Setelah Lulus Kuliah Mau Jadi Apa? Begini Cara Mempersiapkannya Sejak Dini

Setelah lulus kuliah mau jadi apa?

Selepas SMA, seorang siswa melepas gelarnya sebagai siswa dan menyandang status sebagai mahasiswa. Di masa kuliah, seorang mahasiswa menghadapi banyak sekali tantangan baru dalam hidupnya mulai dari lingkungan yang baru serta mempersiapkan karir nanti selepas lulus dari perguruan tinggi.

Dengan banyaknya data yang menunjukkan bahwa lapangan pekerjaan semakin terbatas, ditambah berita bahwa banyak sarjana yang menganggur, tentu meresahkan kita sebagai mahasiswa.

Wajar saja bahwa hal tersebut kemudian meresahkan. Hal tersebut baik, apabila keresahan tersebut kemudian menjadi bahan bakar untuk mempersiapkan diri untuk meniti karir selepas kuliah.

Apapun jurusanmu saat kuliah sebenarnya tidak menjadi hal satu-satunya, yang terpenting adalah kualitas anda sebagai individu. Hal ini diperkuat fakta bahwa perusahaan-perusahaan tidak lagi mematok jurusan tertentu untuk kualifikasi pendaftar pekerjaan.

A right man in the right places. Tidak perduli dari jurusan dan universitas manapun anda berasal, yang diutamakan adalah value anda sebagai pribadi yang kemudian menentukan karir anda kedepannya.

6 Hal penting untuk mempersiapkan diri setelah lulus kuliah

Lalu, bagaimana cara mempersiapkan diri saat masa kuliah agar nantinya anda tidak sampai merasakan kepahitan menjadi seorang pengangguran terlalu lama? cara-caranya adalah sebagai berikut:

#1 Berwawasan yang luas

Seorang mahasiswa yang berwawasan luas akan faham akan keadaan sosial dan ekonomi di Indonesia serta dunia. Mahasiswa harusnya membekali diri dengan ilmu pengetahuan yang cukup sehingga tidak buta dengan apa yang sedang terjadi pada lingkup global.

Apabila tidak berwawasan yang luas, anda bisa menjadi orang yang tidak realistis dan tidak paham akan keadaan ekonomi sehingga anda hanya berleha-leha tanpa mempersiapkan bekal untuk selepas kuliah nanti.

#2 Belajar mengelola keuangan dengan baik

Saat kuliah, terutama anda kuliah di kota lain, anda tentunya dihadapi tantangan untuk mengatur keuangan anda sendiri.

Meskipun uang tersebut adalah uang dari orang tua, sebaiknya anda menggunakannya dengan bijak. Jangan lupa untuk menyisihkan sebagian uang tersebut untuk ditabung.

Akan sulit bagi anda untuk membiasakan mengatur uang dengan bijak apabila tidak dimulai dari sekarang saat anda sedang kuliah.

Apabila anda tidak dapat mengatur keuangan dengan baik, anda tidak akan memiliki modal yang cukup untuk  sekedar mencari pekerjaan saat setelah lulus nantinya. Tentu anda tidak ingin merepotkan orang tua lagi, kan?

Simak ulasan terkait mengenai tips mengelola keuangan pribadi bagi mahasiswa serta info menarik lainnya tentang cara menerapkan manajemen keuangan sederhana untuk bisnis kecil.

#3 Memperluas jaringan pertemanan

Masa kuliah dan kampusnya adalah miniatur kehidupan. Sebaiknya anda memanfaatkan masa kuliah untuk memperluas pertemanan selebar-lebarnya.

Orang-orang yang anda temui akan memberi manfaat bagi anda seperti mengajari anda bagaimana berhadapan dengan orang banyak, bersosialisasi, dan bahkan relasi yang anda kenali di masa kuliah dapat membantu anda mendapatkan pekerjaan nantinya.

Maka sebaiknya, sebelum anda kemudian lulus kuliah anda telah memiliki banyak kenalan dan relasi. Dalam hal ini bisa anda simak dalam artikel tips menambah relasi bisnis dan membangun hubungan dengan orang lain.

#4 Melatih softskill

Kuliah tidak melulu soal akademik. Anda perlu melatih softskill anda melalui banyak kegiatan yang sifatnya non-akademik.

Anda dapat mengikuti UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa), Komunitas-komunitas, dan lain sebagainya.

Softskill ini sangat penting karena tidak bisa anda dapatkan didalam pendidikan formal. Softskill yang meliputi keterampilan berbicara dimuka umum, peka terhadap sosial, mampu menghadapi sesuatu yang dinamis sangat dibutuhkan nantinya ketika anda melamar pekerjaan selepas kuliah.

Selain itu, mengikuti organisasi juga dapat memberikan anda pengalaman yang nantinya dapat berguna pada CV anda.

#5 Mengikuti lomba serta kepanitiaan

Sebagai mahasiswa, anda dapat mengikuti berbagai macam lomba yang menarik baik lomba tersebut diadakan oleh universitas maupun lembaga non akademik.

Dengan mengikuti lomba, anda akan memiliki pengalaman baru. Selain itu, anda bisa juga mendaftarkan diri anda untuk ikut dalam suatu kepanitiaan.

Dengan mengikuti suatu kepanitiaan, anda akan belajar bagaimana bekerjasama dengan team, bekerja berdasarkan target, dan sebagainya. Dan, sertifikat lomba dan kepanitiaan tadi dapat anda gunakan untuk pelengkap CV anda ketika anda melamar pekerjaan setelah lulus kuliah nantinya.

#6 Meningkatkan kualitas diri

Masa kuliah adalah masa yang tepat untuk mulai menata diri. Untuk mulai memperbaiki sesuatu yang kurang tepat didalam diri.

Apabila dulunya anda saat SMA sering menyontek, perbaikilah menjadi semakin jujur. Apabila anda dulunya adalah seseorang yang manja, perlahan ubahlah diri menjadi semakin mandiri.

Jangan lupa untuk terus toleransi dengan sesama dan bersikap profesional. Hal ini juga menyiapkan anda untuk tidak kaget dengan dunia kerja.

Itulah beberapa hal yang dapat anda persiapkan semasa kuliah, Ketika semua hal diatas telah anda persiapkan dengan baik, maka anda tidak akan kesusahan dalam menemukan lapangan pekerjaan yang cocok untuk anda. Jadilah sarjana yang berkualitas dan tidak hanya sekadar sarjana. Salam sukses!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!