Advertisement

Menerapkan Manajemen Keuangan Sederhana Untuk Bisnis dan Usaha Kecil

manajemen keuangan yang baik bisnis usaha kecil

Walaupun usaha yang anda jalankan masih relative kecil dan prosesnya pun juga cenderung lebih sederhana, namun tetap perlu menerapkan manajemen keuangan yang baik sejak awal usaha tersebut berjalan.

Dengan memiliki manajeman keuangan yang tepat, maka anda akan lebih mudah dalam mengelola dan mengontrol keungan bisnis dan usaha.

Perlu anda ketahui bahwa manajemen keuangan adalah cara untuk mengelola dana dengan baik agar bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal dengan mengalokasikan modal secara efektif dan efisien.

Tidak sedikit para pengusaha kecil yang menganggap bahwa manajemen keuangan akan berjalan dengan sendirinnya secara alami ketika usaha tersebut sudah berjalan.

Mereka juga berspekulasi bahwa usaha yang berjalan dengan baik juga akan berdampak baik pula pada kuangan perusahaan.

Pentingnya manajemen keuangan yang baik meskipun untuk bisnis dan usaha kecil

Sebuah bisnis dijalankan semata mata hanya untuk mendapatkan yang namanya keuntungan atau mendapatkan uang, tapi perlu diperhatikan pula bahwa mengendalikan dan menggunakan uang tersebut dengan baik juga merupakan hal yang tak kalah penting demi kelangsungan usaha anda.

Di bawah ini ada beberapa dasar dalam mengelola keuangan dengan cara yang lebih bijak dan sederhana.

#1 Membuat anggaran kas

Usaha anda sangat tergantung dengan penjualan produk, kas masuk serta keluar dan lain sebagainya yang berkaitan langsung dengan kegiatan operasional perusahaan.

Anggaran kas ini nantinya bisa membantu anda dalam memastikan bahwa usaha tersebut mampu membiayai semua pengeluaran yang terjadi.

#2  Mengetahui perubahan arus kas

Biasanya dalam berbisnis hal utama yang bisa mempengaruhi perubahan kas secara siginifikan adalah dikarenakan beban operasional yang terlalu banyak.

Misalnya saja kenaikan bahan baku, hal ini juga diberengi dengan penurunan kuantitas produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Arus kas ini sangatlah dipengaruhi oleh beban hutang piutang perusahaan sehingga mempengaruhi beban bunga pula.

#3  Monitor piutang klien

Salah satu hal yang perlu anda perhatikan dalam mengelola sebuah bisnis adalah menetapkan kebijakan kredit yang tepat bagi perusahaan.

Para pebisnis hendaknya memiliki strategi yang ampuh untuk bisa memotivasi para debitur untuk segera melunasi hutang. Hal ini pada akhirnya juga akan menguntungkan anda.

#4 Cek status hutang

Lakukanlah pemerikasaan secara rutin mengenai jadwal pembayaran hutang perusahaan. Langkah ini perlu anda lakukan supaya bunga yang telah ada tidak akan bertambah dan semakin membeban.

Selain itu image perusahaan juga akan tetap terjaga karena anda selalu memperhatikan kewajiban dan memenuhinya sesuai dengan perjanjian.

Pemeriksaan ini sangat penting dilakukan untuk mengingatkan anda berapa besar utang yang sedang ditanggung oleh perusahaan dan kapan waktu terkhir dalam pembayaran utang tersebut.

#5 Memotong biaya operasional

Cara yang kelima ini bisa anda lakukan dengan menggunakan tenaga kontrak ketika orderan sedang mengalami kenaikan, selain itu anda juga bisa melakukannya dengan menggunakan bahan baku yang lebih murah dengan kualitas yang tetap harus baik pastinya.

Dengan menjaga kualitas produk maka kepercayaan konsumen pun juga akan selalu terjaga.

Selain dua cara tersebut anda juga bisa menggunakan cara lain yakni dengan memperbaruhi teknologi perusahaan anda supaya lebih efektif dan efisien.

#6  Memanfaatkan kredit dengan efektif

Ketika anda mengajukan kredit untuk membantu kelangsungan usaha, maka sebaiknya pergunakanlah dengan sebaik baiknya sesuai dengan keperluan prusahaan. Dengan melakukan ini pastinya anda berharap usaha dan bisinis anda semakin berkembang lebih baik lagi.

#7  Kelebihan kas untuk pengembangan usaha

Ketahuilah ketika perekonomian sedang mengalami kondisi yang buruk maka dampaknya pun juga akan mengenai usaha anda.

Masalah seperti inilah nantinya akan sangat berpengaruh pada pendapatan dan beban yang ditanggung oleh perusahaan. Untuk itu anda bisa menekannya dengan menggunakan kelebihan kas untuk mengembangkan usaha dengan cara sesegera mungkin melunasi hutang perusahaan atau dengan mempertahankan kuantitas produksi.

Dalam menjalankan sebuah bisnis ada banyak hal yang harus dipikirkan secara matang mulai dari modalnya, strategi marketing, branding, dan diferensiasi produk.

Namun tidak semata mata selalu itu yang menjadi perhatian melainkan manajemen keuangan pun juga sangat penting untuk dievaluasi supaya anda bisa mencapai keberhasilan bisnis dan usaha.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!