Advertisement

8 Tips Cermat Cara Mengatur Keuangan Gaji Bulanan Dengan Baik dan Efektif

Mengatur keuangan gaji bulanan

Mengapa seseorang perlu memahami cara mengelola atau mengatur keuangan dari gaji yang diterima setiap bulan dengan lebih baik serta agar bermaanfaat dan efektif?

Tidak sedikit orang yang mengalami kesulitan dalam mengatur gaji bulanannya. Apalagi ketika jaman sudah modern seperti ini godaan untuk menghabiskan uang anda di sana sini.

Hal in bisa saja terjadi pada diri anda karena ketidak mampuan dalam mengelola gaji anda. Namun jangan khawatir berikut ini saya berikan cara jitu untuk mengelola gaji bulanan supaya tetap tersisa. Apa saja tipsnya? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Cara mengelola keuangan dengan bijaksana untuk mencapai posisi finansial yang mapan

#1 Buat anggaran bulanan

Cara yang pertama untuk mengelola ataupun mengatur gaji bulanan anda bisa anda lakukan dengan langkah membuat daftar anggaran bulanan.

Mulai sekarang buatlah daftar pengeluaran untuk kebutuhan anda menjadi dua bagian yakni kebutuhan primer sepeti makanan, ongkos kerja, tagihan air dan listrik, cicilan motor dan lain sebagainya.

Serta kebutuhan tersier misalkan saja untuk jalan jalan, belanja, dan lain lain. Hal ini sudah bisa anda persiapkan mulai sekarang sebagai bentuk antisipasi supaya gaji bulanan anda tidak melulu habis.

#2 Segera bayar tagihan tanpa menundanya

Ketika gaji bulanan anda sudah turun maka sebaiknya tagihan apapun yang anda miliki segeralah untuk membayarnya supaya tidak menunggak melulu dan menambah beban anda.

Misalnya saj tagihan motor, tagihan air dan listri, tagihan telopon ataupun tagihan tagihan lain yang anda punya. Hal ini sangatlah penting supaya kebutuhan sehari  hari tidak tersendat gara gara masalah ini.

Dengan menyisihkan uang untuk tagihan ini maka anda akan lebih mudah dalam mengatur pengeluaran anda yang lainnya.

#3 Jangan lupakan untuk tabungan

Tabel Pinjaman Kredit BRI

Sebaiknya sebelum gaji anda habis maka cobalah menyisihkannya untuk ditabung. Karena hal ini pada akhirnya akan menguntungkan anda juga.

Suatu saat bila terjadi gangguan dengan pekerjaan maka uang di dalam tabungan anda bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan.

Selain itu dengan menabung anda juga bisa menyelamatkan uang dari pengeluaran pengeluaran yang tidak penting yang bisa menghabiskan uang dengan sia sia. Simak tentang perbedaan antara tabungan britama dan simpedes.

#4 Buat catatan keuangan harian

Ketika anda berbelanja pastinya anda mendapatkan sturk belanja bukan?. Nah, mulai sekarang simpan struk tersebut sebagai satu langkah untuk membuat laporan keuangan harian anda.

Selain bisa untuk mengetahui kemana saja uang anda pergi selama ini anda juga bisa menganalisis barang barang apa saja yang sebaiknya tidak perlu untuk dibeli. Dengan ini penggunaan uang akan menjadi lebih hemat dan terkontrol.

Belajar mengelola keuangan pribadi memang sangat penting dilakukan karena akan membantu anda memanajemen ekonomi kehidupan anda sendiri.

#5 Miliki lebih dari satu rekening bank

Sebaiknya mulai sekarang anda membuat dua rekening yang berbeda. Yang satu bisa anda gunakan untuk keperluang sehari hari misalnya saja membayar tagihan, belanja dan lain sebagainya.

Kemudian rekening yang kedua bisa anda khususkan untuk tabungan masa depan. Buatlah prosentase khusus untuk nominal tabungan anda. Usahakan jangan sampai jumlahnya terlalu besar yang penting bisa rutin menabungnya dan konsisten. Lakukanlah hal ini sebagai suatu kewajiban atau keharusan bagi anda setiap bulannya.

Selain itu anda juga harus bisa menentukan jenis rekening dari fitur fiturnya apakah sesuai dengan keuangan anda berapa jumlah saldo minimal atau mengendap didalam rekening dan kalau bisa memilih jenis rekening tanpa biaya admisnistrasi bulanan.

#6 Bijaklah bagi yang menggunakan kartu kredit

Kartu Kredit Bebas Gratis Iuran Tahunan

Ketika anda telah memegang kartu kredit maka usahakanlah jangan sampai sembarangan dalam pemakaiannya. Justru dengan ini seharusnya anda gunakan untuk membantu anda dalam mengelola keuangan.

Misalkan saja gunakan promo yang diberikan untuk membeli barang barang yang anda butuhkan atau bisa juga anda gunakan untuk membayar semua kewajiban atau tagihan.

Satu lagi jangan lupa ketika sudah mendapatkan tagihan kartu kredit maka segeralah untuk melunasinya jangan birkan sampai nunggak. Atau sebisa mungkin anda harus memilih jenis kartu kredit dengan fasilitas cicilan dan bunga ringan agar lebih menguntungkan.

#7 Investasi tetap harus dipertimbangkan

Ketika anda sudah membagi gaji anda untuk tabungan dan kebutuhan sehari hari namun setalah anda hitung hitung masih ada kelebihan maka sebaiknya digunakan untuk berinvestasi dengan mengikuti asuransi, reksadana ataupun bisa juga anda belikan emas dengan nilai jual yang cukup tinggi.

Investasi dan menabung adalah dua hal yang berbeda namun intinya sama sama menyimpan harta. Bila tabungan bisa anda ambil setiap saat namun berbeda dengan investasi yang hanya bisa ambil pada kurun waktu tertentu saja.

Kedua cara ini tentunya sangatlah menguntungkan bagi anda karena sama sama bisa menjamin masa depan anda menjadi lebih cerah. Simak selengkapnya pada artikel jenis investasi yang paling menguntungkan.

#8 Lakukan perbandingan

Anda bisa membandingkan jumlah pengeluaran dan anggaran bulanan anda. Hal in harus dilakukan untuk mengetahui apakah pengeluaran anda sesuai dengan anggaran yang telah dibuat atau tidak.

Jika hasilnya tidak sama maka sudah waktunya anda untuk memperbaiki anggaran. Cocokanlah dengan pengeluaran yang telah terjadi, dengan ini anda bisa mengetahui barang barang apa saja yang menguras dana yang cukup besar.

Hal seperti ini bukan hanya membiasakan diri anda untuk mencatat semua jenis pengeluaran dari gaji bulanan anda, melainkan bisa melatih anda untuk mematuhi peraturan keuangan. Anda bisa menggunakan uang dengan bijak mulai sekarang. Karena dengan ini anda bisa menghargai kerja keras yang sudah dilakukan.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!