Syarat dan 3 Jenis Pinjaman Dana KUR Mikro BNI 2018 (Kredit Usaha Rakyat)

Syarat proses mengajukan permohonan kredit KUR bank BNI

Ingin mendapatkan pinjaman dana dari BNI melalui program KUR yang ada 3 jenis, apa saja syarat untuk mengajukan permohonan kredit tahun 2018 ini, simak ulasan berikut sampai tuntas.

Selain beberapa bank seperti BRI dan Mandiri ternyata Bank BNI juga mendapatkan bagian dari pemerintah sebagai salah satu penyalur KUR (Kredit Usaha Rakyat). KUR sendiri merupakan sebuah program pinjaman uanag atau pembiayaan yang diberikan kepada para pelaku usaha mikro sebagai tambahan modal usaha.

KUR Mikro yang dapat diajukan hingga nilai maksimal sampai Rp25 juta. Sedangkan bagi pengusaha yang membutuhkan modal lebih besar maka bisa mengajukan Kur Ritel dengan pinjaman maksimal hingga Rp500 juta.

Untuk tenor atau jangka waktu kredit disesuaikan dengan jenis pinjaman yang diajukan oleh pemohon, apabila kur akan digunakan sebagai kredit modal kerja maka tenor maksimal sampai dengan (36 bulan) 3 tahun, sedangkan untuk jenis kredit investasi dapat memilih jangka waktu hingga 4 tahun.

Persyaratan yang harus dipenuhi oleh pemohon KUR BNI

Agar pengajuan pinjaman KUR dapat disetujui oleh bank, tentunya pemohon harus bisa memenuhi persyaratan dengan lengkap.

Sebagai syarat utama pemohon harus telah memiliki bidang usaha yang sudah berjalan minimal 6 bulan lamanya. Adapun beberapa persyaratan lainnya yang wajib di lengkapi yaitu :

Syarat KUR Mikro BNI

  • Persyaratan administrasi : KTP, Kartu Keluarga, Surat ijin usaha
  • Tidak diwajibkan memberikan jaminan
  • Tidak sedang dalam kredit di bank lain.

Untuk proses permohonannya dapat mengajukan kredit usaha rakyat (kur) dengan cara datang langsung ke kantor BNI diwilayah pemohon.

Pinjaman dana KUR ini bisa digunakan untuk menambah modal usaha yang diharapkan dapat membantu mengembangkan usahanya. Sumber: Bank BNI

3 Macam atau Jenis KUR Bank BNI

KUR yang di salurkan oleh BNI sama halnya dengan KUR melalui BRI yaitu ada 3 jenis, diantaranya adalah KUR Mikro dengan pinjaman Maksimal 25 juta, KUR Ritel dengan pinjaman maksimal Rp500 juta dan KUR TKI dengan pinjaman maksimal Rp25 juta.

Sekali lagi sebelum anda mengajukan permohonan pinjaman kredit KUR sebaiknya pastikan bahwa anda tidak sedang memiliki atau mendapatkan kredit dari bank lain.

Kini nasabah yang sedang membutuhkan pembiayaan usaha mikro dapat mengajukan pinjaman ke Bank BNI dengan syarat yang mudah dan proses yang cepat.

Berikut ini adalah 3 macam KUR BNI yang dapat anda pilih sesuai dengan kebutuhan :

#1 KUR Mikro Bank BNI

Mulai dari KUR Mikro BNI yang dapat di ajukan oleh nasabah sebagai pembiayaan pengembangan usaha yang sudah berjalan. Untuk jenis ini diberikan pilihan jangka waktu kredit KUR hingga maksimal 4 tahun.

Syarat yang diperlukan berupa : KTP, Kartu Keluarga dan Surat Keterangan Usaha.  Jaminan yang digunakan untuk pembiayaan usaha ini adalah Usaha yang sedang dijalankan. Nasabah dapat mengajukan pinjaman Maksimal Rp25 juta.

#2 KUR Ritel Bank BNI

Yang kedua adalah KUR Ritel yang ditawarkan bank BNI dengan nilai pinjaman antara Rp25 juta sampai dengan Rp500 juta, sedangkan tenor atau jangka waktu maksimal hingga 5 Tahun.

Syarat untuk mengajukan KUR Ritel BNI diantaranya : KTP, NPWP (untuk pinjaman diatas Rp50 juta), Kartu Keluarga, Surat Keterangan Usaha dari Kelurahan. Anda perlu memberikan jaminan untuk pengajuan pinjaman KUR Ritel, jaminannya sesuai dengan ketentuan BNI.

#3 KUR TKI Bank BNI

Tidak jauh berbeda dengan program KUR TKI BRI, demikian pula dengan KUR TKI BNI ini khusus untuk anggota keluarga dari karyawan yang memiliki penghasilan tetap sebagai TKI maka bisa mengajukan kredit ini.

Pinjaman yang dapat diajukan maksimal hingga senilai Rp25 juta dengan (tenor) jangka waktu paling lama 3 tahun.

Persyaratan untuk mengajukan KUR TKI berupa : KTP, Kartu Keluarga, dan Surat Ijin Usaha. Adapun TKI yang dimaksud dalam pinjaman kredit ini yaitu yang TKI bekerja di Singapura, Malaysia, Hongkong, Taiwan, Jepang dan Korea Selatan.

Jangan lupa simak juga ulasan terkait tentang 5 Jenis kredit tanpa agunan dengan bunga rendah serta artikel menarik lainnya mengenai cara mengajukan kredit rumah melalui pembiayaan BPJS ketenaga kerjaan.

Advertisement

11 Comments

  1. Lia chomariyah

    June 12, 2017 at 4:56 pm

    Sya pengen mengajukan dana kur tetapi sangat sulit bahkan harus ada jaminan..sedangkan saya tidak punya jaminan apa apa…padahal saya sangat butuh buat tambahan modal usaha saya

  2. Lia chomariyah

    June 12, 2017 at 5:01 pm

    Saya mau mengajukan dana kur kok sulit sekali ya malah di minta in jaminan..minta petunjuk nya supaya saya bisa dapat dana kur buat tambahan modal usaha saya

  3. Syahrul

    August 7, 2017 at 3:43 pm

    Saya ada ambil kredit kenderaan colt diesel HDL di bank danamon melalui adira finance, sekarang tinggal 230 jt sekian yang belom lunas. Jika kita alihkan ke bank BNI dengan kredit KUR bisa tidak , artinya saya bisa tidak ambil KUR Ritel maksimal 500 jt. Mohon penjelasannya..

  4. jane

    August 10, 2017 at 1:16 pm

    Halo,
    Apakah kamu butuh pinjaman? Ini untuk memberi tahu masyarakat umum bahwa Nyonya Rose Badmus, pemberi pinjaman pinjaman swasta telah membuka kesempatan finansial bagi siapa pun yang membutuhkan bantuan finansial. Kami memberikan pinjaman kepada perorangan, firma dan perusahaan dengan syarat dan ketentuan yang jelas dan dapat dimengerti hanya dengan suku bunga 2%. Hubungi kami hari ini melalui e-mail agar kami dapat memberikan syarat dan ketentuan pinjaman kami di: (roseofsharonfinance@gmail.com)

  5. Maylina

    September 12, 2017 at 12:29 pm

    Saya, punya usaha jasa pemasangan radio di tower xl apakah saya dapat mengajukan pinjaman kur bni…dana saya butuhkan untuk pembelian alat kerja seperti safty body, sepatu safty & laptop.

    • karsa putra nusantara

      October 13, 2017 at 2:39 pm

      bisa asal tidak ada pinjaman kredit modal kerja di Bank lain, kalau kartu kredit atau ciclan KPR atau KKB gpp.

  6. nurulfaidah

    October 27, 2017 at 1:01 pm

    Saya butuh modal bwat ngirim matrial di pabrik…krena ga punya modal makanya ngejalanin uang orang doang..klo punya modal sendri enak…bank bni bisa bantu kami ga ya

  7. Endra nurdiansyah

    November 15, 2017 at 7:39 am

    Saya mau pinjam uang 50juta cepat.Jaminan setifikat atas nama sendiri.tapi saya tahun” kemarin namaq jelek di bank bri.soalnya aq sering telat bayar.maklum baru bukak jalan.tapi sekarang.usahku serfis lampu dan istriku buka warung makan.kira” aq kalao ngambil ke bank bni gimana.mohon penjelasannya…trimakasih

    • Izna Faruqi

      November 15, 2017 at 12:30 pm

      Apabila history pinjaman di waktu yang lalu pernah mengalami kendala, sebaiknya memeriksa dahulu status BI-Checking apakah nama anda sudah bersih dari blacklist agar proses permohonan pinjaman uang pada bank selanjutnya bisa berjalan lancar.

  8. Muhammad Omping ( iping )

    November 23, 2017 at 10:07 pm

    Saya mau pinjam 25jt buat memperbesar usaha saya di warnet. Usaha warnet saya sudah berjalan +/- 8 tahun ( mulai dari 1 pc operator dan 4 client, tapi sekarang sudah menjadi 12 client ), ingin menambah 3 client lagi dan upgrade ke komputer yang lebih tinggi lagi. Saya ada cicilan rumah dan mobil, tapi semuanya saya bayar tepat waktu dan belum pernah lewat ataupun menunggak. Kira2, bisakah saya meminjam 25jt untuk memperbesar usaha saya ?

  9. Asnar

    January 15, 2018 at 9:33 pm

    Saya juga ingin mengajukan dana pinjaman kur ritel tapi menurut informasi dari Cs bank bni tempat saya tinggal katanya dana kur sudah ga ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!