Advertisement

7 Profesi Sangat Menjanjikan Yang Masih Terbilang Baru Di Indonesia

Profesi baru yang sangat menjanjikan

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia akhir tahun lalu memberikan data bahwa dari 256,2 juta penduduk Indonesia yang telah menjadi pengguna internet mencapai separuhnya, yaitu sekitar 132,7 juta.

Perinciannya, sebanyak 71,6 juta orang adalah pengguna aktif Facebook, lalu 19,9 juta orang pemakai aktif Instagram dan sebanyak 82,2 juta orang merupakan pengunjung situs belanja daring.

Semakin bertambahnya kemajuan technologi digital membuat segala sesuatu yang jauh menjadi dekat, barang yang dahulu sangat mahal menjadi sangat terjangkau dan keuntungan lainnya dimana sangat berdampak pada sisi kehidupan manusia termasuk perilakunya. Banyak hal yang dapat dilakukan dalam kemajuan ini terutama berbasis internet.

Infiltrasi internet yang semakin luar biasa ini, mau tidak mau turut meningkatkan pula pamor industri teknologi informasi. Seiring dengan itu, kebutuhan sumber daya manusia dengan keahlian spesial tentang digital semakin meningkat.

Beragam profesi yang memiliki prospek menjanjikan meskipun masih belum lama hadir di Indonesia

Ada banyak profesi baru yang tengah naik daun dan ada pula profesi yang sudah ada semenjak dekade silam namun karena perkembangannya yang pesat, menjadikan profesi ini adalah yang paling dilirik oleh sebagian besar masyarakat Indonesia serta kompensasi yang diberikan cukup menggiurkan akibat dirasa masih langka.

Penasaran apa saja profesi-profesi baru itu? Inilah daftar yang di lansir oleh HaloMoney.co.id dari berbagai sumber:

#1 SEO Specialist atau pakar optimasi mesin penelusuran

Semua orang di berbagai belahan dunia ini sangat tertarik dengan dunia luar ataupun dengan informasi-informasi yang tidak didapatkan melalui media cetak.

Menggunakan teckhnologi untuk mendapatkan informasi secara instant melalui mesin pencari seperti Mozzilla, Google atau situs pencarian lainnya sudah menjadi kebutuhan pokok yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari.

Ini merupakan peluang mengapa profesi SEO (Search Engine Optimization) Specialist semakin banyak dibutuhkan saat ini, terutama oleh perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan kanal digital.

Untuk menjadi SEO specialist ini tidaklah mudah banyak hal yang harus dipelajari sampai benar-benar memahami. Masih terbilang sedikit orang yang menguassai SEO sehingga perusahaan banyak yang membayar cukup mahal untuk posisi ini.

#2 Web developer – Ahli perancang dan pengembang website

Mencari Uang Tambahan Penghasilan Sampingan

Penggunaan internet semakin tinggi, banyak perusahaan mau tidak mau harus menyasar ranah digital agar jangkauan pemasaran semakin luas.

Nah, agar dapat memenangkan persaingan bisnis maka hampir semua perusahaan perlu memiliki alamat daring berupa website.

Di sinilah, peran seorang web developer sangat dibutuhkan. Gajinya juga tak main-main, lho. Banyak perusahaan memberikan gaji di atas Rp 20 juta untuk posisi ini.

#3 Data Scientist – Ahli penganalisa data

Maraknya kemunculan berbagai aplikasi atau platform di tengah booming internet, mengakibatkan data pengguna internet itu berseliweran dan menjelma menjadi Big Data yang sangat berharga bila diolah dan dimaanfaatkan untuk mengefektifkan strategi pemasaran dalam perusahaan.

Di sinilah tenaga Data Scientist sangat dibutuhkan karena mereka memiliki keahlian dalam membaca data-data tersebut menjadi sebuah data yang berbunyi dan bermanfaat bagi pengembangan bisnis.

Profesi ini terbilang cukup baru dan digadang-gadang bayaran yang mereka peroleh cukup tinggi.

#4 Animator grafis

Profesi animator juga semakin banyak dicari saat ini seiring meningkatnya pemakaian internet yang kian tinggi.

Terlebih dengan kehadiran teknologi virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) yang membutuhkan jasa ini untuk membuatkan animasi yang menarik dan unik dengan berbagai karakter yang akan disuguhkan kepada penggunanya dimana disesuaikan dengan materi dalam sebuah merek dagang yang akan dipasarkan.

#5 Social Media Specialist

Kehadiran media sosial banyak membawa perubahan signifikan pada pola komunikasi masyarakat. Keahlian seorang social media specialist kian banyak dibutuhkan untuk membantu strategi pemasaran melalui internet agar lebih optimal.

Memakai media sosial sebagai media promosi dengan tujuan cepat dikenal oleh masyarakat luas baik dengan target pasar lokal maupun internasional.

Bagi orang Indonesia media sosial ini sudah menjadi bagian hidup baik hanya untuk update status ataupun sekedar mencari informasi.

Namun untuk sekelas orang yang mampu membantu untuk mendapatkan penghasilan di media sosial sangatlah sedikit, hal ini lah yang menjadikan profesi ini sangat layak untuk di bidik.

#6 Digital Marketers – Ahli marketing di era digital

Ini masih terkait dengan perkembangan dunia digital yang sangat pesat. Bila dahulu, kita hanya tahu televisi, radio dan kanal iklan konvensional seperti pamphlet, leaflet, billboard, dan lain-lain untuk promosi, maka kini profesi yang tidak bisa diabaikan keberadaanya dimana harus benar-benar menguasai media digital yang akan digunakan.

Profesi ini dituntut untuk memiliki keahlian yang cukup terbilang kompleks, karena harus bisa menguasai tehnik SEO, strategi pemasaran dalam media sosial hingga memproduksi content digital yang lebih efektif.

Alasan inilah yang menjadikan penghasilan seseorang yang berkarir di youtube untuk melakukan digital merketing bisa tembus di atas Rp 20 juta perbulan.

#7 Food Stylist

Jasa ini lebih kearah hanya menata makanan untuk menjadi lebih kreatif dan menarik saat difoto untuk dipublikasikan ke media sosial atau dimanfaatkan di bidang bisnis pemasaran seperti untuk iklan di majalah maupun di content iklan digital.

Trend wisata dan bisnis kuliner yang semakin digandrungi dan terbilang diincar oleh penggemar makanan yang unik dan khas dari daerah lain menjadikan profesi ini semakin dicari dan menjadikan profesi ini menjadi cepat naik daun.

Tarif yang diberikan kepada seorang food stylish bisa mencapai di atas Rp 30-an juta rupiah untuk sekali proyek.

Profesi ini masih terbilang jarang yang mempunyai keahlian seperti ini, sehingga perusahaan berani untuk membayarnya lebih mahal.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!