Waspadai Beragam Modus Penipuan Yang Sering Terjadi Melalui Bisnis Online

Penipuan bisnis online

Tidak bisa dipungkiri kalau saat ini bisnis online merupakan usaha yang sedang menjadi primodona dikalangan masyarakat. Hanya bermodalkan laptop ataupun smartphone dengan jaringan internet anda sudah memiliki sebuah bisnis yang bisa menghasilkan uang dari internet.

Bisnis online itu memang cukup mudah jika kita lihat akan tetapi sebenarnya membutuhkan pengorbanan waktu yang cukup besar untuk belajar. Orang orang yang bisa konsisten dan kreatif lebih berpeluang akan sukses menjalankan binis ini dengan baik. Karena usaha ini sangatlah rentan dengan kejahatan salah satunya adalah penipuan.

Sebelum benar benar terjun ke dunia bisnis online tidak ada salahnya jika anda pahami terlebih dahulu bisnis yang sedang anda ikuti saat ini, apakah memang benar benar menajanjikan dan terpercaya. Karena menurut beberapa sumber menyatakan bahwa tidak semua bisnis online itu bisa mendatangkan keuntungan yang benar, justru kalau anda tidak jeli maka kerugaian yang akan anda dapatkan.

Antisipasi penipuan yang memakai media bisnis online

Sesungguhnya bisnis online itu sama halnya dengan bisnis offline yang juga membutuhkan usaha keras dalam melakukannya. Terlebih lagi anda juga harus pandai dalam mengambil suatu tindakan yang berkaitan dengan keberlangsungan bisnis yang anda geluti tersebut.

Perbedaan yang mencolok antara kedua bisnis tersebut adalah media yang dipakai. Dalam berbisnis online seseorang haruslah memiliki pengetahuan yang memadai dan juga modal materi yang mencukupi. Jika ada orang yang mengatakan bahwa dengan menjalankan sebuah aplikasi saja bisa mendapatkan penghasilan senailai jutaan rupiah tanpa didukung pengetahuan tentang berbisnis online yang mumpuni, maka bisa dipastikan bahwa orang orang ini memiliki niat yang tidak baik.

Dengan semakin banyaknya netizen atau pengguna internet, ternyata telah memberikan peluang bagus bagi orang – orang yang memiliki niat buruk untuk melakukan tindak kejahatan demi meraup keuntungan dari kondisi seperti ini.

Perlu anda ketahui bahwa dengan semakin canggihnya teknologi dari waktu ke waktu maka peluang tindak kejahatan di dunia maya akan semakin terbuka lebar, seperti halnya penipuan yang mengatasnamakan jasa atau pun toko online. Oleh sebab itu sebelum melakukan transaksi keuangan secara online sebaiknya periksa dulu situs tersebut apakah terpercaya atau tidak.

Bagi anda yang memiliki niatan untuk menggeluti bisnis online, alangkah baiknya jika anda lebih kritis dan tidak mudah dibujuk rayu oleh informasiyang tidak jelas kebenarannya.

Biasanya oknum seperti ini menggunakan tata bahasa yang  begitu manis sehingga bisa mempengaruhi manusia secara emosional untuk bisa terjerumus ke dalam bisnis online yang menyesatkan.

Sebaiknya ketika mendapatkan tawaran bisnis dari orang yang tidak anda kenal maka langkah yang terbaik adalah dengan mempelajari terlebih dahulu bisnis tersebut. Jangan mudah dibujuk rayu dan di pamerkan pendapatan besar dalam waktu yang relative singkat dari bisnis online yang pada dasarnya belum anda ketahui kebenarannya.

5 Hal yang patut dicurigai sebelum anda memutuskan bergabung dalam bisnis online

Para pelaku seperti ini memiliki kemampuan bersembunyi dan bebicara manis dengan sangat baik, bahkan orang yang setiap harinya akrab dengan internet tidak menyadari bahwa mereka telah masuk ke dalam bujuk rayuan para penipu.

Bagi anda yang memiliki keinginan terjun ke dunia bisnis online dan ingin terhindar dari hal hal yang buruk seperti itu, maka alangkah baiknya jika anda pahami benar tentang ciri ciri dari penipuan yang berkedok bisnis online diantaranya ialah:

#1 Menggunakan ID anonymous (tidak jelas)

Tidakah anda tahu kalau orang orang yang melakukan penipuan selalu saja berusaha untuk menutup nutupi identitas aslinya, mulai dari nama, alamat dan informasi lain yang berkaitan dengan dirinya yang bisa memudahkan orang lain untuk melakukan pelacakan terhadapnya.

Motifnya yaitu ketika ia mulai melancarkan aksinya tersebut maka orang lain tidak akan bisa melakukan pelacakan terhadapnya.

Salah satu kelemahan dari bisnis online adalah korban tidak bisa melakukan tatap muka secara langsung saat bertransaksi. Inilah yang akhirnya dimanfaatkan oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan tindak kejahatan.

#2 Informasi kontak tidak bisa dihubungi atau respon yang lambat

Salah satu cirinya lagi adalah adanya pembatasan jalur kontak antara membernya, hal ini bisa mengindikasikan bahwa bisnis tersebut rawan akan tindak kejahatan.

Sebelum anda benar benar memutuskan untuk menjadi member dalam dunia bisnis online maka periksalah dulu kontak yang ada dalam situs tersebut dan cobalah untuk menghubunginya jika ada.

Tujuannya adalah untuk mengecek apakah pemilik merespon atau tidak. Jika ya, cobalah untuk menanyakan perihal bisnis yang ia kelola apakah masuk akal atau tidak. Jika jawaban yang ia berikan terkesan tidak terlalu meyakinkan dan berbelit belit maka bisa dipastikan bahwa bisnis ini tidak terpercaya alias penipuan.

Simak juga ulasan terkait mengenai cara memulai bisnis internet untuk pemula serta artikel menarik lainnya tentang strategi jitu memenangkan persaingan bisnis online.

#3 Produk yang ditawarkan meragukan

Dalam berbisnis pastinya ada tahap di mana antara pembeli dan penjual melakukan transaksi. Nah, untuk memastikan keaslian dan kelegalan bisnis ini anda bisa memeriksanya melalui layanan yang diberikan.

Apabila bisnis ini ada kaitannya dengan sebuah produk, maka setidaknya anda bisa mendapatkan ulasan atau testimoni dari user atau konsumen yang sudah pernah menggunakannya dan ini bukan hanya fake testimoni belaka.

Jika tidak terdapat review dari banyak sumber maka dapat di curigai bahwa produk yang ditawarkan dari bisnis online ini sangat meragukan.

#4 Menjanjikan penghasilan besar dengan cara instan

Pada poin inilah banyak masyarakat terjebak dengan iming iming penghasilan yang banyak dengan cara yang begitu mudah dan cepat. Contohnya seperti, mau memiliki penghasilan Rp10 juta per hari hanya dengan modal awal Rp250 ribu saja tanpa harus bekerja, biarkan uang Anda yang bekerja kepada Anda. Apakah iklan tersebut bisa masuk akal? tentu saja jawabannya tidak sama sekali.

Namun bagi pihak penipu segala hal akan di jadikan masuk akal supaya mereka bisa mendapatkan keuntungan yang banyak dengan cara yang mudah.

#5 Tidak banyak sumber yang merekomendasikan

Cara yang paling tepat sebelum anda memutuskan bergabung dengan bisnis online adalah memeriksa dan mengumpulkan informasi terlebih dahulu mengenai seluk beluk dari bisnis tersebut.

Berusahalah untuk bertanya kepada orang orang yang sudah lama bergelut di dunia bisnis online, karena dengan begini anda akan mendapatkan wawasan yang baik mengenai bisnis internet ini. Jika bisnis tersebut sedikit atau bahkan tidak ada sumber yang merekomendasikan, maka janganlah sekali kali berniat untuk bergabung.

Minimal anda bisa mencari informasi yang akurat melalui situs forum tempat berkumpulnya para internet marketer dimana pada umumnya akan banyak sekali ulasan yang mereview mengenai jenis jenis bisnis online terbaru. (centrausaha.com)

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!