Mengapa Orang Lebih Memilih Belanja Online, Ini 5 Alasan Paling Umum

Alasan mengapa orang lebih memilih belanja online

Saat ini belanja online memang sangat digemari oleh banyak orang. Mungkin karena alasan praktis dan mudah masyarakat lebih memilihnya.

Dengan adanya trend seperti ini membuat para pebisnis semakin berlomba-lomba untuk mengembangkan usahanya. Dan ternyata terbukti dengan menggunakan system online proses pemasaran menjadi lebih efektif.

Ternyata dengan adanya fenomena semacam ini dipengaruhi oleh beberapa hal yang salah satu diantaranya adalah pertumbuhan e-commerce yang semakin pesat.

Hal ini juga didukung dengan semakin berkembangnya teknologi yang memunculkan sejumlah fitur-fitur terbaru yang semakin canggih sehingga memudahkan semua orang dalam berakitivitas dan bermobilisasi.

Dari data BPS memang telah menunjukkan adanya peningkatan masyarakat dalan berbelanja online dari tahun ke tahun. Dan dari fakta tersebut Bank Indonesia memperkirakan saat ini ada sekitar 24,7 juta orang yang melakukan belanja online setiap tahunnya.

Ini tentunya jumlah yang sangat luar biasa mengingat internet di Indonesia yang masih belum merata namun ternyata antusias masyarakat terhadap system belanja online sangat besar.

Bahkan dengan dikeluarkannya fakta tersebut diperkirakan pula transaksi e-commerce mencapai Rp 144 triliun pada tahun 2018 ini.

Keunggulan dan keuntungan melakukan belanja online

Ada banyak keuntungan yang diperoleh oleh masyarakat ketika berbelanja online salah satunya bisa lebih menghemat waktu. Adapun beberapa hal yang membuat masyarakat lebih memilih belanja online adalah:

#1 Lebih praktis waktu dan tenaga

Semakin banyaknya jumlah kendaraan bermotor di Indonesia seringkali membuat lalu lintas macet parah. Pada jam tertentu orang seringkali terjebak dalam situasi seperti ini dan tidak jarang membuat emosi memuncak kala cuaca panas sedang menerjang.

Ketidaksabaran masyarakat untuk ingin segera sampai di tempat tujuan tidak jarang membuat satu sama lain harus beradu argumen dan akhirnya menimbulkan keributan.

Peristiwa semacam ini akhirnya mendorong banyak orang menjadi malas untuk keluar rumah. Tetap di rumah terkadang memang pilihan yang tepat untuk menghindari kejadian yang semacam ini.

Fenomena seperti inilah akhirnya dijadikan sebuah alasan orang-orang untuk lebih memilih belanja secara online dari pada harus datang langsung ke tokonya.

Dengan hanya duduk manis di rumah orang-orang bisa memilih barang yang mereka suka tanpa perlu repot-repot untuk ke luar rumah melewati kemacetan dan cuaca yang terlalu ekstrim.

Bahkan anda juga tak perlu bersusah payah untuk mengantre di kasir dengan menenteng banyak barang yang seringkali membuat anda kelelahan.

#2 Berkesempatan memperoleh banyak promo

Semakin mengglobalnya e-commerce mendorong para pebisnis online untuk memberikan banyak promo menarik guna menggugah minat masyarakat untuk berbelanja.

Berbagai promo yang ditawarkan oleh para penjual akhirnya membuat masyarakat lebih menyukai transaksi secara online.

Promo yang biasa ditawarkan oleh para pebisnis online diantaranya adalah promo voucher belanja dan poin reward. Belanja online akan semakin mengasyikkan ketika anda mampu memaksimalkan penggunaan kartu kredit.

Karena biasanya promo selalu tersedia bagi para pengguna kartu kredit dadri point reward hingga cicilan dengan bunga 0%. Sehingga pengeluaran untuk belanja anda akan lebih hemat.

Simak juga ulasan terkait mengenai Tips mendapatkan banyak promo dan diskon dari online shop serta artikel menarik lainnya tentang Tips belanja melalui internet dengan harga murah dan aman.

#3 Lebih banyak pilihan pembayaran

Menggunakan e-money uang elektronik

Tak perlu khawatir dan ragu untuk berbelanja online, karena zaman sudah semakin canggih dan para pelaku bisnis online tentunya telah banyak bekerjasama dengan para lembaga keuangan sebagai partner pembayaran.

Hal inilah yang akhirnya membuat para toko online menyediakan cicilan tanpa kartu kredit. Sehingga tak perlu risau untuk membeli barang-barang yang diinginkan hanya dengan pilih saja anda sudah bisa mendapatkan barang yang anda mau.

Namun perlu diingat anda harus tetap memperhatikan batas kemampuan financial anda, jangan malah karena kasyikan berbelanja online membuat problem baru dalam rumah tangga anda.

Baca juga tentang contoh beberapa jenis uang elektronik dan penerbitnya serta ulasan terkait mengenai cara membuat rekening bersama untuk transaksi online.

#4 Pilihan dan varian barang yang lebih lengkap serta detail

Mungkin banyak dari anda yang sering pergi ke mall namun tak dapat apa-apa. Hal ini memang bukan perkara baru ketika berbelanja langsung.

Biasanya barang yang anda mau stoknya habis dan akhirnya membuat anda harus pulang dengan tangan kosong.

Namun jika berbelanja online anda tak perlu khawatir lagi akan hal ini. Umumnya para pelaku bisnis online berasal dari seluruh wilayah Indonesia bahkan bisa dari berbagai negara di dunia sehingga anda akan sangat mudah mencari dan mendapatkan barang sesuai dengan kemauan anda tanpa perlu takut stok tak ada.

#5 Bisa membandingkan harga barang dengan lebih cepat

Membandingkan produk yang satu dengan produk yang lainnya ketika berbelanja langsung memang seringkali menyulitkan anda sebagai pembeli.

Tak jarang membuat anda menjadi dilema untuk membeli barang tersebut. Namun dengan hadirnya system belanja online ini maka anda bisa membandingkan barang yang sejenis dari berbagai situs yang ada. Mulai dari yang murah hingga yang mahal bisa anda jumpai di sana. Tinggal pilih mana yang anda mau.

Tips aman melakukan belanja online

#1 Belanja hanya pada situs dan toko online yang sudah terpecaya

Semakin menjamurnya toko online di Indonesia bahkan di dunia, mendorong para orang-orang yang tidak bertanggun jawab untuk melakukan sebuah tindakan yang merugikan.

Mereka mampu memanfaatkan situasi semacam ini untuk meraup keuntungan bagi dirinya sendiri. Oleh sebab itu dalam berbelanja online anda harus ekstra hati-hati karena kejahatan tidak mengenal siapa saja tanpa perduli waktu.

Sebelum memutuskan untuk berbelanja online alangkah baiknya jika anda memeriksa terlebih dahulu apakah situs tersebut merupakan situs resmi atau bukan. Pilihlah toko dengan rating kunjungan yang baik.

#2 Gunakan metode pembayaran yang aman

Dalam melakukan belanja online sebaiknya anda memilih system pembayaran yang aman dan bebas dari tindak kejahatan misalnya saja seperti Cash on Delivery atau dengan menggunkan kredit tanpa kartu kredit melalui Kredivo.

Mungkin pilihan kredit jauh lebih banyak anda temui di toko-toko online ketimbang system COD.

Mengingat tidak semua situs online memfasilitasi system pembayaran semacam ini mungkin karena alasan jarak dan waktu juga.

Dengan menggunakan Kredivo sebelum bertransaksi anda bisa melihat kondisi barang terlebih dahulu dan kamu bisa menyesuaikannya dengan spesifikasi yang tertera di toko.

Bila tidak sesuai maka anda bisa meminta untuk ditukar selama transaksi belum terjadi. Besarnya cicilan di Kredivo pastinya tidak akan menyulitkan anda nantinya karena bunga yang diterapkan hanya sebesar 2,29% per bulan dengan masa cicilan mulai dari 3, 6 hingga 12 bulan. Dan lebih enaknya lagi anda tak perlu menyediakan uang muka untuk bertransaksi.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!