Advertisement

Rekening Koran Bank: Cara mendapatkan dan Kegunaannya Dalam Transaksi Keuangan

Cara mendapatkan rekening koran dari bank dan fungsi kegunaannya

Pernah mendengar istilah rekening koran dari bank BRI, Mandiri, BCA, BNI? Bagaimana cara mendapatkan dan apa kegunaannya dalam sebuah transaksi keuangan mungkin masih banyak yang belum sepenuhnya memahami hal ini.

Menabung di bank selalu mendapatkan buku tabungan beserta ATM jika menginginkan transaksi  dengan lebih mudah.

Sedangkan untuk rekening koran itu sendiri adalah laporan dari setiap transaksi-transaksi yang dilakukan oleh pemilik rekening tersebut dan disesuikan dengan bank penerbit atau bisa juga dikatakan sebagai ringkasan traksaksi keuangan.

Dalam rekening koran juga memuat apa saja yang ada di buku tabungan yaitu tanggal, saldo debet maupun kredit, beserta pajak yang dikenakan dll.

Rekening koran ini biasanya digunakan untuk pengurusan perbankan seperti pinjaman dalam jumlah besar maupun pengajuan kredit kepemilikan rumah (KPR) dan periode transaksi yang harus disertakan umumnya adalah 3 bulan terakhir sesuai rekening yang diterbitkan.

Agar anda tidak bingung mengenai arti rekening koran dan apa saja kegunaanya, simak penjelasan di bawah ini :

Pengertian rekening koran yang diterbitkan oleh bank

Rekening koran bank tidak berbeda jauh dengan buku tabungan pribadi, ini adalah bentuk laporan transaksi dari segala aktifitas yang ada di rekening bank seperti menabung, transfer, mengambil, mendapatkan bunga, dan semua angka yang tertera adalah sesuai dengan besar uang yang dipergunakan serta terdapat saldo awal maupun saldo terakhir pada saat anda lihat atau disesuikan dengan jangka waktu yang anda inginkan.

Fungsi dan kegunaannya dalam keuangan

Sebagai pemilik dari rekening korang diharapkan anda harus mengerti benar gunannya. Dengan adanya rekening ini akan memudahkan pihak bank mengetahui atau sebagai bukti bahwa anda benar-benar memiliki penghasilan.

Dari setiap transaksi yang terlihat di rekening tersebut akan memberikan analisa apakah arus keuangan yang anda miliki tergolong kedalam aktivitas cashflow lancar.

Contoh apabila anda berencana untuk mengambil rumah baru dengan fasilitas KPR maka syarat utama yang harus diajukan selain dari kartu identitas adalah rekening koran selama 3 (tiga) bulan terakhir.

Kemudian dari rekening koran yang anda berikan, pihak bank akan melakukan analisis apakah besar jumlah pinjaman anda nantinya bisa anda lunasi atau tidak.

Inilah yang menjadi tolak ukur bahwa pengajuan kredit ke bank anda bakal disetujui atau akan di tolak.

Selain digunakan secara perorangan, rekening korang ini pun juga penting bagi anda yang tergolong sebagai pengusaha. Karena rekening koran ini pun juga bisa menjadi parameter apakah besar dana yang diajukan untuk menambah modal usaha tersebut nantinya disetujui oleh pihak bank.

Strategi yang sering dilakukan oleh para pengusaha pada saat akan mengajukan pinjaman modal adalah mereka akan memperbaiki transaksi keuangan mereka dengan cara memperbanyak aktivitas keuangan agar di rekening koran terdapat laporan transaksi yang lancar.

Sebagai gambarannya adalah mereka akan melakukan kegiatan menabung di bank selama beberapa kali kemudian menariknya lalu pada hari tertentu mereka akan memasukkan kembali uang yang mereka Tarik. Begitu seterusnya karena akan tercatat bahwa arus keuangan terlihat bagus.

Jika bisa mempertahankan kondisi aliran keuangan yang seperti ini minimal selama 3 (tiga) bulan sesuai dengan syarat yang diajukan dari pihak bank maka besar kemungkinan bahwa setiap pengajuan anda akan diterima.

Cara meminta atau mendapatkan rekening koran dari bank

Bagaimana cara mendapatkan rekening koran? Apakah prosesnya lama disertai dengan persyaratan yang rumit?

Caranya cukup mudah, anda hanya perlu datang ke bank dimana anda membuka rekening atau menabung, kemudian memberikan informasi kepada pihak bank tersebut bahwa anda ingin mencetak transaksi yang terjadi selama periode yang diinginkan misalkan transaksi yang terjadi selama 3(tiga) bulan terkahir atau bahkan 6 (enam) bulan terakhir atau disesuaikan dengan periode yang anda butuhkan.

Di dalam rekening koran tersebut semua transaksi akan tercatat secara transparan tanpa ada sedikitpun aktivitas yang tidak tercantum.

Hal-hal yang bisa anda lihat adalah saldo awal serta saldo akhir yang dimiliki, potongan biaya adminstrasi, laporan kredit dan debit dalam rekening anda.

Simak juga ulasan terkait mengenai rekening tabungan bank yang bebas biaya administrasi bulanan serta artikel menarik lainnya tentang 8 jenis tabungan bank mandiri syariah beserta keunggulannya.

Demikian penjelasan singkat mengenai rekening koran beserta kegunaanya. Pastikan selalu bahwa laopran transaksi anda bagus dan lancar agar apapun yang ingin anda ajukan kepada pihak perbankan akan mendapatkan persetujuan sehingga bisa anda rasakan betul manfaat dari memiliki rekening koran ini. (centrausaha.com)

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!