Solusi Ketika Anda Lupa Nomor PIN ATM Untuk Semua Kartu Debit Bank

Solusi lupa pin atm bank

Bagaimana caranya apabila anda lupa dengan nomor pin kartu ATM bank BCA, BRI, Mandiri, BNI, dan cara menghindari resiko di blokir karena salah memasukkan atau bahkan bisa memicu kartu anda tertelan?

Setiap nasabah bank yang telah memiliki rekening tabungan saat ini selalu akan diberikan kartu ATM sebagai alat transaksi finansialnya mulai dari tarik tunai, transfer, setor tunai, atau bahkan untuk melakukan berbagai pembayaran tagihan.

Namun terkadang kala masih ada saja nasabah bank yang kurang perhatian karena terlalu banyak memiliki kartu ATM atau justru karena jarang melakukan transaksi sehingga mereka lupa dengan nomor PIN ini.

Hanya ada satu cara apabila anda lupa dengan nomor PIN kartu ATM bank BCA, BRI, Mandiri, BNI dll

Ketika anda ragu dengan nomor pin atm, maka jangan pernah memaksakan diri untuk terus mencoba memasukkan lebih dari 2 x.

Karena pada umumnya semua mesin ATM memberikan batas maksimal memasukkan pin atm sebanyak 3 kali dan selebihnya apabila tetap salah maka resikonya kartu anda akan diblokir.

Jika sudah diblokir ataupun tertelan, maka hanya ada satu cara yaitu dengan melaporkan kepada CS bank yang bersangkutan.

Demikian pula ketika anda lupa PIN ATM, dari pada menunggu diblokir maka akan lebih baik melapor saja kepada CS bank bahwa anda lupa nomornya.

Baca juga ulasan terkait tentang rekening bank tanpa biaya bulanan serta artikel menarik lainnya mengenai daftar jumlah saldo mengendap atau minimum didalam rekening bank.

Syarat yang wajib anda penuhi ketika melaporkan permasalahan ini adalah:

  • Identitas diri KTP atau SIM yang masih berlaku
  • Buku tabungan
  • Kartu ATM yang bersangkutan

Biasanya pihak bank akan melakukan verifikasi ulang untuk memastikan keamanan nasabahnya dengan mengajukan pertanyaan seperti nama gadis ibu kandung serta tanda tangan yang sesuai dengan waktu registrasi membuka rekening bank.

Beberapa bank mungkin memiliki kebijakan yang berbeda beda mengenai berapa biaya ganti ATM atau membuka blokir ATM yang lupa nomor PIN nya.

Tips agar anda tidak lupa dengan PIN ATM adalah dengan membuat kombinasi angka yang paling mudah anda ingat namun sulit untuk ditebak oleh orang lain.

Jangan pernah mencatat nomor PIN di kertas atau dimanapun yang memiliki resiko dapat ditemukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan bisa berakibat merugikan anda.

Jika anda memiliki lebih dari satu kartu ATM, tidak ada salahnya membuat nomor PIN yang sama atau hanya beda satu digit saja agar lebih mudah untuk mengingatnya.

Advertisement

20 Comments

  1. Rinto samosir

    April 16, 2018 at 6:00 pm

    Kartu ATM saya ditelan mesin,,lalu diganti baru tp pin-nya sama apakah kartu saya yg lama bisa dibobol,,jika dimasukkan pin tersebut,trima kasih

    • Izna Faruq

      April 18, 2018 at 10:59 am

      Pada saat penggantian kartu ATM baru memang diberikan pilihan akan tetap menggunakan PIN yang lama atau merubah ke PIN yang baru. Dan keduanya akan tetap di jamin keamanannya apabila memang anda tidak pernah membocorkan informasi tersebut ke pihak lain.

  2. Alifah

    April 24, 2018 at 1:01 pm

    Saya telah mengganti kartu atm saya dan telah mengganti pin atm saya, lalu saat saya ke mesin atm saat saya memasukan kartu baru saya apakah harus melakukan verifikasi dengan pin lama atau langsung dengan pin baru?

    • Izna Faruq

      April 25, 2018 at 7:07 am

      Tidak perlu melakukan verifikasi lagi pada mesin ATM karena pada saat pengantian kartu oleh CS bank sudah di lakukan validasi yang sah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!