6 Tips Cerdas Agar Hidup Tidak Boros dan Mudah Mengelola Uang Pribadi

Agar tidak hidup boros

Agar tidak hidup boros atau membiasakan menghemat uang akan semakin efektif bila diterapkan sejak kecil. Karena umumnya anak kecil akan lebih mudah untuk diajari dari pada ketika sudah menganjak dewasa.

Hal ini pastinya akan memberikan dampak positif bagi anak tersebut ketika sudah terjun ke dunia kerja. Umumnya yang terjadi di kalangan para pekerja ketika menerima gaji mereka adalah kebingunan untuk mengelolanya.

Untuk itu perlu adanya pengetahuan yang cukup untuk mengaturnya sehingga uang tersebut tidak hanya singgah begitu saja ditangan anda.

Strategi cerdas mengelola keuangan menjadi lebih hemat dan tidak boros

Berikut ini kami akan berikan beberapa tips menarik terkait dengan cara menghemat keuanga dengan cara yang cerdas. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan berikut ini.

#1 Membuat rekening khusus

Buatlah rekening tabungan khusus untuk menyisihkan sebagian penghasilan anda sebagai usaha untuk menghemat keuangan.

Cara ini cukup efektif anda terapkan jika dalam diri anda ada komitmen untuk berhemat dan usahakan untuk tidak mengotak atik rekening ini jika tidak ada kebutuhan mendesak yang harus dipenuhi.

Untuk itu janganlah untuk membuat ATM pada rekening ini, karena dengan adanya ATM justru akan membuat anda semakin ingin untuk menggunakannya. Tindakan ini akan semakin memperlancar usaha anda untuk berhemat.

#2 Belanja sesuai yang di butuhkan

Berbelanja bulanan akan lebih baik jika anda rencanakan dengan matang sebelumnya. Karena jika tidak anda buat daftar pos pos belanjanya maka akan membuat anda semakin kalap untuk berbelanja.

Dengan merencanakan sebelumnya maka proses belanja akan lebih terstruktur dengan baik. Cara ini tentu akan menekan belanja anda, tanpa adanya daftar belanja tentu akan membuat anda kebingungan.

#3 Tidak memaksakan gaya hidup

Tidak jarang orang berusaha bergaya tanpa memikirkan kemampuan finansialnya. Sehingga ini justru akan memperburuk keadaan anda.

Usahakan untuk bergaya sesuai dengan kemampuan yang anda miliki. Jangan ikut ikut dengan orang lain, barangkali mereka punya dana yang lebih sehingga mau belanja apapun tidak akan terasa.

Memaksakan diri sendiri sama halnya dengan menyiksa diri anda secara perlahan. Apa gunanya membeli barang mahal kalau tidak dimanfaatkan dengan sebaik baiknya, atau hanya dipakai pajangan di rumah saja.

#4 Menghindari membeli barang yang nilainya mudah menyusut

Usahakan untuk menekan diri anda supaya tidak membeli barang barang yang mengalami penyusutan seperti halnya handphone yang dari waktu ke waktu selalu mengalami perkembangan.

Karena tidak jarang ketika melihat barang bagus seperti handphone mereka langsung membelinya dan tidak memikirkan kegunaannya padahal sebelumnya telah memiliki handphone yang juga tidak kalah canggihnya.

Hal hal semacam itu seringkali orang mengesampingkan fungsinya dan lebih tergiur untuk bergaya. Tidakkah justru itu malah akan memperburuk keadaan keuagan anda.

Bahkan tidak sedikit mereka sampai mengambil kredit demi mendapatkan barang yang mereka inginkan.

Simak juga ulasan menarik tentang kesalahan umum dalam memilih investasi yang bisa merugikan serta artikel terkait mengenai cara memulai investasi dengan modal hanya 1 juta.

#5 Mengerjakan pekerjaan rumah sendiri

Kegiatan kegiatan mandiri seperti halnya mencuci baju usahakan untuk melakukannya sendiri. Jangan mentang mentang sekarang sudah banyak jasa laundry, kemudian anda menjadi tergantung dengan jasanya.

Karena kebiasaan ini akan semakin menambah banyak jumlah pengeluaran anda. Hal hal kecil semacam itu jika dibiasakan untuk dilakukan oleh orang lain akan membuat diri anda semakin malas untuk beraktivitas selain juga menjadikan budget membengkak.

#6 Jauhi hobi yang kurang bermanfaat

Hobi yang kurang bermanfaat seperti halnya memelihara burung yang hanya untuk koleksi saja justru akan semakin menambah banyak pengeluaran anda.

Akan beda halnya jika memelihara burung untuk diternak atau budidaya maka tentunya yang bertambah adalah uang untuk pemasukan anda.

Pikirkanlah hal ini baik baik, melakukan hobi itu boleh boleh saja akan tetapi lihatlah apa manfaatnya. Jangan sampai hanya untuk membuang buang uang belaka.

Baca juga ulasan menarik tetang motivasi hidup sukses saat memasuki usia 30 tahun serta artikel lainnya mengenai hal hal yang dapat memicu kegagalan untuk meraih sukses.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!