Membuat Rekber dan Pemahaman Tentang Apa Itu Rekening Bersama Pada Transaksi Online

Membuat Rekber (rekening bersama) OLX, Bukalapak, Tokopedia

Pentingnya membuat rekening bersama (rekber) untuk melakukan transaksi pembelian atau pembayaran secara online yang lebih aman seperti pada tokopedia, bukalapak, olx dan beberapa forum jual beli lainnya memang sangat menunjang kelancaran dalam berbisnis.

Belanja online sekarang ini bukanlah hal baru lagi apalagi didukung dengan kecanggihan teknologi. Bahkan mungkin orang orang sudah tidak asing lagi dengan istilah Rekber.

Rekber merupakan singkatan dari rekening bersama. Apa fungsingnya? Rekber ini digunakan untuk transaksi jual beli yang nilainya cukup besar, seperti halnya jual beli laptop, barang digital dan benda elektronik lainnya.

Ketahuilah bahwa Rekber itu sesungguhnya adalah suatu istilah dalam lembaga keuangan yang digunakan dalam kegiatan transaksi online. Di luar negeri pun mengenal kegiatan ini namun dengan istilah lain yaitu Escrow Service.

Mengenal lebih jauh fungsi serta manfaat rekening bersama

Perlu anda tahu bahwa rekber itu bisa disebut sebagai situs resmi maupun tidak resmi. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan setiap situs belanja online umumnya memiliki rekber sendiri sehingga tidak semua rekber bisa dipakai di semua situs belanja online.

Jika anda masih ragu akan hal ini, maka anda bisa menanyakan hal ini secara langsung terhadap pemilik situs bisnis online apakah menyediakan jasa ini atau tidak.

Rekber ini digunakan sebagai perantara antara pihak penjual dan pembeli dalam kegiatan transaksi. Sehingga umumnya uang yang seharusnya diterima langsung oleh pihak penjual harus melalui rekber ini.

Rekber akan mengirimkan uangnya kepada pihak penjual hanya ketika barang yang dimaksud sudah diterima dan disetujui oleh pembeli.

Penggunaan rekber ini bukan berarti gratis, anda sebagai penerima fasilitasnya akan dikenakan biaya administrasi sesuai dengan jumlah transaksi yang anda lakukan. Pengenaan biaya ini akan diseusaikan dengan aturan dala perjanjian yang telah disepakati oleh pihak penjual dan pembeli. Jika anda beruntung anda bisa mendapatkan rekber yang bebas biaya alias gratis.

Cara kerja dan penggunaan rekber pada transaksi online

Untuk cara kerja Rekening bersama (rekber) agar mudah dipahami dapat di ilustrasikan sebagai berikut:

Cara kerja rekber

  1. Pembeli dan penjual telah menyetujuai mengenai spesifikasi barang mulai dari harga, ukuran, garansi, ongkos kirim, warna dan lain sebagainya. Dan tentunya telah menyepakati pembayarannya dengan menggunakan fasilitas rekber.
  2. Pihak pembeli akan langsung mentransfer jumlah uang yang dimaksud beserta dengan fee (bila ada)
  3. Kemudian pihak pembeli aka mengkonfirmasi ke penyedia jasa rekber dengan format sesuai aturan yang berlaku di sana.
  4. Setelah itu penyedia jasa rekber akan mengkonfirmasi permintaan dari pembeli dan pembeli pun sudah masuk dalam rekeningnya.
  5. Setelah konfirmasi dilakukan kepada pembeli, kemudian pihak penyedia jasa rekber mengkonfirmasi pihak penjual untuk segera mengirim barang yang dimaksud.
  6. Bagi pihak penjual kirimkan pula datan banknya kepada penyedia rekber untuk memudahkan pencairan dana.
  7. Bila barang sudah diterima maka periksalah apakah barang sesuai dengan yang anda maksud atau tidak. Jika sesuai maka segeralah untuk mengkonfirmasinya kepada pihak rekber.
  8. Setelah konfirmasi dari pembeli dilakukan maka selanjutnya pihak rekber akan mencairkan dana untuk pihak penjual dan dipotong fee bila ada
  9. Transaksi pun sudah selesai

Jangan lupa baca juga artikel tentang beragam modus penipuan melalui bisnis online yang harus di waspadai serta ulasan terkait mengenai produk paling laku dan laris dijual melalui online.

Keuntungan dan kemudahan yang diperoleh dari rekening bersama

Dari beberapa penjelasan mengenai tahap transaksi jual beli melalui rekber di atas bagaimana menurut anda? Sedikit rumit bukan?

Walaupun demikian sebenarnya rekber ini memberikan beberapa keuntungan bagi para pelaku transaksi online. Berikut ini beberapa keuntungannya.

  1. Memberikan jaminan keamanan. Hal utama yang sering dipertanyakan dalam transaksi online adalah keamannya. Para pembeli sering kali merasa was – was jika harus bertransaksi online karena rentan sekali dengan tindak penipuan. Namun dengan menggunakan rekber ini anda tidak perlu khawatir karena sangat terjamin.
  2. Pihak pembeli bisa melakukan pembatalan bila barang yang dimaksud tidak sesuai dengan yang diinginkan atau belum juga datang. Hal ini tentunya akan sulit dilakukan bila transaksi yang dilakukan secara langsung. Di samping sudah sama – sama tahu pastinya anda akan sungkan untuk melakukan pembatalan.
  3. Untuk pihak penjual dengan menggunakan fasilitas rekber ini maka secara tidak langsung akan membuat situs online anda akan semakin terpercaya.
  4. Jika anda merupakan salah satu orang yang masih pemula dalam bisnis online, untuk memudahkan anda dalam melakukan penjualan, maka anda bisa menggunakan fasilitas rekber ini.

Simak juga ulasan terkait mengenai cara mendapatkan rekening koran Bank dan penggunaannya serta artikel menarik lainnya tentang 12 macam rekening bank tanpa biaya administrasi bulanan.

Penggunaan rekber ini secara fisik memang terlihat lebih rumit jika dibandingkan dengan transaksi langsung, akan tetapi keamanan anda akan lebih terjamin. Semoga setelah anda membaca artikel ini maka anda akan lebih selektif lagi dalam berbelanja online.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!