Advertisement

7 Hal Ini Yang Bisa Membuat Anda Tidak Akan Pernah Kaya Secara Finansial

Strategi jitu menuju sukses dan kaya finansial

Ketika kita melihat hidup para selebritis yang bergelimang dengan harta, bisa memiliki mobil mewah, rumah yang besar, bisa jalan-jalan ke luar negeri setiap akhir tahun membuat kita pun juga ingin seperti mereka.

Jika ada pertanyaan “Siapa yang tidak ingin kaya?” pasti tidak akan ada satu pun yang menjawab “Saya”. Kekayaan yang diperoleh membuat orang tidak perlu khawatir akan masa depan dirinya, pasangan serta anak yang dikasihinya.

Walaupun sebenarnya setiap orang memiliki kekayaan masing-masing, namun ternyata ada juga individu yang tidak bisa kaya dengan karakter tertentu.

Mengutip dari Business Insider, ada tujuh tanda yang bisa menjelaskan bahwa Anda tidak akan bisa kaya. Berikut uraiannya :

Mahu bekerja keras namun tidak pernah cerdas

“Jika yang Anda lakukan sepanjang hidup Anda adalah kerja keras, Anda tidak akan menjadi kaya. Tidak cukup hanya kerja keras untuk memperoleh penghasilan,” jelas Ric Edelman, penasihat keuangan.

Tetapi juga dibutuhkan kerja cerdas yakni dengan menginvestasikan uang anda di pasar saham atau dana pensiun. Jika menginginkan di pasar saham pilihlah saham dengan kategori blue chip agar anda lebih aman dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Sehingga, uang Anda akan kembali menghasilkan uang. “Anda bisa melakukan ini tanpa banyak risiko, tanpa banyak usaha, dan tanpa banyak waktu,” tutur Edelman.

Selengkapnya bisa di simak tentang cara memulai investasi dengan modal Rp 1 juta serta ulasan terkait mengenai jenis investasi jangka panjang yang menguntungkan.

Hanya fokus pada menabung

Jika berfokus untuk menabung saja tanpa melihat bagaimana cara meningkatkan pendapatan, uang yang anda sudah kumpulkan tidak akan meningkat bahkan bisa berkurang hasilnya.

Penyimpanan di bank akan lebih banyak potongan kemudian bunga yang akan diberikan juga cenderung tidak besar. Kecuali jika anda bisa memilih rekening bank yang bebas biaya administrasi bulanan sehingga sedikit lebih aman jika hanya untuk menyimpan uang.

Carilah penghasilan tambahan agar pundi-pundi anda semakin bertambah.  Menurut miliuner bernama Steve Siebold mengatakan “Berhenti khawatir tentang kekurangan uang dan fokuslah pada bagaimana memperoleh lebih banyak.”

Suka membeli barang terlalu mahal

Menaikkan derajat hidup melalui barang-barang berkelas memang tidak dilarang, tapi alangkah baiknya apabila anda belum mampu mendapatkan penghasilan yang tetap dan selalu meningkat setiap tahunnya, lebih baik urungkan sementara niat seperti itu.

Mengikuti kemauan diri untuk mengenakan barang mewah tidak akan habisnya dan bahkan bisa membuat penghasilan yang dikumpulkan akan banyak terkuras dan bisa melebihi dari beban hidup yang wajar.

“Saya tak beli jam atau mobil mewah sampai bisnis dan investasi saya menghasilkan banyak arus pendapatan yang aman,” ujar miliuner Grant Cardone.

Terlalu bahagia dengan penghasilan tetap

Rasa nyaman dalam memperoleh pendapatan tetap memang sebagian besar memilih untuk menjadi karyawan yang digaji setiap bulannya atau berdasarkan hitungan waktu per jam.

Namun bagi orang yang menginginkan untuk menjadi kaya mereka akan memilih gaji berdasarkan hasil dan bahkan memilih untuk berwirausaha juga.

“Hal ini bukan berarti tidak ada orang bertaraf kelas dunia yang dibayar dengan gaji (bulanan), namun untuk sebagian besar, ini adalah langkah paling lambat untuk kemakmuran,” ungkap Siebold.

Baca juga ulasan menarik tentang jenis pekerjaan dengan penghasilan tidak terbatas dan artikel lainnya mengenai strategi sukses memulai karir menjadi freelancer.

Tidak pernah melakukan investasi

Mulai menjadi orang yang mampu untuk menghasilkan penghasilan sendiri dan tidak bisa mengelola keuangan dengan baik melalui investasi sangat merugikan diri sendiri.

Inflasi setiap tahun meningkat apabila tidak dibarengi sedini mungkin berinvestasi pada tempat yang tepat, anda tidak akan bisa menjadi kaya dalam jangka panjang.

Selalu sisihkan sebagian yang anda peroleh untuk memulai investasi selagi masih muda dan produktif.

“Rata-rata, miliuner menginvestasikan 20 persen penghasilan mereka setiap tahun. Kekayaan yang dimiliki mereka tak dihitung dari jumlah yang mereka hasilkan tiap tahun, namun dari bagaimana mereka berinvestasi sepanjang waktu,” terang penasihat keuangan Ramit Sethi.

Tidak keluar dari zona nyaman

Selalu berada di zona nyaman akan membuat mental yang anda miliki sebagai calon orang kaya semakin tergerus dan tidak bisa berkembang.

Dengan berada pada zona yang tidak pasti dan banyak tantangan yang harus dihadapi, maka disitulah anda mulai berkembang untuk semakin maju dan memikirkan cara terbaik untuk mempertahankan usaha yang anda geluti.

Biasakan anda untuk berada pada zona yang tidak pasti atau tidak nyaman karena kebiasaan seperti inilah orang kaya selalu belajar hidup dan ada baiknya mencontoh tips strategi sukses orang tionghoa.

“Kenyamanan fisik, fisiologis, dan emosional adalah tujuan utama pola pikir kelas menengah. Para pemikir kelas dunia mempelajari lebih dulu bahwa menjadi miliuner tidak mudah. Mereka belajar untuk nyaman bekerja dalam ketidakpastian,” ungkap Siebold.

Tidak memiliki tujuan finansial

Tulislah apa saja rencana anda kedepan yang ingin anda raih misalkan ingin membeli rumah, ingin jalan-jalan bersama keluarga setiap akhir tahun atau rencana besar lainnya.

Dengan begitu anda akan lebih semangat lagi dalam mengatur keuangan dan menambah penghasilan melalui usaha yang dikerjakan seperti yang dituturkan pada nasehat bijak mengelola keuangan agar sukses finansial.

Jika anda tidak memiliki tujuan yang jelas mengenai finansial yang anda dapatkan, hidup anda hanya akan begitu saja tanpa ada perkembangan yang lebih baik.

“Orang-orang kaya memilih untuk berkomitmen dalam memperoleh kekayaan. Membutuhkan fokus, keberanian, pengetahuan, dan banyak usaha, namun segalanya mungkin jika Anda memiliki tujuan dan visi yang jelas,” kata miliuner T Harv Eker.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!