Ingin Karir Cepat Menanjak, 6 Hal Berikut Ini Wajib Untuk Kamu Kuasai

Cara agar supaya karir cepat menanjak

Dunia kerja sungguhlah berbeda dengan ketika anda bersekolah. Ketika bersekolah mungkin anda bisa melupakan kerja rumah atau bahkan tidak memakai seragam sesuai aturan yang ada.

Mungkin saat itu anda hanya akan ditegur saja oleh guru tanpa ada sanksi berat yang bisa membuat anda menangis darah. Namun beda halnya ketika anda sudah terjuan ke dunia kerja, kesalahan kecil yang anda lakukan bisa menimbulkan akibat yang fatal.

Misalnya saja anda bekerja di bagian keuangan, ketidaktelitian dalam perhitungan dan membuat kesalahan dalam penulisan nominal uang bisa membuat anda dipecat dari pekerjaan. Karena dalam dunia kerja menuntut anda untuk senantiasa bertindak professional dan perfeksionis.

Menjadi orang yang biasa-biasa saja bukanlah pilihan yang tepat ketika di dunia kerja. Anda akan dikalahkan oleh pesaing-pesaing anda yang memiliki multi skill yang bisa melakukan pekerjaan ini dan itu dengan mudahnya.

Dan orang yang tidak memiliki kemampuan apa-apa tentu saja akan tersingkir dengan sendirinya. Perusahaan tidak membutuhkan orang-orang yang biasa saja, mereka membutuhkan orang yang luar biasa yang mampu memberikan profit besar bagi perusahaan.

Pendidikan tinggi bukanlah acuan menjadi orang sukses, namun hanya salah satu bekal untuk menuju kesana. Perlu anda tahu bahwa orang-orang yang memiliki kemampuan lain dari pada yang lainlah yang akan diterima oleh perusahaan karena mereka bisa diandalkan.

6 Kemampuan yang harus dikuasai supaya karir cepat menanjak

Untuk itu berikut ini kami berikan beberapa skill yang bisa anda tingkatkan untuk meraih karir yang lebih tinggi. Simak ulasannya.

#1 Bisa berkomunikasi dengan baik

Perusahaan-perusahaan yang ada pada umumnya membutuhkan orang-orang yang cakap dalam berkomunikasi baik secara verbal maupun non verbal.

Orang-orang yang pandai dalam berkomunikasi mampu melobi para partner kerja untuk senantiasa mempercayai kita.

Biasanya orang yang ahli dalam hal ini memiliki ciri mampu mengolah kata-kata dengan baik, memiliki gesture tubuh yang menarik dan tepat sesuai dengan situasi dan kondisi.

Ketika berbicara pun orang bisa langsung mengarahkan perhatiannya padanya karena dinilai memiliki aura tersendiri yang terkadang membuat orang selalu bisa mengatakan “ya” kepadanya.

Perusahaan tentu akan mencari orang-orang yang memiliki kemampuan demikian karena mereka dianggap mampu membantu perusahaan dalam memperluas networking. Dan sudah pasti orang seperti ini akan dipertahankan oleh perusahaan.

Simak ulasan terkait mengenai tips dan strategi melobi orang dan cara negosiasi yang baik serta artikel menarik lainnya tentang tips cara menambah relasi bisnis membangun kerjasama.

#2 Mampu mengatasi masalah dengan bijaksana

Skill kedua yang seringkali dicari oleh perusahaan adalah orang dengan problem solving skill. Kemampuan dalam memecahkan masalah tentu sangat dibutuhkan oleh perusahaan apalagi dalam dunia kerja biasanya masalah masalah rumit dan pelik biasa menemani keseharian anda.

Orang-orang yang mampu memecahkan masalah secara tepat dan cepat akan sangat membantu perusahaan dalam segala hal.

Berusahalah untuk selalu berkontribusi dalam kasus apapun dalam perusahaan. Bersikap jeli, dan kreatif dalam mencari solusi harus selalu anda terapkan.

#3 Banyak inisiatif

Mungkin karakter dan kemampuan yang satu ini seringkali tidak disadari oleh para perusahaan yang sebenarnya sangat dibutuhan di dalamnya.

Orang yang memilliki kemampuan seperti ini biasanya memiliki semangat dan kualitas hidup yang cukup tinggi.

Mereka tidak pantang menyerah dalam menghadapi segala permasalahan. Orang yang berinisiatif tinggi biasanya akan melakukan suatu hal dengan spontan tanpa adanya aba-aba dari atasan. Namun tetap bijak dalam bertindak, karena mereka sudah tahu apa yang harus dilakukan.

#4 Mengikuti perkembangan teknologi

Di jaman yang serba teknologi ini kegiatan apapun selalu dibantu dengan peralatan elektronik guna memudahkan aktivitas manusia.

Kemampuan seseorang dalam mengoperasikan komputer dan alat-alat elektronik yang lain pun sangatlah dicari oleh perusahaan-perusahaan.

Adapun beberapa skill yang seringkali dibutuhkan diantaranya adalah kemampuan menguasai aplikasi CorelDraw, Photoshop, Video Editor, Software Statistik dan lain sebagainya.

Semakin banyak aplikasi-aplikasi yang bisa anda kuasai maka semakin bagus pula kualitas anda. Dan perusahaan akan memberikan nilai plus bagi anda.

Baca juga tentang 5 Hal yang harus dipersiapkan sebelum resign dari pekerjaan serta ulasan terkait mengenai tips cara melamar kerja di job fair beserta persyaratannya.

#5 Memiliki etos kerja yang baik

Orang yang memiliki skill seperti di atas tidak akan berguna jika mereka tidak memiliki etos kerja yang baik. Dengan memiliki etos kerja yang tinggi maka anda akan sangat totalitas dalam bekerja dan mencerminkan bahwa anda adalah orang yang ideal.

Kepribadian seperti ini juga sangat penting untuk selalu diterapkan di dalam dunia kerja. Etos kerja juga akan selalu mendorong seseorang menjadi pribadi yang baik dan positif dalam berhubungan dengan orang lain. Sehingga orang lain akan selalu menghargai anda.

#6 Selalu jujur

Bukan hanya etos kerja saja yang dibutuhkan melainkan kejujuran juga sangat penting untuk dimiliki sesorang dalam bekerja. Bukan hanya di dunia kerja saja bahkan di kehidupan sehari-haripun sikap jujur harus senantiasa dijunjung tinggi.

Sikap ini bisa menjadi salah satu faktor penunjang agar karir cepat menanjak dan juga sebagai penentu anda menjadi orang sukses di masa depan. Kejujuran ini tidak semata-mata bisa muncul secara instan namun perlu dilatih supaya terbiasa dan menghilangkan sifat-sifat negative dalam dirinya. Jika seperti ini maka perusahaan akan memberikan kepercayaan bagi anda.

Advertisement

1 Comment

  1. Mas Kojek

    August 26, 2018 at 1:29 am

    semua point yang dibahas diatas sangat menunjang sekali buat entrepeneur muda yang suka bisnis online…. thanks sob

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!