Advertisement

Cara dan Strategi Sukses Memulai Karir Menjadi Seorang Freelancer

Tips sukses berkarir menjadi freelancer

Bekerja dengan waktu yang tidak terikat dan bisa dikerjakan dimanapun memang menjadi idaman siapa saja dan paling banyak dicari, meskipun demikian tidak sedikit yang juga masih khawatir dan meragukan tentang pendapatan yang tidak menentu.

Jika anda menginginkan menjadi seorang freelancer baik sebagai pekerjaan utama ataupun hanya sebagai usaha sampingan tambahan penghasilan maka bisa anda mulai dengan mencarinya di internet dari sumber yang terpercaya.

Besarnya bayaran berbeda-beda tergantung dari tingkat kesulitan yang harus diselesaikan beserta waktu. Freelancer tidak melulu bekerja serabutan karena jika anda tekuni sesuai dengan keahlian yang anda miliki, bisa menjadi penghasilan tetap seperti karyawan pada umumnya.

Faktor penting yang dapat menunjang kesuksesan menjalani profesi sebagai freelancer

Dibawah ini ada beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk bisa menjadi seorang freelancer sukses dengan pendapatan melebihi gaji karyawan seperti yang dilansir dari website jobplanet.com, meliputi :

#1 Selalu berkomitmen pada diri sendiri

Komitmen selalu diperlukan dalam mengerjakan sebuah tanggung jawab yang harus diselesaikan. Menjadi freelancer harus tetap berkomitmen, karena walaupun tidak terikat oleh tempat kerja namun selalu ada dateline yang sudah ditentukan dari pemberi kerja.

Jika anda membiasakan diri berkomitmen mengerjakan sebaik mungkin dan hasilnya memuaskan sesuai yang diharapkan maka anda akan dipercaya untuk mengerjakan project-project selanjutnya.

#2 Selalu menjaga hubungan baik

Menjaga hubungan yang baik dengan siapapun yang kita kenal sangat memberikan keuntungan dan kesempatan terbuka luas untuk sukses di kemudian hari.

Manusia diciptakan untuk hidup saling berdampingan satu sama lain dan saling membutuhkan. Anda harus mampu menjadi orang yang fleksibel dan tidak egois, karena akan memperburuk hubungan.

Ketika anda dipercayakan menyelesaikan sebuah pekerjaan kemudian dibayar, anda harus tetap menjaga komunikasi, agar ketika ada proyek baru yang membutuhkan keahlian seperti yang anda miliki, pemberi kerja akan menghubungi anda pertama kali karena selain sikap dan perilaku yang bisa menjaga hubungan baik yang terbina pada saat pertama kali.

Selain itu, dengan banyak relasi memudahkan anda untuk mendapat tawaran pekerjaan yang bisa anda kerjakan sesuai kemampuan.

#3 Aktif berburu informasi dan mencari proyek

Selagi kita masih diberikan kesehatan maka harus selalu bersemangat dalam menjalakan aktifitas yang bisa membuat kita sukses.

Jadilah orang yang selalu aktif untuk mencari sumber informasi bermanfaat. Anda bisa mencari di internet karena sekarang orang selalu menggunakan media berbasis tekhnologi ini untuk menghemat tenaga dan waktu serta sekarang sudah banyak pekerjaan lepas yang ditawarkan baik dari dalam maupun luar negeri.

Anda juga bisa cari melalui kerabat atau relasi maupun mempromosikan keahlian yang anda miliki melalui media cetak dan akun sosial media.

#4 Gali potensi khusus yang menjadi ciri khas anda

Perlu disadari bahwa banyak orang yang memiliki keahlian sama dengan anda, makan agar anda bisa mendapatkan proyek dengan lebih cepat, maka anda harus memiliki keunikan tersendiri yang bisa membedakan dengan pesaing lainnya.

Hal ini bisa membuat pemberi kerja lebih tertarik kepada anda dan ketika mereka mempunyai tawaran project baru lagi tentu akan lebih dulu mengingat anda. Mulailah temukan keunikan dalam diri anda yang bisa menjadi daya tarik tersendiri dan layak untuk di orbitkan.

Simak juga ulasan terkait mengenai bisnis sampingan paling tepat saat akhir pekan serta artikel menarik lainnya tentang cara meraih sukses jaman sekarang meskipun tidak kuliah.

#5 Selalu update

Ketika menguasai keahlian yang sudah diakui oleh orang lain, banyak orang yang berpikir untuk berhenti belajar. Padahal sebenarnya yang harus Anda lakukan adalah mencari keahlian baru yang bisa anda kuasai.

Anda bisa mengikuti workshop, seminar, dan kelas pelatihan lain yang dapat meningkatkan kemampuan Anda.

Yang harus Anda tanamkan pada diri adalah seberapa suksesnya karier seseorang tidak diukur melalui apa profesinya tetapi semampu apa ia bekerja keras dan selalu berusaha optimal hingga mencapai hasil akhir yang memuaskan.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!