Advertisement

5 Strategi Cara Mencari Kerja Yang Layak Setelah Lulus Bangku Kuliah

Cara mendapatkan kerja yang layak setelah lulus kuliah

Bagaimana cara atau strategi agar bisa mendapatkan kerja yang layak setelah anda lulus dari bangku kuliah?

Tujuan dari mengenyam pendidikan kuliah ini adalah untuk mendapatkan ilmu yang lebih banyak dimana nantinya akan dibutuhkan dalam urusan pekerjaan, selain itu mahasiswa lebih dipersiapkan sebagai calon yang siap langsung terjun kedalam dunia bisnis.

Meskipun terbilang cukup berat, namun ada juga sebagian dari mahasiswa yang tidak melulu terfokus kepada pendidikan saja, tetapi berusaha membagi waktu untuk bisa menjalankan usaha sampingan agar dapat membiayai kuliah sediri dan tidak membebani orang tua.

Jika anda merupakan salah satu orang yang memiliki tujuan bahwa dengan kuliah akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan atau dengan kata lain adalah tujuan utama yang dicari nantinya adalah posisi yang baik serta gaji yang cukup besar, tampaknya anda perlu untuk evaluasi lagi.

Apakah kuliah akan menjamin kesuksesan secara finansial nantinya?

Kenyataannya bisa lulus kuliah dengan nilai standar maupun nilai yang memuaskan serta bisa mendapatkan tempat bekerja yang bagus tidak bisa menjamin bahwa gaji yang diperoleh saat bekerja sesuai dengan harapan.

Persepsi mengenai pekerjaan bagus antara satu dengan yang lainnya sangat berbeda. Ada yang berpendapat bahwa bekerja sebagai koki merupakan pekejaan yang mulia karena bisa memberikan kepuasan tersendiri bagi orang yang menginginkan makanan lezat dengan tampilan yang cukup menarik.

Apakah itu salah satu persepsi bagus menurut anda? Pasti anda berpendapat tidak karena itu hanya bekerja di dapur dan hanya meracik dan memasak saja, jika belum mendapatkan kedudukan tinggi belum tentu mendapatkan gaji yang cukup besar.

Mendapatkan gelar lulus dari bangku kuliah tidak bisa menjadi jaminan bahwa anda akan cepat diterima di perusahaan yang anda inginkan.

Meskipun anda aktif dalam berbagai organisasi baik internal atau eksternal namun nilai akhir yang anda dapatkan tidak berada di atas atau sama dengan 3.00, perusahaan akan memikirkan kembali capability anda.

Dan dengan nilai akhir di atas 3.00 pun juga demikian belum tentu mendapatkan pekerjaan dengan mudah. Banyak hal yang menjadi pertimbangan untuk merekrut karyawan yang notabene merupakan mahasiswa baru lulus.

Tips cerdas agar bisa mendapatkan posisi kerja yang pantas sesuai dengan keahlian anda

Dengan pertimbangan hal di atas, artikel ini akan memberikan trik-trik jitu bagi anda yang ingin mendapatkan pekerjaan dengan gaji relative tinggi setelah lulus kuliah, antara lain :

#1 Perhatikan dan cari tau mengenai gaji orang yang berprofesi seperti yang anda inginkan

Untuk melihat gaji yang berhubungan dengan profesi bisa anda dapatkan hanya dengan membuka gadget yang anda miliki dengan langsung browsing kedalam beberapa situs pekerjaan seperti qerja.com, jobsDB.com atau jobstreet.com.

Situs ini tidak hanya menayangakan lowongan pekerjaan yang sedang dibuka tetapi juga dilengkapi kedudukan dan rentang gaji atau fix gaji yang ditawarkan.

Jika anda kurang yakin dengan postingan yang ditampilkan, bisa juga anda langsung bertanya dengan orang yang bekerja sesuai profesi yang anda inginkan.

Meskipun anda mempertimbangkan besar gaji sebelum melamar, anda juga harus ingat bahwa anda adalah sebagai calon pelamar yang akan menerima gaji pertama kali.

Biasanya gaji yang diterima sebagai karyawan baru tidak sebesar karyawan yang sudah bertahun-tahun bekerja atau mempunyai pengalaman yang banyak.

Bagi anda fresh graduate perlu diperhatikan pada saat tahap wawancara. Anda akan ditanyakan juga mengenai gaji yang anda harapkan apabila diterima di perusaahan. Disarankan untuk tidak terlalu tinggi gaji yang anda tawarkan agar terkesan anda tidak terlalu jual mahal.

Perusahaan selalu akan melihat potensi yang anda pada diri anda. Akan sangat beruntung apabila anda memiliki potensi yang dinilai bisa memajukan perusahaan, sehingga standar gaji yang diberikan kepada anda bisa jadi lebih besar dari angka yang biasa diberikan perusahaan kepada fresh graduate pada umumya.

Baca juga ulasan terkait mengenai pertanyaan yang sering muncul saat wawancara kerja serta artikel menarik lainnya tentang tips agar mudah lolos proses interview melamar kerja.

#2 Tidak perlu mudah tergiur oleh nama perusahaan besar

Perusahaan yang memiliki nama besar dan terkenal belum tentu memberikan gaji yang besar kepada karyawannya. Sehingga anda sebagai calon baru dalam dunia kerja perlu waspada dan banyak mencari tahu terlebih dahulu sebelum anda memutuskan untuk melamar.

Jangan sampai anda hanya mendengar desas-desus yang belum diketahui kebenarannya mengenai posisi dan gaji yang didapatkan.

Karena kadang pada kenyaataannya belum tentu sesuai dengan apa yang didengar. Umumnya perusahaan besar akan semakin bijak dalam pengaturan gaji maupun tunjangan kepada karyawannya.

Banyak perusahaan yang berskala kecil bahkan perusahaan yang bergerak di bidang property akan bersedia membayar dengan gaji yang cukup besar.

Sebab hanya sedikit karyawan yang dibutuhkan namun memiliki tanggung jawab yang besar untuk bisa memajukan perusahaan. Sehingga bijaklah dalam memnilai sebuah perusahaan maupun mencari tahu kebenaran kisaran gaji yang akan anda dapatkan sesuai dengan posisi yang ingin anda jabat.

#3 Harus tetap mengukur kemampuan diri sendiri

Anda perlu mengukur kemampuan yang ada pada diri anda, karena dalam bekerja dibutuhkan kemampuan tertentu dan tidak lagi berdasarkan rangkaian nilai A dan B di ijazah saja.

Hal ini dibutuhkan karena bekerja di sebuah perusahaan harus fokus dan kegiatan sehari-hari yang harus dikerjakan hanya berkutat sesuai dengan posisi yang akan anda jalani.

Perusahaan lebih menginginkan pribadi yang memiliki kemampuan bekerja dengan iklas dan penuh tanggung jawab, memiliki dedikasi tinggi kepada perusahaan, jujur, mampu mengatasi setiap kemungkinan kondisi yang terjadi.

Mampu membagi waktu antara urusan kantor dengan urusan dengan sesama karyawan, serta selalu memiliki semangat dalam bekerja. Hal itu adalah beberapa yang bisa menjadi daya tarik dari diri anda untuk perusahaan menerima anda sebagai karyawan.

Jangan sampai ketika kamu sudah diterima sebagai pekerja di perusahaan tertentu, kamu justru lebih sering sakit dan tidak masuk akibat terlalu lelah bekerja.

Ini justru akan menghambat kinerja perusahaan. Pada akhirnya bisa saja kamu diundang oleh HRD dan diajak berdiskusi mengenai kelanjutan bekerja di kantor. Bila sudah begini keadaannya, baik kamu maupun pihak perusahaan sama-sama rugi.

Stamina yang anda miliki juga harus bagus, supaya anda tidak sering ijin tidak bisa masuk kantor. Menjadi karyawan baru absensi sangat diperhatikan karena menentukan apakah anda merupakan orang yang pekerja keras atau tidak.

Apabila anda sering tidak masuk, kemungkinan besar anda akan dipanggil kembali oleh HRD anda untuk bisa dipertahankan atau justru diberhentikan. Ini akan sama-sama membuat rugi anda maupun perusahaan.

#4 Tetap semangat pantang menyerah

Dunia orang bekerja memang berbeda dengan perkuliahan. Selain berbeda tanggung jawab yang diemban juga tekanan dalam lingkungan kerja lebih besar serta hubungan dengan sesama karyawan yang mungkin suatu ketika terjadi masalah.

Meskipun banyak masalah yang akan hadapi tetaplah semangat dalam bekerja, karena setiap masalah yang terjadi apabila anda bisa berpikir positif sebagai peluang untuk menjadikan anda semakin dewasa dalam berpikir serta maju dalam berusaha.

Proses ini yang akan membuat anda berhasil dalam menyelesaikan setiap permasalah yang timbul.

Jangan menjadi orang yang mudah terbawa kondisi dan mudah putus asa, karena bisa merugikan diri anda sendiri bahkan perusahaan juga akan menilai bahwa anda belum siap untuk memasuki dunia bekerja.

#5 Selalu optimis dan percaya diri

Sikap percaya diri sudah tentu harus dimiliki oleh siapapun terutama anda yang akan memasuki tahap wawancara.

Percayalah akan potensi yang ada dalam diri serta mampu mengaplikasikan apapun yang sudah anda dapatkan di bangku perkuliahan untuk bisa dipraktikan di perusahaan di mana anda bekerja.

Selain itu, jika anda berprestasi banyak tugas-tugas yang menanti akan diberikan perusahaan untuk bisa membuat anda semakin sukses dan bersinar di perusahaan yang anda tempati.

Simak juga ulasan terkait tentang tips membangun mental dan meningkatkan rasa percaya diri serta artikel lainnya mengenai cara melatih diri berpikir kreatif dan inovatif dalam dunia usaha.

Ilmu yang dimiliki pada saat kuliah sangat penting untuk dipahami karena memang sangat berguna dan dalam kenyataannya ilmu tersebut bisa lebih diaplikasikan serta dikembangkan lebih lagi.

Namun, menjadi orang yang memiliki ilmu banyak tidak menjadikan anda sebagai orang yang bisa sukses dan selalu lancar dalam segala hal bahkan bisa di bilang bahwa untuk mencapai sukses tidak harus dengan kuliah.

Karakter atau kepribadian yang baik serta menarik untuk saat ini lebih diperhatikan juga. Sebab segala hal yang terjadi di perusahaan apabila didalamnya banyak terdapat pribadi dengan karakter yang kurang, maka perusahaan tidak akan bisa berkembang dengan sehat dan maksimal.

Suasana tempat kerja menjadi kurang nyaman dan kurang mendukung dalam bekerja. Ingatlah bekerja tidak hanya melulu untuk mendapatkan gaji tetapi juga mendapatkan dengan cara yang halal tanpa menggunakan cara-cara yang bisa merugikan pihak lain. (centrausaha.com)

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!