baik berbelanja di hari kerja

Usahakan untuk berbelanja di saat hari kerja, karena supermarket tidak akan begitu ramai seperti halnya akhir pekan.

Jika sudah mendekati weekend sudah bisa dipastikan supermarket akan seramai jalan raya. Selain itu pada mome momen semacam ini akan dimanfaatkan oleh pihak supermarket untuk menaikkan harga produk. Hal hal kecil semacam ini perlu anda ketahui demi menyelamatkann kondisi keuangan anda.

#5 Membiasakan membuat daftar barang yang akan dibeli

Cara ini terbilang cukup efektif untuk menekan pengeluaran. Dengan menggunakan daftar belanja maka pikiran anda ketika belanja akan lebih fokus pada kertas yang anda pegang sehingga anda bisa lebih mengontrol pengeluaran. Selain itu barang yang akan anda beli pun memang benar benar sedang dibutuhkan.

Peletakkan posisi barang barang di supermarket itu bukan tanpa alasan. Inilah mengapa barang barang kebutuhan pokok selalu saja diletakkan di lorong paling belakang. Tentunya hal ini dilakukan supaya anda bisa melewati lorong barang barang lain sebelum mencapai tempat barang yang anda tuju. Untuk itu fokus dalam belanja memang sangat diperlukan. 

Tentunya ketika ke supermarket anda seringkali menemui para spg yang menawarkan sampel makanan gratis. Ketika anda sudah mencicipi maka secara tidak langsung anda akan tertarik untuk membeli produk tersebut. Maka dari itu pastikan bahwa sebelum belanja ke supermarket perut anda sudah kenyang dengan makanan rumah, sehingga anda pun tidak akan tergiur akan hal itu.

#6 Berbelanja kebutuhan keluarga dengan tidak mengajak anak anak

Ketika berbelanja ke supermarket usahakan untuk tidak membawa anak kecil karena biasanya anak anak akan meminta ini dan itu sehingga anda tidak bisa menolak permintaan mereka.

Terlebih lagi biasanya supermarket meletakkan jajanan anak anak yang manis di tempat yang lebih rendah supaya anak anak bisa menjangkaunya. Namun kalaupun memang terpaksa harus membawa anak kecil sesekali tidak apalah.

Sebelum sampai ke kasir biasanya anda akan mengantri terlebih dahulu. Nah, pada waktu itulah gunakan untuk mereview belanjaan anda apakah sudah sesuai dengan daftar belanjaan atau tidak. Kalau memang terdapat barang yang tidak terlalu dibutuhkan di rumah sebaiknya anda tinggal saja.

Pilihlah produk generic karena pada umumnya produk ini memiliki harga yang lebih terjangkau. Maka usaha anda untuk menghemat pengeluaran akan lebih mudah.

Perhatikanlah bahwa barang barang yang biasanya diletakkan di dekat kasir itu tujuannya untuk menarik minat anda supaya membeli. Inilah yang harus anda hindari bagiamanapun caranya. Karena lapar mata seringkali menjerumuskan anda. Pada akhirnya di rumah anda akan menyesali kenapa anda tadi membeli barang itu.

#7 Tidak perlu mudah tergiur dengan tawaran kupon belanja

Tahukah anda bahwa kupon itu juga bisa membuat anda harus belanja banyak. Untuk itu anda perlu untuk memahami penggunaan kupon yang tidak perlu. Gunakanlah kupon yang sekiranya menguntungkan saja. Jangan terjebak dengan kupon kupon semacam itu.

Simak juga artikel terkait mengenai tips cermat mengatur keuangan gaji bulanan secara efektif serta ulasan menarik lainnya tentang nasehat penting agar anda bisa mencapai sukses finansial.

 

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!